PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X AP DI SMK AL-WASHLIYAH SUMBER TAHUN 2018
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X AP DI SMK AL-WASHLIYAH SUMBER TAHUN 2018 |
Penulis:
|
FAHRI HIDAYAT
|
Abstrak:
|
FAHRI HIDAYAT. NIM. 2014.17.01888. “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X AP Di SMK Al-Washliyah Sumber Kab Cirebon Tahun 2018.” Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih terdapat siswa yang bersifat pasif ketika berlangsung pembelajaran kelas. Selama pembelajaran berlangsung terdapat kondisi yang kurang teratur, dan materi yang telah dipelajari kurang diperhatikan dan diserap dengan baik. Oleh karena itu, perlu mendapat perhatian yang lebih dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan data tentang: 1) Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al Washliyah Sumber, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al Washliyah Sumber, 3) Pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa di SMK Al Washliyah Sumber. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning akan memberikan pengaruh yang besar terhadap cara belajar dan semangat siswa menuntut ilmu. Hal ini akan berimplikasi terhadap tingkat hasil belajar siswa di sekolah.Contextual Teaching and Learning adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata. Dan bukan hanya transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan Metode Survei melalui penyebaran angket (Variable X) dan hasil belajar siswa melalui tes tulis (Variable Y) sebanyak 29 siswa yang dijadikan sampel penelitian. Sedangkan pengolahan data menggunakan analisis data statistik dengan menggunakan metode korelasi Rank Spearman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al Washliyah Sumber berdasarkan hasil analisis data didapatkan nilai persentase sebesar 83,9%, termasuk dalam kategori baik. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al Washliyah Sumber berdasarkan hasil analisis data didapatkan nilai rata-rata sebesar 86,5 artinya hasil belajar siswa sangat baik. 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa di SMK Al Washliyah Sumber yang ditunjukkan dengan hasil analisis korelasi sebesar 0,4 dengan tingkat hubungan cukup kuat dan uji t diperoleh harga Zhitung sebesar2,105, sedangkan Ztabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,370. Ternyata Zhitung > Ztabel sehingga dengan demikian Ho ditolak yang berarti signifikan. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X AP DI SMK AL-WASHLIYAH SUMBER TAHUN 2018
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJLHJBBOv3z%2F7R2w3EM9UjPXKSKc7Z16S%2FJvAJagG2jhDKYqonTqQz8zF0JaHbYScopMcDr8qcLJ5luMFaIaaTFvMpS89EadsYKx1AZ5EV%2F6c1GyxtY%2Ffs1u%2BLSjT1ZLIVMcA%2BlkMfx6cLIrlmdlCJcYuK3vg6yCNc%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap