EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ROLL PLAYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SDN 1 KALIDERES KEC.KALIWEDI KAB.CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ROLL PLAYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SDN 1 KALIDERES KEC.KALIWEDI KAB.CIREBON |
Penulis:
|
JAHROTUL INSIYAH
|
Abstrak:
|
ABSTRAK JAHROTUL INSIYAH NIM.2014.17.10909.EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ROLL PLAYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SDN 1 KALIDERES KEC.KALIWEDI KAB.CIREBON Penelitian ini mengacu pada masalah pokok yaitu rendahnya prestasi belajar peserta idik dalam pembelajaran pendidikan agama islam, hal ini terjadi karena pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar yang disampaikan, sehingga pembelajaran yang disampaikan kepada siswa tidak terkesan materi yang betul betul dipaahami, diingat dan berkesan bagi siswa. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikaan hasil belajar yang pembelajarannya meenggunakan model pembelajaran roll playing. metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adaalah analisis data statistik dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, metode eksperimen. populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas V SDN 1 Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kab. Cirebon berjumlah 164 siswa. sample yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 27 anak atau siswa SDN 1 Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kab. Cirebon dengan metode yang diambil menurut pendapat suharsimi arikunto yaitu : untuk sekedar kira kira maka apabila subjek nya kurang dari 100, lebih baik diambil semua, sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. selanjutnya jika subjeknyaa lebih besar, dapat diambil aantara 23% dari populasi. oleh kaarena itu sample dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa atau responden. Berdasarkan penelitian terlihat daari nilai rata - rata sebelum penerapan pembelajaran Roll playing yaitu 61,76 dan nilai hasil nilai siswa kelas V SDN 1 Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kab. Cirebon ssesudah penerapan pembelajaran Roll Playing hasil nilai siswa meningkat dengaan rata rata menjadi 75,93. terlihat dari hasil nilai uji tes -T ini digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaang telah diajukan dalam penelitian ini teentang ada atau tidak adanya perbedaan antara 2 sample yaitu hasil tes akhir pembelajaran sebelum dan sesudah pembelajaran penerapan Roll playing yaitu thitung = 8,86 sedangkan ttable = 2,779. bila kita bandingkan ternyata thitung lebih besar ttable maka ho yanag diajukan ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan terdaapat perbedaan yang signifikan aanntara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Roll Playing pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas V SDN 1 Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kab. Cirebon. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
ROLL PLAYING,PRESTASI BELAJAR,
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=bQhAmJteft%2BIC0MulbNEtMGF%2F30yt1VyhebYFjv1Q8rcoiEFpqho809H83h37X9dkZorQnG5GB99S5p6hW4YAJG0%2BmN3aEKNuqx4xVVk3QoD8pED3jXQMcrKpFIkyhAP4QqouspEWFiYX5L1eJLzsd4D6H60I4mCOwoTVfND5I8%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap