Hubungan Motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas dua mata pelajaran bahasa indonesia di SDN 3 Buntet Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon Tahun 2018/2019
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Hubungan Motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas dua mata pelajaran bahasa indonesia di SDN 3 Buntet Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon Tahun 2018/2019 |
Penulis:
|
NENENG SOLEKHA
|
Abstrak:
|
Neneng Solekha. 2015 33 1,00221. Hubungan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas II di Mata Indonesia di SDN 3 Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, 2018/2019 Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah. Institut Islam Bunga Bangsa Cirebon. 2019 Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas II SDN 3 BUNTET, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong untuk mencapai prestasi. Seseorang akan melakukan suatu kegiatan karena ada motivasi dalam dirinya. Adanya motivasi yang tinggi dalam pembelajaran akan mencapai hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan kenyataan prestasi belajar siswa di Indonesia, dan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil prestasi belajar siswa, maka penelitian ini dilakukan dengan Judul: "Hubungan antara Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di SDN 3 Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon pada tahun 2018/2019". Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon pada tahun 2018/2019 kelas II (hanya) Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 3 Buntet, dan 42 siswa diambil. Data yang diperoleh adalah hasil pengisian angket motivasi motivasi dan angket prestasi belajar bahasa Indonesia, yang diambil dari skor tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara motivasi belajar dan prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas II di SDN 3 Buntet. Motivasi siswa kelas II di SDN 3 Buntet pada mata pelajaran bahasa Indonesia menunjukkan nilai rata-rata 64,5 dengan standar deviasi 7,14523. Hasil ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia cenderung agak rendah. Prestasi siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia meskipun terdistribusi normal adalah 13.3451, tetapi masih kurang memuaskan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa prestasi belajar siswa dapat diberikan untuk meningkatkan dengan memberikan harapan realistis dari insentif, dan mengarahkan perilaku siswa menuju mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, yang dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Motivasi Belajar, prestasi belajar
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdI5zMlqWjRpuw%2F7Sqq8nG2uWbELU2fKvx3lIqffmXVTZSPphtdV5EJRsbfVrevva9v1ERSpHjmcMoJI6w8pgteZKn0HcTRjtQQokzPVFP4wpla0mkBEcIt6sPBWMqiUbSgobO7Zeizd1QoJdEXRfbjimuR8S%2FNCOAY%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap