Efektifitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan berbahasa Anak Kelompok B di TK Gandasari Panguragan Kulon Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Efektifitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan berbahasa Anak Kelompok B di TK Gandasari Panguragan Kulon Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Efektifitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan berbahasa Anak Kelompok B di TK Gandasari Panguragan Kulon Kabupaten Cirebon
Penulis: SITI MARWAH
Abstrak: ABSTRAK SITI MARWAH. NIM. 2014.3.2.00290. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK GANDASARI PANGURAGAN KULON KABUPATEN CIREBON Penelitian ini membahas “Efektivitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B Di TK Gandasari Panguragan Kulon Kabupaten Cirebon”. Kemampuan berbahasa adalah kemampuan yang diharapkan dapat dimilki oleh anak sesuai tugas perkembangannya karena kemampuan ini berhubungan dengan kemampuan anak untuk mendapatkan tempat dan pengakuan dalam lingkungan sosialnya serta persiapan bagi anak mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Gandasari Panguragan Kulon Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif One Group Pretest Postest Design dengan menggunakan test sebagai alat pengumpul data tentang efektifitas pemggunaan metode berbahasa (X). Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Data hasil penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskiptif data sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan tabel konversi persentase untuk menentukan tingkat kemampuan berbahasa. Kemudian tabulasi data hasil penelitian diolah dengan melakukan analisis statistik inferensial yaitu Uji Beda rerata dengan rumus Uji t untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian. Selanjutnya, hasil dari penghitungan statistik dengan Uji t didapatkan hasil bahwa adanya perbedaan kemampuan berbahasa sebelum dan sesudah perlakuan penggunaan buku cerita bergambar. Pada hasil pretest kemampuan berbahasa anak hanya 39,58% atau berada pada tabel klasifikasi persentase Kurang Sekali , dan pada hasil postest kemampuan berbahasa anak 85,42% atau berada pada tabel klasifikasi persentase Baik. Kemampuan berbahasa sebelum dan sesudah juga berbeda signifikan, ini ditunjukkan oleh thitung (29,93) e (2,09) ttabel, dengan taraf signifikansi 5% yang berarti pernyataan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbahasa sangat signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar ditingkat PAUD untuk menstimulasi aspek perkembangan anak terutamanya perkembangan dalam bahasa.
Deskripsi: Kata Kunci : buku cerita bergambar, kemampuan berbahasa, efektivitas. Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQN1y0XIFjZ9dm3MI5ohY5adUS%2F4QtY%2Fmsvoww9Ye1dSCt4IjqypK60x4eXl3xNHi0ELC1JKMREn0yJGmNErCw3CMMQK4fLzRmsE0pdsihPcfmZ121XqiTu83uySA6iESZkQO%2B0GRktHOZ4hzJeO54c41eQO5zQr%2BJw%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274032755_BAB IV MARWAH.pdf 958.9Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274034001_COVER MARWAH_page-0001.jpg 310.1Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Efektifitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan berbahasa Anak Kelompok B di TK Gandasari Panguragan Kulon Kabupaten Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya