EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI INTEGRAL AL - HIDAYAH KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI INTEGRAL AL - HIDAYAH KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI INTEGRAL AL - HIDAYAH KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON
Penulis: DIAN RINJANI
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah masih diragukannya keefektifan media audiovisual terhadap pembelajaran di MI Integral Al-Hidayah. Guru hendaknya dapat memilih dan menerapkan model pembelajaran yang efektif agar materi yag dipelajari oleh siswa dapat dpahami dengan baik serta dapat meningkatkan prestasi belajar. Dengan demikian, dengan memilih strategi pembelajaran yang tepat dalam setiap jenis kegiatan pembelajaran, diharapkan mencapai tujuan belajar dapat terpenuhi. Pada penelitian ini akan diteliti media pembelajaran audiovisual sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA antara yang tidak menggunakan media audiovisual dengan tidak menggunakan media audiovisual serta untuk mendeskripsikan seberapa efektif pembelajaran yang tidak menggunakan media audiovisual dengan tidak menggunakan media audiovisual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pre-experimental design dengan bentuk intact-group comparison atau disebut rancangan penelitian static grup comparison. Data dikumpulkan dari hasil tes IPA dari satu kelas yang berjumlah 22 siswa dibagi 2 yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini adalah media audiovisual efektif terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Integral Al-Hidayah Kab. Cirebon. Hal ini dapat dilihat hasil perhitungan uji t yang dinyatakan berdasarkan hasil olah data didapat bahwa t_hitung d t_tabel yakni 0,22 d 1,725 sehingga Ho diterima dan tidak signifikan. Perbedaan besar kecilnya hasil belajar peserta didik antara yang tidak menggunakan media audiovisual dengan yang menggunakan media audioisual tergolong tidak berbeda jauh berada disekitaran nilai rata-rata 70 -70,45.
Deskripsi: Kata Kunci : Media Audiovisual, hasil belajar Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdI2YE90Yl4T015d4zlqUCab84bFIrTmz4vwiOmw5o1erUrFfRgl0r1uz6K9XCOKAws9wIBNXkwCImL9BFExmiABIJdmMENtFYsGalr%2FdCKh%2BgtxXzSZ8GskQIB%2BkaLYGTJOniG4vssLuvIu5bkHxJ%2F0k%2BQr6NG4I5E%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274110713_SKRIPSI DIAN uploud.pdf 2.203Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274117060_cover skripsi.docx 83.87Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI INTEGRAL AL - HIDAYAH KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya