ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI SYARIAH (RAHN) DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH (study kasus unit pegadaian syariah pekalipan cirebon)

Publikasi Unusia

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI SYARIAH (RAHN) DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH (study kasus unit pegadaian syariah pekalipan cirebon)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI SYARIAH (RAHN) DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH (study kasus unit pegadaian syariah pekalipan cirebon)
Penulis: DINI RUSNIAWATI
Abstrak: ABSTRAK DINI RUSNIAWATI, NIM 2014.1.3.00152 berjudul “Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Syariah (Rahn) Dalam Meningkatkan Minat Nasabah (studi kasus unit pegadaian syariah pekalipan)”. Penelitian ini mengarahkan pada suatu permasalahan tentang strategi pemasaran produk gadai syariah yang diterapkan oleh pegadaian syariah dalam meningkatkan minat nasabah, hal ini menjadi salah satu alasan peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam mengenai strategi pemasaran yang di terapkan di pegadaian syariah untuk menarik minat nasabah, akad yang digunakan pegadaian syariah, apakah terdapat perbedaan strategi pemasaran yang diterapkan di pegadaian syariah dengan pegadaian konvensional, produk-produk apa saja yang terdapat di unit pegadaian syariah pekalipan, dan kendala/hambatan yang dihadapi pegadaian syariah unit pekalipan. Strategi pemasaran merupakan upaya memasarkan sebuah produk, baik berupa barang atau jasa dengan menggunakan pola atau taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi dan tujuan sebuah perusahaan tercapai sesuai target/harapan yang diinginkan. Penelitian ini termasuk pada penelitian survey. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian, strategi pemasaran produk gadai syariah yang dilakukan unit pegadaian syariah pekalipan menggunakan marketing mix (bauran pemasaran) berupa 4p yaitu strategi produk, strategi price, strategi place dan strategi promotion, adapun strategi yang diterapkan sesuai marketing syariah yaitu etis dan teistis dapat meningkatkan minat nasabah, strategi pemasaran yang dilakukan pegadaian syariah sama seperti konvensional yang membedakan hanya proses dan akad yang digunakan. Kendalanya yaitu pesaing, cara penyelesaian kendalanya dengan cara memberikan pelayanan yang ramah dan baik terhadap nasabah agar tidak berpaling keperusahaan lain. Berdasarkan hasil penelitian peneliti memberikan saran kepada pegadaian syariah unit pekalipan agar lebih meningkatkan lagi inovasi dan kreativitas dalam pemasaran, strategi pemasaran yang dilakukan unit pegadaian syariah pekalipan sudah bagus namun disayangkan masih banyak nasabah kurang memahami strategi pemasaran yang diterapkan di pegadaian tersebut, unit pegadaian syariah harus lebih bersosialisasi lagi dengan masyarakat agar lebih mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan di pegadaian syariah. dan dapat berkembang lebih pesat. KATA KUNCI : Strategi pemasaran Dan Minat Nasabah
Deskripsi: Kata Kunci : Startegi pemasaran , minat nasabah Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=bQhAmJteft92qWwTf3oOuNtQFNlkTX6CsdXW3ai%2BW5pR0yyYn0mTNKIyuStEJ8rOKDwCdllOjdTaANf9kRff2OjotrPDPD%2BpeOG2FJiaIR2gtiJIIJaVpGbIVZ09PkUbZ%2BAoNfPTYtWXCyrQDaOuFt4Nh2eqEgRVW1Goo6s6H10%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274240987_Skripsi.pdf 1.769Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274243368_cover.docx 31.96Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI SYARIAH (RAHN) DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH (study kasus unit pegadaian syariah pekalipan cirebon)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya