Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Mengantisipasi Dampak School Bullying di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Mengantisipasi Dampak School Bullying di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon |
Penulis:
|
LENI NUR AZIZAH
|
Abstrak:
|
LENI NUR’AZIZAH. NIM. 2014.17.01916 INTERNALISASI PENDIDIKAN NILAI DALAM MENGANTISIPASI DAMPAK SCHOOL BULLYING DI MTS MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON Skripsi ini bertolak dari suatu fenomena yang berupa kenyataan sehari- hari yang sering kali terjadi dalam dunia pendidikan anak yaitu school bullying, School bullying merupakan perilaku negatif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat merugikan orang lain yang dilakukan dalam ruang lingkup sekolah. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana seorang pendidik, orang tua, serta masyarakat dapat berperan serta dalam penanaman nilai pada anak. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pelaksanaan Internalisasi Pendidikan Nilai?, Apakah Internalisasi Pendidikan Nilai dapat Mengantisipasi Dampak School Bullying?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi pendidikan nilai, untuk mengetahui cara antisipasi terjadinya dampak school bullying, serta untuk mengetahui penanaman pendidikan nilai dapat membentengi siswa dalam mengantisipasi terjadinya dampak school bullying. Penelitian ini didasarkan atas pemikiran bahwa pendidikan nilai mempunyai peranan sangat penting bagi umat manusia, untuk meningkatkan keimanan, pemahaman dan pengamalan siswa mengenai pendidikan nilai sehingga dapat berakhlaq mulia dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat serta tentu saja dalam dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus, dengan sifat penelitian kualitatif untuk mendapatkan data yang mendalam yang dimana penggalian data dilakukan melalui pencarian sumber lisan dan tulis seperti wawancara, buku-buku, jurnal, makalah, serta sumber data pelengkap yang telah ada di Perpustakaan maupun dari media Internet. Analisis Data berupa Analisis Deskriptif di mana memaparkan permasalahan yang dibahas kemudian penyusun menganalisis temuan-temuan dilapangan yang telah ada untuk dipaparkan dan ditarik kesimpulan dalam gambaran (Deskripsi) luas dan mendalam terhadap sebuah permasalahan yang belum jelas. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dalam internalisasi pendidikan nilai pada anak perlu peran serta dari orang tua, guru serta masyarakat. Dengan metode berupa pembiasaan yang disertai pula dengan pengamalan. Karena, keluarga sebagai pembentukan sikap afektif (moral), sekolah sebagai pembentukan sikap kognitif, dan masyarakat sebagai pembentukan psikomotor. Sehingga dari penelitian ini mereka dapat menerapkan dengan baik kepribadian muslim pada diri mereka dan pada anak serta dapat menjadi wacana yang bisa meminimalisir tindak negatif school bullying. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Pendidikan Nilai, School Bullying
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJmD0qoGDwsiqJ3Yj99z0ZV4NbrRzCICcXeUzAemsiLSVby42YnviWiVI%2FKvv2ckj2RULiuMdoB13GkdV2F%2BuYcxTXAh%2BurXZKXq15klR%2BbFWWp45XAqGkxB1jPODFiGw%2Ff4Sn5cO6wIqEWBVdES27%2BsZ6yYKhY%2Btw%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap