IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN NASABAH (STUDI KASUS BMT AL ISHLAH KCP ARJAWINANGUN)

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN NASABAH (STUDI KASUS BMT AL ISHLAH KCP ARJAWINANGUN)

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Mohammad Ridwan, M.E.Sy
dc.contributor.advisor H. Sunardi Edirianto, MH.CACP
dc.contributor.author SEPTIANA NURYANI
dc.contributor.editor SEPTIANA NURYANI
dc.contributor.other Dr. Muhammadun, S.HI, M.S.I.
dc.contributor.other Barnawi, M.S.I
dc.date.accessioned 2022-05-11T13:03:40Z
dc.date.available 2022-05-11T13:03:40Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2019-04-29
dc.identifier 2014.1.3.00198
dc.identifier.uri https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdLUwojdU7%2FaZWGGPr2fZNcFQR15J3aneFvvDVd9%2FY9d1BxoGL7VyzM7IyLdtGHJrujrmDxl0X7mTEZjU6UbEq29mSIPbEfG2YigP6iPl6wwYijWgvp52eiu%2B50bq16zJSyzEbAXIIyA0txSzBxKrueQs7OTqTD0W98%3D
dc.description Kata Kunci : Pembiayaan Murabahah, Peningkatan Pendapatan Referensi :
dc.description.abstract SEPTIANA NURYANI, NIM:2014.1.3.00198 berjudul Implementasi Pembiayaan Murabahah dalam Meningkatkan Pendapatan Nasabah (Studi Kasus di BMT Al Ishlah Kcp. Arjawinangun) Pendapatan adalah sesuatu yang sangat penting dalam setiap perusahaan. Tanpa ada pendapatan mustahil akan didapat penghasilan atau earnings. Pendapatan adalah penghasilan yang timbul dari aktivitas yang bisa dikenal atau disebut penjualan, penghasilan jasa. Meningkatnya usaha kecil dan menengah terutama di sektor perdagangan masih mempunyai banyak kendala terutama dalam masalah permodalan. Melihat kondisi tersebut pihak BMT mencoba untuk membantu dengan menyalurkan dananya dalam bentuk kejasama (partnership). Salah satu produk yang ditawarkan oleh BMT Al Ishlah KCP Arjawinangun Cirebon yaitu dengan produk Murabahah, dimana pihak BMT menginvestasikan dananya pada anggota nasabah yang pada akhirnya baik modal maupun keuntungan (bagi hasil) dari investasi tersebut akan menambah pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembiayaan murabahah dalam meningkatkan pendapatan nasabah di BMT Al Ishlah Cabang Arjawinangun. Selanjutnya penelitian juga bertujuan untuk mengtahui hal apa saja yang menjadi kendala dalam implementasi pembiayaan murabahah dalam meningkatkan pendapatan nasabah di BMT Al Ishlah KCP Arjawinangun dan bagaimana solusi mengatasinya. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknik pengambilan sampel dan sumber data dengan pertimbangan tertentu, dengan cara menentukan orang yang dianggap paling mengerti tentang apa yang peneliti harapkan. Adapun hasil penelitian dari Implementasi Pembiayaan Murabahah di BMT Al Ishlah Cabang Arjawinangun dalam pelaksannanya dapat menjadi solusi atas berbagai masalah dalam memberdayakan usaha nasabah, khususnya yang sedang menjalankan usaha terutama dalam masalah penambahan modal usaha, sehingga usahapun mengalami kemajuan yaitu adanya peningkatan dalam hal pendapatan, produksi dan kinerja. Dengan meningkatnya produksi maka secara otomatis pendapatan nasabah juga ikut meningkat.
dc.publisher Ekonomi Syari`ah
dc.subject Pembiayaan Murabahah, Peningkatan Pendapatan
dc.title IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN NASABAH (STUDI KASUS BMT AL ISHLAH KCP ARJAWINANGUN)
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274220208_S ... yani (Full)-dikonversi.pdf 634.0Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274221230_COVER-BBC.jpg 372.2Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN NASABAH (STUDI KASUS BMT AL ISHLAH KCP ARJAWINANGUN)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya