| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | xypai3 |
| Nama Matakuliah | Pancasila / Pancasila |
| Semester | 1 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Drs.SOMANTRI,M.Pd.I. |
| Peserta Perkuliahan | 23S1PAI0003 - HENI SUHAENI, 23S1PAI0005 - SISWANTO, 23S1PAI0006 - GUNTUR EKA SUSANTO, 23S1PAI0033 - AZIZAH WAFA FAUZIAH, 23S1PAI0038 - ALFI'A NUR AZIZAH, 23S1PAI0039 - AUDI SIFAH KARIMAH, 23S1PAI0040 - WINDY ATIKA SEVTYANA, 23S1PAI0043 - AKHMAD MUHADZAN, 23S1PAI0046 - RIFQI ALWI, 23S1PAI0047 - LUKHIS SYIFA, 23S1PAI0048 - AMELIA FEBRIYANTI, 23S1PAI0049 - HASNA MUTIARA SYALA, 23S1PAI0050 - MUHAMAD LUKMAN NURHAKIM, 23S1PAI0053 - NURHASANAH, 23S1PAI0055 - SOUMATUN NAIMAH, 23S1PAI0077 - AYU SYIFAURROHMAH, 23S1PAI0081 - WANTIN, 23S1PAI0087 - AISYAH LUTFIYAH, 23S1PAI0088 - NAZMATUSSA'ADAH, 23S1PAI0090 - SILKA AMELKA YUNITA, 23S1PAI0093 - NURUL HIDAYATI, 23S1PAI0103 - NAUROTUN NIHAYAH, 23S1PAI0110 - SITI KHODIJAH, 23S1PGMI0041 - FERLINDA TIARA PUTRI |
Mata kuliah Pancasila sebagai salah satu mata kuliah umum yang wajib diambil bertujuan untuk memberikan gambaran, pandangan dan pemahaman menyeluruh tentang pendidikan Pancasila, termasuk di dalamnya tentang keberadaan warga negara serta kaidah-kaidah terkait lainnya. Diharapkan mampu membangun paradigma baru dalam dirinya sendiri berdasar nilai-nilai Pancasila melalui kemampuan menjelaskan sejarah, kedudukan dan hakikat sila-sila Pancasila, serta merespon persoalan aktual bangsa dan negara yang sedang dihadapi, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Mahasiswa diharapkan mampu memahami nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila-sila yang ada pada butir-butir Pancasila, dan dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila yang ada pada butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari, mampu menjadi bagian dari bangsa dan negara sebagai generasi yang tangguh, bertanggung jawab, berintelektual dan juga religious, serta mampu merespon persoalan aktual yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat, bangsa dan negara.
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa mampu memahami Pendidikan Pancasila | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan 1. Orientasi mata kuliah Pendidikan Pancasila 2. Visi, misi, dan kompetensi Pendidikan Pancasila 3. Materi pokok Pendidikan Pancasila |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia: 1. Pengertian Pancasila 2. Era Pra Kemerdekaan 3. Era Kemerdekaan |
Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia | Presentasi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | AFTAR PUSTAKA Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat sejarah nasionalisme Indonesia untuk memupuk sikap kebangsaan generasi muda. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 209–216. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12745 Bahrudin, F. A. (2019). Implementasi Kompetensi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 2(2), 184–200. https://doi.org/10.47080/propatria.v2i2.593 Cahyo Pamungkas. (2015). Nasionalisme Masyarakat Di Perbatasan Laut: Studi Kasus Masyarakat Melayu-Karimun. Masyarakat Indonesia, 41(2), 147–162. http://ejournal.lipi.go.id/index.php/jmiipsk/article/view/253/119 Dedees, A. R. (2016). Melayu di Atas Tiga Bendera: Konstruksi Identitas Nasionalisme Masyarakat Perbatasan di Kepulauan Batam. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 19(2), 141. https://doi.org/10.22146/jsp.10850 Dewantara, J. A., Hermawan, Y., Yunus, D., Prasetiyo, W. H., Efriani, Arifiyanti, F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Anti-Corruption Education as an Effort to Form Students With Character Humanist and Law-Compliant. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 70–81. Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021a). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103–115. Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021b). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Covid 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 5(1), 367–375. Dewantara, J. A., Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2021). Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 261–269. Murdiono, M., Suyato, S., & Arpannudin, I. (2020). Strategi Penguatan Nasionalisme Perbatasan Indonesia. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 34–43. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp34-43 Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada. Nurgiansah, T. H. (2021a). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media. Nurgiansah, T. H. (2021b). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41. Nurgiansah, T. H. (2021c). Petuah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kontestasi Politik. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(1), 39–47. Nurgiansah, T. H. (2021d). The Role of Citizenship Education in Building Bantul Community Political Participation in The Pandemic Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurnal Kewarganegaraan Vol. 5 No.1 Juni 2021 P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328 Yohana.R.U.Sianturi & Dinie Anggraeni D – Universitas Pendidikan Indonesia 231 Dan Kewirausahaan, 4(1), 1–4. Nurgiansah, T. H., & Al Muchtar, S. (2018). Development of Student Awareness through Student Learning Model Jurisprudential in Citizenship Education. ATLANTIS PRESS, 251(Acec), 670–674. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.150 Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121. Retnasari, L., & Hidayah, Y. (2019). Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Warga Negara Muda di Era Globalisasi melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi (Studi pada Mahasiswa PGSD UAD). Jurnal Basicedu, 4(1), 79–88. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.303 Sutiyono, S. (2018). Reformulasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Menguatkan Nasionalisme Warga Negara Muda Di Wilayah Perbatasan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 1. https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1824 Wahyudi, W. (2017). Peran Kader Bela Negara Di Kawasan Perbatasan Dalam Dinamika Hubungan Lintas Batas Negara: Studi Tentang Peran Forum Bela Negara di Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 7(3), 19–40. https://doi.org/10.33172/jpbh.v7i3.227 Yunita, Y., & Suryadi, K. (2018). Rancang Bangun Pendidikan Bela Negara sebagai Wahana Pengembangan Sikap Nasionalisme Bagi Mahasiswa. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 225–233. |
| Catatan Ujian Diskusi :9 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 3 | mampu menjelaskan dan memahami Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia: 1. Era Orde Lama 2. Era Orde Baru 3. Era Reformasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Dasar Negara: 1. Hubungan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dengan Pancasila 2. Penjabaran Pancasila dalam Batang Tubuh UUD NRI tahun 1945 |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi Pancasila sebagai dasar negara | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai dasar negara: 3. Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya dan Hankam |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu menganalisis dan membandingkan Pancasila sebagai Ideologi negara | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Ideologi negara: 1. Pengertian Ideologi 2. Pancasila sebagai ideologi terbuka |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu menganalisis dan membandingkan Pancasila sebagai Ideologi negara | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Ideologi negara: 1. Pancasila dan Agama 2. Pancasila dan Ideologi Dunia |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 8 | UTA | Mahasiswa mampu mengerjakan tugas Pancasila | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menganalisis dan membandingkan Simbol-simbol Pancasila | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Simbol-simbol Pancasila 1. Pengertian symbol 2. Makna simbol-simbol dalam Pancasila (sila ke 1, 2, 3, 4, dan 5) |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 10 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pancasila sebagai Sistem Filsafat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Sistem Filsafat: 1. Pengertian sistem 2. Pancasila sebagai suatu sistem |
Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :6 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pancasila sebagai Sistem Filsafat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Sistem Filsafat: 1. Pengertian Filsafat 2. Pengerttian sistem fislsafat 3. Pancasila sebagai sistem filsafat |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video :2 | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu Memahami dan menjadikan pola hidup Pancasila sebagai Sistem Etika | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Sistem Etika: 1. Pengertian Etika 2. Etika Pancasila |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu Memahami dan menjadikan pola hidup Pancasila sebagai Sistem Etika | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Sistem Etika: 3. Pancasila sebagai solusi problem bangsa, seperti korupsi, kerusakan lingkungan, dekadensi moral, dll |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu Memahami dan menjadikan pola hidup Sila ke 1, 2, 3, 4 dan 5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pengamalan Pancasila (Analisis hakikat Pancasila) 1. Ketuhanan Yang Maha Esa 2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab 3. Persatuan Indonesia 4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan 5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 15 | UAS | Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: xypai3-Pancasila / Pancasila (2 SKS), Semester: 1 KELAS C, Dosen : Drs.SOMANTRI,M.Pd.I., Hari: Minggu, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon