Efektivitas Kegiatan Bernyanyi Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B1 RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Efektivitas Kegiatan Bernyanyi Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B1 RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Efektivitas Kegiatan Bernyanyi Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B1 RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon
Penulis: ANISAH
Abstrak: Penelitian ini membahas Efektivitas Kegiatan Bernyanyi dalam Memotivasi Kemampuan Membaca Anak Kelompok B1 RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan membaca anak kelompok B1 di sekolah tersebut. Membaca adalah salah satu kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh anak untuk kesiapannya memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertuiuan untuk membuktikan bahwa kegiatan bernyanyi efektif dalam memotivasi kemampuan membaca anak kelompok B1 di RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018.. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment atau eksperimen semu, dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Subyek penelitiannya adalah anak kelompok B1 RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon, dengan jumlah 15 responden. Bentuk desain penelitian ini dilakukan observasi sebanyak dua kali, yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test). Penelitian kemampuan membaca anak kelompok B1 RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul sebelum melakukan efektivitas kegiatan bernyanyi diperoleh data rata-rata 1,26. Setelah dilakukan kegiatan bernyanyi, kemampuan membaca anak kelompok B1 mengalami kenaikan sebesar 1,42. Perbedaan kemampuan membaca sebelum dan sesudah kegiatan bernyanyi dari hasil uji t diperoleh hasil thitung(29,00) > (2,14) ttabel, dengan taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas kegiatan bernyanyi dalam memotivasi kemampuan membaca sangat signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar ditingkat PAUD khususnya di RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul untuk menstimulasi aspek perkembangan anak terutama dalam kemampuan membaca.
Deskripsi: Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Kegiatan Bernyanyi Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdIJESqxEVD5W%2BiXz7W5C9rEtig%2FQgNzcu4vVbvY4G9LsmnfztePhOzCFZAnqtvPOjWsdTFx7DRLle3DQWHKuhAIcwHV3AsRZLFQfWGo0XcHwgg0qXM0%2BN0KRSzwenpN%2B7C0VxsOEI7%2FSlctBe67wUAqhkf%2BByqvFUg%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274092023_SKRIPSI ANISAH.pdf 1.968Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274093028_COVER ANISAH.jpg 250.7Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Efektivitas Kegiatan Bernyanyi Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B1 RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya