PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN
DALAM KEGIATAN EKTRAKURIKULER TERHADAP
PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
AL-QUR’AN HADIS DI DTA WATHONIYAH RAWAURIP
KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN
DALAM KEGIATAN EKTRAKURIKULER TERHADAP
PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
AL-QUR’AN HADIS DI DTA WATHONIYAH RAWAURIP
KABUPATEN CIREBON |
Penulis:
|
NUNUNG KORI'AH
|
Abstrak:
|
Skripsi ini membahas pengaruh kemampuan baca tulis al-Qur’an dalam kegiatan ektrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al- Qur’an Hadis di DTA Wathoniyah Rawaurip Kabupaten Cirebon. Kajiannya dilatarbelakangi oleh prestasi belajar pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis siswa DTA Rawaurip yang bervariasi, hal tersebut ditunjukkan dari dokumentasi hasil nilai raport. Siswa yang memperoleh nilai prestasi belajar dibawah KKM ternyata kemampuan baca tulis al-Qur’annya rendah, dan sebaliknya siswa yang nilai prestasi belajarnya tinggi kemampuan baca tulis al-Qur’annya pun baik/tinggi. Dalam penelitian ini, penulis memaparkan tiga permasalahan yaitu: bagaimana kemampuan baca tulis al-Qur’an dalam kegiatan ektrakurikuler di DTA Wathoniyah Rawaurip, bagaimana prestasi belajar al-Qur’an Hadis di DTA Wathoniyah Rawaurip, dan bagaimana pengaruh kemampuan baca tulis al-Qur’an dalam kegiatan ektrakurikuler terhadap prestasi belajarmata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas III DTA Wathoniyah Rawaurip Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan baca tulis al-Qur’an mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadis siswa kelas III DTA Wathoniyah Rawaurip Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi hasil nilai raport dari 27 responden. Hasil dokumentasi ini digunakan untuk mengetahui variabel X maupun untuk mengetahui Variabel Y. Hasil dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat pengaruh yang sangat kuat antara kemampuan baca tulis al-Qur’an (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi r xy = 0,94(interval korelasi 0,80 – 1,000= sangat kuat). Nilai Koefisien Determinan (KD) bahwa variabel X memberi kontribusi atau sumbangan sebesar 88 % (KD = x 100% = x 100% = 0,8836 x 100% dibulatkan menjadi 88%) terhadap variabel Y. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis diperoleh t-hitung= 13,82 > 2,060 t-tabel , dengan demikian hasil uji hipotesis penelitian ini adalah Ho ditolak. Kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan baca tulis al-Qur’an dalam kegiatan ektrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al- Qur’an hadis di DTA Wathoniyah Rawaurip Kabupaten Cirebon. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Pengaruh, Kemampuan Baca Tulis Al-Quran dan Prestasi Belajar
Siswa
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=V6Zpsh75avM5FhOL0GqosSsn3MpmaZw%2BS8ijnEIXkmT%2BksXsZTWffencjGtYlEP6WcpkleOZE4dWxGQEf2BdAetE1u35UPr4rbxD8aNC1qDlvBNbNZpOBfNWYGOe0oUkGKv3Dmb6t6%2Fp4LcdsGQLhwrAEy1JlV0vhoOs2NZ5zVg%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap