| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
| Kode Matakuliah | x3bkpi5 |
| Nama Matakuliah | Literatur Keagamaan dalam Konseling / Religious Literature in Counseling |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Hajjin Mabrur, M.S.I |
| Peserta Perkuliahan | 2022.9.6.1.00302 - A HASBY ASSHIDDIEQY, 2022.9.6.1.00314 - APRIYATI, 2022.9.6.1.00324 - FADIYAH PUTRI NUR HABIBAH, 2022.9.6.1.00329 - FAUZIYATUL 'ALIYYAH, 2022.9.6.1.00333 - GAMA PERMANA, 2022.9.6.1.00338 - HANIFAH WIDAGDO, 2022.9.6.1.00344 - INDRI, 2022.9.6.1.00345 - KHAERUDIN, 2022.9.6.1.00347 - KHODIJAH, 2022.9.6.1.00349 - LIE MAULIDIYAH, 2022.9.6.1.00350 - LISMAWATI, 2022.9.6.1.00355 - MOCHAMMAD WILDAN AL AZIIZ, 2022.9.6.1.00359 - NABILAA FAIZATUZ ZUHRIYAH, 2022.9.6.1.00361 - NAILUL MAROM, 2022.9.6.1.00362 - NINA SITI MARLINA, 2022.9.6.1.00364 - NURAENI, 2022.9.6.1.00365 - NURROHMAN, 2022.9.6.1.00366 - NURUL FITRIYANAH, 2022.9.6.1.00367 - NURWAHIDA FAJRIYATI, 2022.9.6.1.00370 - RAHMI MUTIARA AZZURY, 2022.9.6.1.00371 - RIFA FAKHRIYAH, 2022.9.6.1.00372 - RIJKI WILDANI, 2022.9.6.1.00376 - SAEPI, 2022.9.6.1.00382 - SITI NURHASANAH, 2022.9.6.1.00384 - UMUL QURO, 2022.9.6.1.00385 - WANTI, 2022.9.6.1.00397 - RENA WIDIA LESTARI |
Tafsir Hadis Konseling dapat dimaknai sebagai problematika yang terjadi dalam kehidupan masyarakat modern ditinjau dari pandangan tafsir konseling modern. Pembahasannya banyak terkait dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendidikan, mengingat nilai-nilai pendidikan dalam al-Qur’an memiliki dimensi sangat luas dan seringkali mengalami pergeseran makna dan penafsirannya, atau masalah tersebut di zaman klasik belum muncul dan belum dibahas oleh para ulama terdahulu.Selain itu, banyakpertanyaan tentang nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendidikan dalam Islam yang muncul di zaman ini yang membutuhkan jawaban yang jelas berdasarkan rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan, sehingga perlu kajian mendalam terhadap beberapa topik masalah kontemporer dari sudut pandang tafsir, mencakup: Pembentukan pribadi muslim dari aspek akidah, Orientasi kebahagian dunia akhirat, Menciptakan kemandirian, Problem hidup adalah ujian dan cobaan. Hidup selamat berpedoman al-Qur’an. Berakhlak mulia. Hidup sesuai ukuran yang ditetapkan Allah. Satu kata dan hati dalam menggali kehidupan, Melihat kekurangan diri sendiri daripada orang lain. Mengutamakan hal-hal yang bermanfaat. Selalu ingin berbuat baik dan menolong orang lain. Kerja sama yang dilandasi iman. Beritikad baik dalam kesulitan. Mata kuliah ini didesain untuk mahasiswa jurusan BKPI yang akan menjadi sarjana Islam , agar kelak dapat memperlancar tugas dan profesinya sebagai konseling dan sarjana muslim di lingkungan pendidikan maupun di tengah masyarakat.
Setelah mengikuti perkuliahan belajar dan pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu:
memecahkan masalah dengan menggunakan sumber Al-quran dan al-Hadis melalui kajian tafsir, ulum al-Qur’an dan dan qawaidh tafsir serta menggali khazanah prinsip-prinsip dan nilai-nilai konseling kontemporer. (Ketrampilankerja)
Mendeskripsikan berbagai masalah konseling kontemporer dalam berbagai pembentukan pribadi muslim dari aspek akidah, Orientasi kebahagian dunia akhirat, Menciptakan kemandirian, Problem hidup adalah ujian dan cobaan. Hidup selamat berpedoman al-Qur’an. Berakhlak mulia. Hidup sesuai ukuran yang ditetapkan Allah. Al-Qomar, Satu kata dan hati dalam menggali kehidupan, Melihat kekurangan diri sendiri daripada orang lain. Mengutamakan hal-hal yang bermanfaat. Selalu ingin berbuat baik dan menolong orang lain (Pengetahuan)
Merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengontrol pengambilan kesimpulan konseling kontemporer terhadap permasalahan penafsiran konseling kontemporer dan bertanggungjawab baik secara kolaboratif dan kooperatiif terhadap penafsiran para mufassir(manajerial)
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | ta'aruf, kontrak belajar, tugas, dan teknis perkuliahan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :7 Materi :4 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mampu memahami, menganalisa dg kritis, dan mendiskusikan pengertian dari literasi keagamaan dalam BKPI / Tafsir Hadis BKPI, ruang lingkupnya, dan urgensinya. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :16 Materi :3 Tidak ada tugas Memahami - mengenal Lebih mend... Audio Video | ||||||||
| 3 | Mampu memahami, menganalisa secara kritis, dan mendiskusikan tafsir ayat dan hadis tentang hakikat manusia, problematikanya dan solusinya | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami, menganalisa secara kritis, dan mendiskusikan tafsir QS. As-Sajadah 7-9 QS. Al-Baqoroh 155-157, QS. Ali Imron 185 dan hadis berkaitan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian :1 Diskusi :5 Materi :6 Deres surat As-Sajdah 7-9 & Al... Memahami Tafsir ayat & Hadis h... Audio Video | ||||||||
| 4 | Mampu memahami, menjelaskan, menganalisa dg kritis dan mendiskusikan tafsir ayat dan hadis kepribadian muslim yg terbaik | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Tafsir ayat & hadis : 1) QS. Ali Imron (3) : 109 2) QS. Al-Baqoroh (2) : 143 3) QS. Al-Ashr (103) : 1-3 4) Hadis berkaitan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :10 Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | mendiskusikan tafsir ayat dan hadis tentang pendidikan dlm Islam, problematika, dan solusinya | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) tafsir QS. Al-Alaq (96) : 1-5 2) Tafsir QS Al-Mujadalah (58) : 11 3) Hadis berkaitan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Deres ayat tentang pendidikan... Audio Video | ||||||||
| 6 | Mampu memahami, menjelaskan, menganalisa dg kritis, & mendiskusikn tafsir ayat & hadis hakikat konseling | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Tafsir ayat Ar-Ro'du : 11 2) Tafsir ayat Al-Anfal : 53 3) Hadis berkaitan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Mendalami tafsir ayat dan hadi... Meresum Hasil Presentasi Mater... Audio Video | ||||||||
| 7 | Mampu memahami, menjelaskan, menganalisa dg kritis, dan mndiskusikan tafsir ayat dan hadis tentang landasan BKPI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) tafsir QS. Al-Baqoroh : 1-5 2) tafsir QS. Muhammad : 5-7 3) tafsir QS. Al-An'am : 90 4) Hadis yang berkaitan dg landasan BKPI |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Merekam deres QS. Al-Baqoroh :... Audio Video | ||||||||
| 8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | 10 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | 20 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3bkpi5-Literatur Keagamaan dalam Konseling / Religious Literature in Counseling (2 SKS), Semester: 3 KELAS B, Dosen : Hajjin Mabrur, M.S.I, Hari: Minggu, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon