IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH
KELAS X DI MA MADINATUNNAJAH
KOTA CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH
KELAS X DI MA MADINATUNNAJAH
KOTA CIREBON |
Penulis:
|
EKA PRIANTO
|
Abstrak:
|
ABSTRAK EKA PRIANTO NIM : 2014.17.01882 berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahamana Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas X di MA Madinatunnajah Kota Cirebon.” Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kurang memahami pembelajaran dikelas dan mengurangi semangat belajar, dalam model pembelajaran yang dilakukan oleh guru selalu monoton sehingga siswa dan siswi kurang bersemangat dalam belajar. Hal yang mungkin terjadi pula dengan kondisi masalah internal atau eksternal. maka yang akan terjadi adalah kurangnya peningkatan pemahaman belajar yang baik bagi siswa dan siswi, dengan demikian kondisi seperti itu membutuhkan solusi untuk mengatasinya. Maka digunakanlah model pembelajaran berbasis masalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman belajar siswa siswi pada mata pelajaran fiqih ini. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Untuk mendeskripsikan strategi penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X di MA Madinatunnajah Kota Cirebon, 2)Untuk mendeskripsikan strategi pemecahan fiqih pada implementasi model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X di MA Madinatunnajah kota cirebon, 3)Untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi kendala implementasi model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X di MA Madinatunnajah kota cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, tehnik pengumpulan data dengan menggunakan 1) observasi, 2) wawancara dan 4) dokumentasi. Sedangkan tehnik pengolahan data dilakukan dengan tiga tahap yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep model pembelajaran berbasis masalah : 1)Guru mengarahkan diskusi, membimbing, memperhatikan siswa yang kurang mampu berdiskusi dan hingga guru melakukan pembahasan akhir. 2)strategi penerapan konsep model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fiqih: mengatur jalannya diskusi dengan memberikan buku referensi, memecahkan masalah fiqih dalam bentuk kelompok, mengarahkan peserta yang mau presentasi, mendengarkan dan memperhatikan siswa-siswi yang diskusi maupun yang pasif pada diskusi maupun pendengar, memberikan kepada siswi supaya bertanya dan berargumen kemudian saya menyimpulkan jawaban dari berbagai jawaban,saya memilih jawaban yang tepat dari berbagai jawaban siswa, Kesimpulan. 3) kendala siswa yang tidak beradaptasi artinya tidak mau berargumen lebih baik diam dan tidak mengikuti diskusi 2) anak yang pasif dan tidak mau mengemukakan pendapat. 3) Kurangnya referensi yang menjadi penunjang.4) karangan kitab fiqih yang berbeda , keterbatasan rujukan bagi siswa. Kata kunci: Implementasi, Model (PBL) dan pemahaman belajar. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Kata kunci: Implementasi, Model (PBL) dan pemahaman belajar.
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJ1FGAZGy%2BSlgrbYyG3EdLFnC7eGFi%2FydSuX3Ck6Iy%2FowMTeUFfx1ZRkYGV8Jd9m7VoK6jtZDQJHOVms8XODTEXjGlhQdmG9SoOhnXdnszwVMUuV5o9Tec4%2F3U5uv2YGSdIBLYcduOnNYrETzMfWom2Z2EyMQ0%2BJ08%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap