| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
| Kode Matakuliah | x5bkpi1 |
| Nama Matakuliah | Supervisi Program BK / Supervision of Guidance and Counseling Program |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Nakhma'ussolikhah,M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 2021.9.5.1.00291 - AAN ANWASIH, 2021.9.5.1.00292 - HINDUN, 2021.9.5.1.00293 - NURLAELA, 2021.9.5.1.00294 - AAT RATI'AH, 2021.9.5.1.00295 - SUKAWI, 2021.9.5.1.00296 - TATI SULASTRI, 2021.9.5.1.00297 - WAWAN HERMAWAN |
Mata kuliah ini meliputi kajian tentang: penelitian, tujuan dan fungsi superfisi BK; program layanan BK, rencana pelaksanaan layanan BK, instrument BK dan kegiatan administrasi BK.
1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2)
2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU 8)
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Orientasi perkuliahan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | RPS dan Silabus | Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | RPS |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Menjelaskan pengertian dan tujuan supervisi BK | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Pengertian Supervisi BK 2) Tujuan supervisi BK |
Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | A. Juntika Nurihsan. 2012. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama. |
| Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Menjelaskan supervisi dan mutu layanan profesional BK | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Supervisi BK di sekolah 2) Mutu layanan profesional BK |
Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Budiyono, A., & Faishol, L. (2020). Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Coution : Journal of Counseling and Education PERAN PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA ( PIK-R ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN. 1(02), 50–59. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Resume modul di lampiran mater... Audio Video :1 | ||||||||
| 4 | Menjelaskan peran dan fungsi supervisi BK | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Peran supervisi BK di sekolah 2) Fungsi supervisi BK di sekolah |
Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 2. Ahmad Juntika Nurihsan. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rosda |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Resume bab 2 modul terlampir Audio Video | ||||||||
| 5 | Menjelaskan proses supervisi BK | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Jenis-jenis supervisi BK di sekolah 2) Orientasi dan arah penyelenggaraan supervisi BK di sekolah 1) Proses supervisi BK di sekolah 2) Tahapan pelaksanaan supervisi BK di sekolah |
Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Budiyono, A., & Faishol, L. (2020). Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Coution : Journal of Counseling and Education PERAN PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA ( PIK-R ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN. 1(02), 50–59. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Supervisi, konsultasi, evaluai dan konseling | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Pengertian konsultasi 2) Pengertian evaluasi 3) Persamaan dan perbedaan |
Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | https://youtu.be/xTpRLkoazLg |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 7 | Supervisi, konsultasi, evaluai dan konseling | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Pengertian konsultasi 2) Pengertian evaluasi 3) Persamaan dan perbedaan supervisi, konsultasi dan evaluasi BK di sekolah |
Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | https://youtu.be/B9aiWQuO0Uk |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Pendekatan-pendekatan supervisi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Model-model supervisi BK di sekolah 2) Pendekatan supervisi BK di sekolah 3) Teknik supervisi BK di sekolah |
Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | https://youtu.be/5PA9ys2DhgQ |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Metode dan teknik langsung | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Pengertian metode dan teknik langsung 2) Manfaat dan tujuan metodel dan teknik langsung 3) Tahapan metode dan teknik langsung 1) Pengertian metode dan teknik langsung 2) Manfaat dan tujuan metodel dan teknik langsung 3) Tahapan metode dan teknik langsung |
Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | https://youtu.be/9B0iegagIgg |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | 10 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Relasi supervisor dan supervisee (konselor) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Hubungan dantara supervisor dan konselor di sekolah 2) Perbedaan tugas supervisor dan konselor di sekolah 3) Area supervisor dalam memonitor kinerja konselor |
Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Gibson L.Robert, Mitchell H.Marianne. 2011. Bimbingan & Konseling. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Menjelaskan manajemen program supervisi BK dan Supervisor BK yang efektif | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Perencanaan program 2) Pelaksanaan program 3) Evaluasi program 4) Supervisor BK yang efektif |
Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Winkel. 2007. Bimbingan dan Konseling di institut pendidikan. Yogyakarta:Media Abadi. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Menjelaskan Supervisi kelompok, rekan sebaya dan self supervision | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Pengertian Supervisi kelompok, rekan sebaya dan self supervision | Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | jurnal BKPI Countion |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | mahasiswa mampu membedakan Supervisi kelompok, rekan sebaya dan self supervision | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 2) Perbedaan Supervisi kelompok, rekan sebaya dan self supervision | Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Saputra, N. M. A., Hidayatullah, H. T., Abdullah, D., & Muslihati. (2020). Pelaksanaan Layanan Cyber Counseling pada Era Society 5.0: Kajian Konseptual. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang, 5, 73–79. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | mahasiswa mampu menjelaskan Penjabaran Supervisi kelompok, rekan sebaya dan self supervision | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 3) Penjabaran Supervisi kelompok, rekan sebaya dan self supervision | Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Rahman, F., & Bimbingan, D. tentang model. (2009). Reformasi Sekolah dan BK Komprehensif Dalam tinjauanHistoris; KontradiktorisataukahKomplementaris. Makalah Seminar Nasional “ …, 1–5. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132300169/REFORMASI SEKOLAH DAN BK KOMPREHENSIF DALAM TINJAUAN HISTORIS.pdf |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Analisi jurnal manajerial supervisor BK | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Resume jurnal dan analisis 2) Penjabaran Supervisi kelompok, rekan sebaya dan self supervision |
Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ahmad Juntika Nurihsan |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Analisi Program BK di sekolah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1) Analisis program BK di Sekolah | Ceramah, Diskusi, dan tanggung jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Praktek BK di sekolah |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Analisis Konsep program BK di Sekolah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1). Praktik BK di sekolah | SEMINAR hasil penelitian | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Seminar Jurnal |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5bkpi1-Supervisi Program BK / Supervision of Guidance and Counseling Program (2 SKS), Semester: 5 KELAS C, Dosen : Nakhma'ussolikhah,M.Pd., Hari: Minggu, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon