PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK N 1 GUNUNG JATI
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK N 1 GUNUNG JATI |
Penulis:
|
RUHAYATI
|
Abstrak:
|
ABSTRAK RUHAYATI NIM. 2014.17.01949 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK N 1 GUNUNG JATI SkripsiinimembahasPengaruh Model PembelajaranKooperatifTipeJigsawTerhadapPeningkatanHasilBelajarSiswapada Mata PelajaranPendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMK N 1 GunungJatiTahunPelajaran 2017/2018.Kajian yang dilatarbelakangiolehsangatberagampengembanganmodel pembelajaran yang masihbelumdimanfaatkansecaramaksimal di lapangan, sehinggamenyebakansuasanabelajar yang monoton, kakudansiswacepatbosan. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadanyapengaruh model pembelajarankooperatiftipejigsawterhadappeningkatanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam Kelas XI di SMK N 1 GunungJatiTahunPelajaran 2017/2018. Penelitianinimerupakanjenispenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalisis yang digunakanadalahanalisisdeskriptif.Teknikpengumpulan datadenganmenggunakankuesioneratauangkettentangpenerapan model pembelajarankooperatiftipejigsaw (X) dandokumentasiuntukmendapatkanhasilbelajarsiswa (Y).Penelitianinimerupakanpenelitianpopulasi, karenamengambilseluruhsiswakelas XI SMK N 1 GunungJatiTahunPelajaran 2017/2018 dengansubyekpenelitiansebanyak 36 responden.Data penelitian yang terkumpuldianalisismenggunakanteknikanalisisdeskriptifdaninferensialkemudiandilanjutkandengananalisiskorelasiPearson Product Moment (PPM). Selanjutnya, hasildariperhitunganstatistikuntukmengetahuiseberapabesarnilai KP (KoefisienPenentu) variabel X terhadapvariabel Y, yaitusebesar 79%.Hal iniberartibahwa 79% hasilbelajarsiswapadamatapelajaran PAI dipengaruhiolehpenerapan model pembelajarankooperatiftipejigsaw.Sisanyayaitusebesar 21% dipengaruhiolehfaktorlain yang tidakditelitidalampenelitianini. Sedangkanuntukmengetahuiadadantidaknyasignifikansidalampenelitianini, setelahdilakukanpenghitunganmakadidapatkannilaiuntuk t hitungsebesar 11,659 dan t tabelsebesar 2,050.Hal inimenunjukkanbahwa Ho ditolakdan Ha diterimasehinggadinyatakanadanyapengaruh yang positifdansignifikan. Penerapanmodel pembelajarankooperatiftipejigsawdiharapkandapatmemberikannilaitambahbagisiswadansekolah.modelpembelajarankooperatiftipejigsawini, diharapkansiswaakanmerubahcarabelajardaripasifmenjadibelajaraktif, dari yang individual menjadibersosialisasidenganteman yang lain. Penelitianini, diharapkanakanmenjadibahaninformasidanmasukkanbagikegiatanbelajarmengajar di sekolahkhususnya di SMK N 1 GunungJati, terutamadalammemberikandorongankepadasiswauntuksenantiasameningkatkanhasilbelajar yang lebihmaksimal. Kata kunci: Model pembelajarankooperatiftipejigsaw, hasilbelajar |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJJl21i8CWNvIfaJrwVzNUMOsquFcigjazZq8Z%2Fs36kS2501b1vSeg1LFQ4e0Qfx2i30bCkKSBwaNA7ICL%2F1kOMlGqBtFcAb%2Ft6XIghC7Lfd32ikQDAqSiHvOh0VlIF%2B1bPkUiEmBrdbg0eGZbU01%2BLreXQ6N3rWDU%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap