PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM KEGIATAN EKTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI DTA WATHONIYAH RAWAURIP KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM KEGIATAN EKTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI DTA WATHONIYAH RAWAURIP KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM KEGIATAN EKTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI DTA WATHONIYAH RAWAURIP KABUPATEN CIREBON
Penulis: NUNUNG KORI'AH
Abstrak: Skripsi ini membahas pengaruh kemampuan baca tulis al-Qur’an dalam kegiatan ektrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al- Qur’an Hadis di DTA Wathoniyah Rawaurip Kabupaten Cirebon. Kajiannya dilatarbelakangi oleh prestasi belajar pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis siswa DTA Rawaurip yang bervariasi, hal tersebut ditunjukkan dari dokumentasi hasil nilai raport. Siswa yang memperoleh nilai prestasi belajar dibawah KKM ternyata kemampuan baca tulis al-Qur’annya rendah, dan sebaliknya siswa yang nilai prestasi belajarnya tinggi kemampuan baca tulis al-Qur’annya pun baik/tinggi. Dalam penelitian ini, penulis memaparkan tiga permasalahan yaitu: bagaimana kemampuan baca tulis al-Qur’an dalam kegiatan ektrakurikuler di DTA Wathoniyah Rawaurip, bagaimana prestasi belajar al-Qur’an Hadis di DTA Wathoniyah Rawaurip, dan bagaimana pengaruh kemampuan baca tulis al-Qur’an dalam kegiatan ektrakurikuler terhadap prestasi belajarmata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas III DTA Wathoniyah Rawaurip Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan baca tulis al-Qur’an mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadis siswa kelas III DTA Wathoniyah Rawaurip Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi hasil nilai raport dari 27 responden. Hasil dokumentasi ini digunakan untuk mengetahui variabel X maupun untuk mengetahui Variabel Y. Hasil dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat pengaruh yang sangat kuat antara kemampuan baca tulis al-Qur’an (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi r xy = 0,94(interval korelasi 0,80 – 1,000= sangat kuat). Nilai Koefisien Determinan (KD) bahwa variabel X memberi kontribusi atau sumbangan sebesar 88 % (KD = x 100% = x 100% = 0,8836 x 100% dibulatkan menjadi 88%) terhadap variabel Y. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis diperoleh t-hitung= 13,82 > 2,060 t-tabel , dengan demikian hasil uji hipotesis penelitian ini adalah Ho ditolak. Kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan baca tulis al-Qur’an dalam kegiatan ektrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al- Qur’an hadis di DTA Wathoniyah Rawaurip Kabupaten Cirebon.
Deskripsi: Kata Kunci : Pengaruh, Kemampuan Baca Tulis Al-Quran dan Prestasi Belajar Siswa Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=V6Zpsh75avM5FhOL0GqosSsn3MpmaZw%2BS8ijnEIXkmT%2BksXsZTWffencjGtYlEP6WcpkleOZE4dWxGQEf2BdAetE1u35UPr4rbxD8aNC1qDlvBNbNZpOBfNWYGOe0oUkGKv3Dmb6t6%2Fp4LcdsGQLhwrAEy1JlV0vhoOs2NZ5zVg%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274258861_SKRIPSI NUNUNG.pdf 2.137Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya