Upaya Membangun Karakter Siswa berbasis Life Value Education melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MI Ma’arif Sutawinangun Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Upaya Membangun Karakter Siswa berbasis Life Value Education melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MI Ma’arif Sutawinangun Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Upaya Membangun Karakter Siswa berbasis Life Value Education melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MI Ma’arif Sutawinangun Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon
Penulis: SHOFIYYAH
Abstrak: ABSTRAK SHOFIYYAH, NIM. 2014.2.2.00103 “UPAYA MEMBANGUN KARAKTER SISWA BERBASIS LIFE VALUE EDUCATION MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MI MA’ARIF SUTAWINANGUN KEDAWUNG CIREBON”. SKRIPSI. CIREBON: FAKULTAS TARBIYAH IAI BUNGA BANGSA CIREBON, 2018. Beberapa kasus yang melanda Indonesia merupakan dampak dari merosotnya moral bangsa saat ini. Melihat realitas saat ini pendidikan hanya mengedepankan aspek keilmuan dan kecerdasan peserta didik. Adapun aspek moral dan etis sebagai basis pembentukan karakter dan budaya bangsa semakin terpinggirkan. Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan yang berkecimpung dalam dunia pendidikan yang bersifat non formal berusaha membantu pemerintah dan masyarakat dalam membangun masyarakat dan bangsa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter . (2) Apa saja kegiatan dalam kepramukaan yang mengandung nilai karakter berbasis life value education. (3) Bagaimana upaya pembina pramuka menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa MI Ma’arif Sutawinangun Kedawung Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan pembina pramuka dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa MI Ma’arif Sutawinangun Kedawung Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan lokasi yang diteliti adalah MI Ma’arif Sutawinangun Kedawung Cirebon. Metode dalam penelitian ini meliputi: metode observasi, metode interview (wawancara), dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memusatkan data yang muncul dari catatan lapangan, kemudian menyusun pola hubungan dari hasil penelitian dalam bentuk naratif kemudian menarik kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Verifikasi dilakukan dalam bentuk penyajian dan penarikan kesimpulan dari data-data yang telah terkumpul di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, Kegiatan ekstrakurikuler pramuka memiliki peran positif terhadap pemberdayaan geneasi muda dalam menumbuhkembangkan karakter yang baik. Kedua, kegiatan kepramukaan yang mengandung nilai-nilai karakter yaitu diantaranya Upacara, LKBB, Berkemah, dll.. Ketiga, upaya pembina dalam penanaman nilai karakter dengan menggunakan sistem among, fun studying, learning with doing, dan metode mandiri outdoor. Upaya penanaman karakter ini diharapkan mampu mengurangi dampak merosotnya nilai-nilai moral bangsa saat ini.
Deskripsi: Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pendidikan Kepramukaan, life value education Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/468
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya