Penerapan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak di TK An-Nasuha Kec. Pabedilan Kab. Cirebon

Publikasi Unusia

Penerapan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak di TK An-Nasuha Kec. Pabedilan Kab. Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Penerapan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak di TK An-Nasuha Kec. Pabedilan Kab. Cirebon
Penulis: MUHIBBAH
Abstrak: ABSTRAK MUHIBBAH (2018). Penerapan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Di TK An -Nasuha Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Kemampuan berbicara pada anak masih rendah, hal ini dapat dilihat pada aspek kelancaran anak saat berbicara dan bercerita di depan kelas yang belum lancar. Mayorita anak belum berani mengungkapakan perasaan dan pesan yang ingin disampaikan dengan baik dan benar. Oleh karena itu, kemampuan berbicara pada anak harus ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara adalah melalui media gambar seri. Melalui gambar seri diharapkan anak dapat membaca ilustrasi pada gambar sehingga anak mampu berbicara untuk menceritakan kegiatan yang terdapat dalam gambar tersebut secara beruntun. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di TK An-Nashuha dengan subyek penelitian siswa kelompok A yang berjumlah 20 anak dan terdiri dari 7 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian terdiri dari dua siklus dengan empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian adalah format observasi kinerja guru dan format observasi, tes hasil belajar, pedoman wawancara serta catatan lapangan. Hasil pembelajaran melalui media gambar seri menunjukkan keberhasilan. Hal ini terlihat dari analisis hasil belajar anak yang mengalami peningkatan kemampuan dalam berbicara.Berdasarkan hasil penilaian akhir pada pelaksanaan siklus II diperoleh data bahwa tidak ada atau 0% siswa yang Belum Berkembang (BB), terdapat 3 atau (15%) anak yang Mulai Berkembang (MB), terdapat 6 atau 30% anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan terdapat 11 atau 55% anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan perolehan nilai secara keseluruhan mencapai 82% sehingga kemampuan anak dalam berbicara sudah berhasil dilaksanaakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian telah berhasil dilakukan dan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK An-Nashuuha Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon dapat ditingkatkan melalui media gambar seri.
Deskripsi: Kata Kunci : penerapan media bergambar, kemampuan berbicara Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdLHgD3PNUcpxQfAIsY7SYf5%2FAkOI8R0cb0O4x%2BLWf%2F3FSIqx3Z%2Fc%2FY9xmUkqqEZqRLqDojYqzbLPQVAdNuFRbw8vF3diB4yPsDOHhNfRGQxHxROPyPQnGwX8aD%2BzUwfM%2BLVs%2FvKlsaVzGQ8r2rstNReYDwVUhMZqoE%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya