Efektivitas Metode bercerita dengan buku bergambar terhadap keterampilan berbicara anak kelompok A di RA Raudhatus Salam desa kaliwulu kecamatan plered kabupaten cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Efektivitas Metode bercerita dengan buku bergambar terhadap keterampilan berbicara anak kelompok A di RA Raudhatus Salam desa kaliwulu kecamatan plered kabupaten cirebon |
Penulis:
|
NURUL 'AENI
|
Abstrak:
|
-ABSTRAK NURUL ‘AENI. NIM 2014.3.2.00176 “EFEKTIVITAS METODE BERCERITA DENGAN BUKU BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A DI RA RAUDHATUS SALAM DESA KALIWULU KECAMATAN PLERED KABUPATEN CIREBON.” Penelitian ini membahas efektivitas metode bercerita dengan buku bergambar terhadap keterampilan berbicara anak kelompok A di RA Raudhatus Salam Desa Kaliwulu Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon. Penelitian ini di latar belakangi karena rendah nya kemampuan berbicara di RA Raudhatus Salam karena berbicara merupakan suatu proses untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan ide, pikiran dan gagasan atau isi hati kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan yang mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahawa metode bercerita dengan buku bergambar efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A di RA Raudhatus Salam Desa Kaliwulu Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif One Group Pretest Postest Design dengan menggunakan test sebagai alat pengumpulan data tentang efektivitas Metode Bercerita dengan Buku Bergambar (X). Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Data hasil penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif data sebelum dan data sesudah perlakuan dengan menggunakan tabel konversi presentase untuk menentukan tingkat keterampilan berbicara. Kemudian tabulasi data hasil penelitian diolah dengan melakukan analisis statistik inferensial yaitu Uji Beda rerata dengan rumus Uji t untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian. Hasil Penelitian dari Keterampilan Berbicara anak kelompok A sebelum menggunakan metode bercerita dengan buku bergambar berjumlah 43% atau berada pada table klasifikasi persentase Kurang Sekali. Keterampilan Berbicara anak kelompok A sesudah menggunakan metode bercerita dengan buku bergambar terlihan adanya peningkatan dengan jumlah 86,90% atau adanya peningkatan sebesar 43,90%. Sehingga Adanya perbedaan yang signifikan yakni dari nilai t yang didapatkan bahwa Jika thitung e ttabel, maka tolak H0. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas metode bercerita dengan buku bergambar terhadap keterampilan berbicara sangat signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar ditingkat PAUD untuk menstimulasi aspek perkembangan anak terutamanya perkembangan Bahasa yaitu keterampilan berbicara. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
-Metode Bercerit dengan buku bergambar, keterampilan berbicara, Efektivitas.
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdL8bfYW6PQtzbtgAkj5gGRU2MlJL6EPPxDls9EoXRhEZy7ppCehoayYI3tr70dmjIWEJs7lUUrdH%2FeQtsGRBHIXhAO6BrV%2B9jryco0%2F5wWYvbo%2B0VKcuoDGA4ch1NKeXatGGIBZ6%2B0fMlx%2BK5RXm0rBsRSr5J2QTw8%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap