Efektivitas Penerapan Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’anSiswa Kelas V Dta Salafiyah GembonganMekar Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon.

Repositori IAIBBC

Efektivitas Penerapan Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’anSiswa Kelas V Dta Salafiyah GembonganMekar Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon.

Perlihat publikasi penuh

Title: Efektivitas Penerapan Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’anSiswa Kelas V Dta Salafiyah GembonganMekar Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon.
Author: MARYAM
Abstract: ABSTRAK Maryam ( NIM. 20141701923 ) 2018: Efektivitas Penerapan Metode Qiraat Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V DTA Salafiyah Desa Gembongan Mekar Kecamatan Babakan Cirebon Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC). Sebagai langkah awal untuk mencetak generasi Islam yang berwawasan Qur’ani yakni menanamkan kecintaan terhadap al-Qur’an, salah satunya adalah perintah membaca al-Qur’an yang merupakan,upaya pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, karena al-Qur’an adalah pedoman umat muslim di dunia. Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, berkembang pula metode-metode pembelajaran al- Qur’an yang bertujuan sebagai perbaikan dan penyempurna metode yang muncul sebelumnya serta disesuaikan dengan keadaan masyarakat tertentu. Dalam meningkatkan baca al- Qur’an banyak sekali metodebaca Qur’an cepat dan praktis diantaranya adalah metode Qiraati. Metode Qiraati merupakan metode yang lebih menekankan pada bacaan yang praktis dan cepat, tepat, dan benar. Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu bagaimana metode membaca al-Qur’an Qiraati, penerapan metode Qiraati di DTA, dan efektivitas Penerapan metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al- Qur’an. Mengacu pada kontek spenelitian diatas, tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana metode membaca al- Qur’an Qiraati, penerapan metode Qiraati di DTA, dan efektivitas Penerapan metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif, dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala tertentu. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya berdasarkan pada gejala-gejala yang tampak. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) metode pembelajaran al-Qur’an Qiraati suatu metode kontemporer dengan menggunakan buku Qiraati jilid yang membacanya tanpa mengeja tetapi harus lancar, cepat, tepat, dan benar. (2) Penerapan metode Qiraati di DTA Salafiyah sudah menerapkan kurikulum Qiraati dengan sangat baik meskipun masih ada beberapa Siswa yang bergurau dan bermain-main. (3) Efektivitas Penerapan metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an sudah efektif karena tujuan yang ingin dicapai sudah 73% siswa dari masing-masing kelas bisa membaca dengan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan makhrajnya.
Description: Kata Kunci : metode Qiraat, Kemampuan membaca Al-Quran
URI: http://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/467
Date: 2019-04-29


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihat publikasi penuh

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku