PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE PERMAINAN ENGKLEK ANGKA ANAK USIA DINI DI RA FATHUL ILMI DESA BABAKANKAREO KECAMATAN RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA

Publikasi Unusia

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE PERMAINAN ENGKLEK ANGKA ANAK USIA DINI DI RA FATHUL ILMI DESA BABAKANKAREO KECAMATAN RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE PERMAINAN ENGKLEK ANGKA ANAK USIA DINI DI RA FATHUL ILMI DESA BABAKANKAREO KECAMATAN RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA
Penulis: EEM MULYANTI
Abstrak: EEM MULYANTI. NIM. 201543100482 PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE PERMAINAN ENGKLEK ANGKA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI RA FATHUL ILMI DESA BABAKANKAREO KECAMATAN RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA. Skripsi ini membahas peningkatan kemampuan kognitif mengenal lambang bilangan melalui metode permainan engklek angka anak usia dini kelompok A di RA Fathul Ilmi Desa Babakankareo Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka, metode yang digunakan di RA Fathul Ilmi kurang tepat dan pembelajaran yang monoton, setiap sekolah selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh ketika pembelajaran, karena kebosanan dan kejenuhan akan menghambat dalam proses pembelajaran. Peserta didik menjadi lebih bersemangat dalam belajar dan lebih kreatif dalam berfikir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan setelah melalui metode permainan engklek angka. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Data penelitian ini diambil dari peserta didik kelompok A RA Fathul Ilmi sebanyak 21 peserta didik, yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Teknis analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, data dianalisis sejak tidakakan pembelajaran dilakukan untuk dikembangkan selama proses penyusunan laporan, untuk kesinambungan dan kedalaman pengajaran, data dalam penelitian ini digunakan analisis data deskriptif, analisis dilakukan pada tahap repleksi. Hasil analisis ini digunakan sebagai bahan repleksi untuk melakukan perencanaan dalam siklus selanjutnya. Hasil analisis ini juga dijadikan sebagai bahan refleksi dalam memperbaiki rancangan pembelajaran yang tepat. Hasil rekapitulasi observasi aktivitas peserta didik kelompok A RA Fathul Ilmi dalam kemampuan kognitif mengenal lambang bilangan mengalami peningkatan setelah menggunakan metode permainan engklek angka, hal ini terlihat dari rata-rata skor yang diperoleh sebesar 10,77 dengan kriteria berkembang sangat baik. Penerapan metode permainan engklek angka diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi pendidik dan peserta didik. Pendidik lebih kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran, dan peserta didik akan lebih semangat dan kreatif dalam berfikir dan memecahkan masalah.
Deskripsi: Kata Kunci : KEMAMPUAN KOGNITIF, LAMBANG BILANGAN, PERMAINAN ENGKLEK Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdKOG7CIU79jAyGakARAV%2FajcQBOE5%2FpuyiW9OmWP4kOvpY3fMG6nxjBAftURzJy%2FADX4Su%2BrsUrbvZZvEyuvIK2HFYS9JW4bmVFLpSFgjUmSISNiB4LQFYnOCD4qJIAGqyZC2ShaQy3694dmjnlICJH708wGrGpHns%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274216593_skripsi eem'.pdf 834.8Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274217203_cover eem.jpg 48.32Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE PERMAINAN ENGKLEK ANGKA ANAK USIA DINI DI RA FATHUL ILMI DESA BABAKANKAREO KECAMATAN RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya