HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR
SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 PLUMBON
KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
|
Judul:
|
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR
SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 PLUMBON
KABUPATEN CIREBON |
|
Penulis:
|
AI DEDEH KURNIASIH
|
|
Abstrak:
|
Penelitian ini mengacu pada masalah pokok yaitu terdapat masalah pembelajaran yaitu kurangnya motivasi siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 36 siswa di antaranya : 13,8% Menunjukkan prestasi belajar yang rendah di bawah rata-rata nilai KKM, hasil belajar yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan dan anak lambat dalam mengerjakan tugas-tugas belajar sejumlah 5 anak (ia selalu tertinggal dengan kawan-kawannya dalam segala hal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Plumbon Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data tentang pola asuh orang tua (X) dan data tentang motivasi belajar siswa (Y). Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena mengambil seluruh siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Plumbon Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 36 responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor dan dua variabel yang ada yaitu variabel X (pola asuh orang tua) dan variabel Y (motivasi belajar siswa). Kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Setelah melakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebarkan angket untuk memperoleh data X dan Y. Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik dengan Koefisien Korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi yang positif antara pola asuh orang tua (X) dengan motivasi belajar siswa (Y). Hal ini berdasarkan hasil analisis data, pada uji normalitas distribusi data dengan tingkat kepercayaan 0,05. Maka diketahui hitung = 6,89 tabel = 9,488 artinya data x berdistribusi normal. Dilanjutkan dengan uji linearitas data dengan tingkat kepercayaan 0,05. Maka diketahui Fhitung = 0,44 Ftabel = 2,25 artinya data berpola linier. Kemudian pada uji hipotesis dengan tingkat kepercayaan 0,05 diketahui thitung = 3,29 > ttabel = 2,034 artinya Ha diterima dan Ho ditolak yakni data signifikan. Penerapan pola asuh orang tua diharapkan dapat memberikan ilmu dan pengalaman yang berharga bagi orang tua siswa. Pola asuh orang tua ini, diharapkan dapat menambah motivasi belajar siswa dari belajar yang kurang maksimal menjadi belajar yang lebih aktif dan giat lagi. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar di rumah dan di sekolah untuk senantiasa meningkatkan motivasi belajar lebih baik lagi. |
|
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Hubungan, Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa
Referensi : |
|
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=V6Zpsh75avOL99Obmq5ayegs7QBEY1YXQ%2FrJUv1Y5xLmQZB8ON6JVZa2eeARbQdBlWFTkI%2BxYIRAZx0PxMTJzawYWDVb%2FUM5Yi9jr3TV3u2AoUjfMRbZSzFVx42xZOjBQAcuugG8OxmHyqKT2Bny%2FDcNEnnb6062W1nk29sQYlY%3D
|
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap