Efektivitas Metode Bercerita Dengan Gambar Terhadap Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Kelompok B1 Tk Al Fajar Desa Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Efektivitas Metode Bercerita Dengan Gambar Terhadap Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Kelompok B1 Tk Al Fajar Desa Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon |
Penulis:
|
NURUL HIDAYAH
|
Abstrak:
|
ABSTRAK NURUL HIDAYAH. NIM :2014.3.2.00179. “EFEKTIVITAS METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR TERHADAP KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK KELOMPOK B1TK AL FAJAR DESA PAMENGKANG KECAMATAN MUNDU KABUPATEN CIREBON”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Kecerdasan Verbal Linguistik anak Kelompok B1TK Al Fajar Desa Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon yang disebabkan karena metode yang monoton, karena itu upaya yang ditempuh adalah dengan menggunakan metode bercerita dengan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang: 1) Kecerdasan verbal linguistik anak Kelompok B1 TK Al Fajar Desa Pamengang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon sebelum menggunakan metode bercerita dengan gambar. 2) Kecerdasan verbal linguistik anak Kelompok B1 Desa Pamengang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon sesudah menggunakan metode bercerita dengan gambar. 3) Perbedaan Metode bercerita dengan gambarterhadap peningkatan Kecerdasan Verbal Linguistik anak di kelompok B1TK Al Fajar Desa Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon antara sesudah dan sebelum menggunakan metode bercerita dengan gambar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen one group pretest-posttets design (menggunakan perbedaan keadaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan).Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena mengambil seluruh anak kelompok B1TK Al Fajar Desa Pamengkang sebanyak 15 responden, selama 6 bulan penelitian. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hail Penelitian: 1) Kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B1 TK Al Fajar sebelum menggunakan metode bercerita dengan gambaradalah “MulaiBerkembang”. Hal ini terbukti dari 15 anak terdapat 10 anak (67%) berada pada interval “Mulai Berkembang (MB)”. 2) Kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B1 TK Al Fajar sesudah menggunakan metode bercerita dengan gambaradalah “Berkembang Sesuai Harapan”. Hal ini terbukti dari 15 anak terdapat 8 anak (53%) berada pada interval “Berkembang Sangat Baik (BSH)”. 3)Perbedaan metode bercerita dengan gambarterhadap kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B1 TK Al Fajar terbukti dengan hasil perbandingan di dapat nilai thitung>ttabel atau 9,529>2,048 Maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan metode bercerita dengan gambar. Dengan demikian metode bercerita dengan gambarefektif untuk meningkaTKan kecerdasan verbal linguistik. Penerapan metode bercerita dengan gambardiharapkan memberikan nilai tambah bagi anak di sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi proses pembelajaran disekolah, khusunya di TK Al Fajar Desa Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten cirebon. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
- Metode Bercerita dengan Gambar, Kecerdasan Verbal Linguistik
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJt8QzPyTmxz0T32kywPL%2F3bvNeUWlrr2bVRzIQ5jedz%2FnsYd2nsqOHOSsVklRU1rNukW%2F6P75O%2B60zTCirNoL0b7qdUj6ILuTMEpxwmpg5T1FUgg3CMxaIKXUeeJWAcQFnaDbDEKwtGDnAZHMfaYH8bMC8MqIHOR0%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap