efektivitas metode question student have terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi peta di kelas IV SDN 1 Banjarwangunan kabupaten cirebon

Publikasi Unusia

efektivitas metode question student have terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi peta di kelas IV SDN 1 Banjarwangunan kabupaten cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: efektivitas metode question student have terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi peta di kelas IV SDN 1 Banjarwangunan kabupaten cirebon
Penulis: ERWATI
Abstrak: ABSTRAK ERWATI, NIM. 2014.2.2.00063. “EFEKTIVITAS METODE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PETA di KELAS IV SDN 1 BANJARWANGUNAN KABUPATEN CIREBON”. Penelitian ini mengacu pada masalah pokok yaitu hasil belajar dalam pembelajaran IPS materi peta pada siswa SDN 1 Banjarwangunan yang hanya menekankan pada transfer ilmu, belum mempunyai keaktifan bertanya belajar IPS, salah satu penyebabnya adalah sikap siswa yang masih pasif dan kurang efektif dalam belajar IPS. Karena itu upaya yang ditempuh adalah dengan menerapkan metode question student have. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi peta di kelas IV SDN 1 Banjarwangunan sebelum diterapkan metode question student have, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi peta di kelas IV SDN 1 Banjarwangunan sesudah diterapkan metode question student have, 3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS materi peta melalui penggunaan metode question student have dan tanpa penggunaan metode question student have. Penelitian ini merupakan jenis penelitian one-group sebelum-sesudah. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang, sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi peta sebelum menggunakan metode Question Student Have nilai rata-rata adalah 67,8. Berdasarkan ketentuan dari sekolah yang menetapkan nilai KKM untuk mata pelajaran IPS sebesar 70, maka rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih lebih rendah atau kurang baik. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi peta sesudah menggunakan metode Question Student Have nilai rata-rata adalah 87. Berdasarkan ketentuan dari sekolah yang menetapkan nilai KKM untuk mata pelajaran IPS sebesar 70, maka rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS lebih tinggi atau kategori baik. 3) perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Question Student Have terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan nilai t_hitung>t_tabel, yakni 10,94 > 2,002. Sehingga menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan setelah menggunakan metode question student have untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Banjarwangunan dibandingkan dengan sebelum menggunakan metode question student have. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran Question Student Have efektif terhadap hasil belajar IPS materi Peta siswa kelas IV SDN 1 Banjarwangunan.
Deskripsi: Kata Kunci : metode question student have, terhadap hasil belajar siswa Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdLQegzC5pEjWth7MOr%2B5qWqCjaeiV%2FpVu5DbD%2Fjj%2Bw%2FRe7zlC4iaF1ieDKyotRRQFTwyEud2jvvgVpYGXUVpSg65rOO8CqBG4KLuMIgjLeLK9ukDzx%2F8CdsLJnZl5whExuwWKkY9KD5IBGNY5LGesB%2Ff%2BQTFI%2B37tM%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274156322_Skripsi erwati-compres2.pdf 2.104Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya