EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARDS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SD ASH-SHIDDIQIYYAH KALIWADAS SUMBER CIREBON.

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARDS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SD ASH-SHIDDIQIYYAH KALIWADAS SUMBER CIREBON.

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARDS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SD ASH-SHIDDIQIYYAH KALIWADAS SUMBER CIREBON.
Penulis: MAHMUDIN
Abstrak: MAHMUDIN. NIM. 2014.2.2.00083 EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARDS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SD ASH-SHIDDIQIYYAH KALIWADAS SUMBER CIREBON. Skripsi ini membahas efektivitas media pembelajaran flash cards untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SD Ash-Shiddiqiyyah Kaliwadas Sumber Cirebon. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris sangat rendah di karenakan kurangnya penguasaan kosa kata dan tidak adanya media yang digunakan sehingga membuat hasil belajar tidak sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media flash cards dan kelas tanpa menggunakan media flash cards. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, jenis metode eksperimen yang digunakan adalah true eksperimental design dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa kelas V di SD Ash-Shiddiqiyyah yang terdiri dari 21 siswa kelas control dan 21 siswa kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa hasil rata-rata belajar bahasa inggris kelas control tanpa menggunakan media pembelajaran flash cards adalah 63,809. Sedangkan hasil rata-rata belajar kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran flash cards adalah 83,333. Dengan demikian antara kelas yang menggunakan media pembelajaran flash cards dan tanpa menggunakan media flash cards terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan thitung sebesar 5,624. Jika dibandingkan dengan ttabel maka thitung lebih besar dari ttabel yakni 5,624 > 1,683. Dengan demikian H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris antara kelas yang tanpa menggunakan media flash cards dengan kelas yang menggunakan media flash cards. Dalam penelitian ini media pembelajaran flash cards sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran karena adanya peningkatan hasil belajar yang diharapkan. Media pembelajaran flash cards juga sangat memotivasi siswa untuk semangat dalam belajar.
Deskripsi: Kata Kunci : Media Flash Cards dan Perbedaan Hasil Belajar Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=V6Zpsh75avPBtE5mAcCHwzc%2B9D1FSfQKCJ4RRYNTyMR18meAfrH63Gj5D%2FxPI8jCVTdgzRcl71222luz%2F2hBcQ9xFLNv6L5f0Qf4LX%2BmwQgPVZYzLM6j2id%2FeEA7lcfyONrKoUN7WcjdhDzH8XX%2BfOxshVppKvbkw9N%2FyVcpIdc%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274256926_SKRIPSI GABUNGAN MAHMUDIN.pdf 2.671Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274258039_Screenshot_20190221-151240_1.jpg 67.30Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARDS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SD ASH-SHIDDIQIYYAH KALIWADAS SUMBER CIREBON.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya