| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Manajemen Pendidikan Islam |
| Kode Matakuliah | x3mpi9 |
| Nama Matakuliah | Manjemen SDM Pendidikan Berdaya Saing / Competitive Human Resource Management in Education |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Jajat Darojat, S.Pd.I.,M.S.I |
| Peserta Perkuliahan | 2020.5.6.1.00139 - RANDY ALIF GUNAWAN, 2022.5.8.1.00217 - ABDULLAH SYAKUR, 2022.5.8.1.00218 - ADINDA AULIYA LU'LU'AH, 2022.5.8.1.00219 - AFIFAH MUMTAZAH, 2022.5.8.1.00220 - AGUS RAHMANTO, 2022.5.8.1.00221 - AHMAD HABIBBULLAH, 2022.5.8.1.00223 - ALDI MUSTHOFAINAL AHYAR, 2022.5.8.1.00224 - ALIFA, 2022.5.8.1.00228 - AYU AFIKA, 2022.5.8.1.00229 - AYU AMBARWATI, 2022.5.8.1.00236 - FIKA ALIMNA, 2022.5.8.1.00238 - HAMIDATUR ROFIQOH, 2022.5.8.1.00241 - ISTIQOMAH NAHDIYATI, 2022.5.8.1.00244 - MUHAMAD ALI SIDIK, 2022.5.8.1.00246 - MUHAMMAD HABIBULLAH, 2022.5.8.1.00247 - MUHAMAD RIDWAN, 2022.5.8.1.00249 - MUHIB MAULANA, 2022.5.8.1.00251 - NANA HERMANA SIRAD, 2022.5.8.1.00252 - NIHLATUL MAULA, 2022.5.8.1.00253 - NURHALIMAH RAMADHANI, 2022.5.8.1.00256 - RIPDATUL MAULA, 2022.5.8.1.00257 - RIZKIA CAHYA KENCANA FIRDAUS, 2022.5.8.1.00259 - ROFIQOH, 2022.5.8.1.00262 - SARIFUDIN, 2022.5.8.1.00268 - TASYA ALIFIA, 2022.5.8.1.00269 - TOMI APRIYADI, 2022.5.8.1.00271 - YOHANA ERSI, 2022.5.8.1.00273 - DUTA SURYA ABDULLAH, 2022.5.8.1.00276 - SUGIONO |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa program S1 Manajemen Pendidikan Islam. Pada dasarnya mata kuiah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, wawasan dan keterampilan tentang proses, mekanisme, prosedur dan strategi manajemen sumber daya manusia pada umumnya juga manajemen pada organisasi pendidikan secara khusus, selanjutnya mata kuliah ini memberikan bekal untuk memecahkan masalahmasalah yang dihadapi dalam peningkatan mutu sumber daya manusia secara komprehensif dalam sistem pendidikan nasional.
Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri, kolektif, melalui pengembangan diri dan menafaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mewujudkan kinerja diri sebagai tenaga administrasi pendidikan Islam yang sejati
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Introduction Study; Orientations study human resource management, penyampaian silabus & RPS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :7 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 2 | Manajemen Sumber Daya Manusia; Teori, Konsep, Ruang Lingkup dan Tantangan dalam Manajemen SDM | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 3 | Karakteristik SDM Pendidikan; pengertian, konsep, dan kajiannya | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :2 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 4 | Fungsi Manajemen SDM Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 5 | Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM; Rekruitmen, seleksi, dan penempatan SDM | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :2 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 6 | Pengembangan SDM (trainning & depelovment); pendekatan dan strategi peningkatan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 7 | Sistem manajemen karir SDM; Sistem kompensasi, promosi, penilaian kinerja, karir SDM, PHK | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 8 | Manajemen lingkungan kerja dan kesehatan pegawai; Motivasi, produktivitas dan kualitas kerja | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 9 | Pendekatan mekanik dalam Manajemen SDM | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 10 | PTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Pendekatan patrenalistik dalam Manajemen SDM | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 12 | Pendekatan sistem sosial dalam Manajemen SDM | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 13 | Pendekatan human capital dalam Manajemen SDM | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 14 | Tugas lapangan untuk melihat dan menganalisa proses MSDM di lembaga pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tugas Observasi Audio Video | ||||||||
| 15 | Presentasi tugas lapangan dalam menganalisa proses MSDM di lembaga pendidikan kelompok 1 & 2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Presentasi tugas lapangan dalam menganalisa proses MSDM di lembaga pendidikan kelompok 3 & 4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Presentasi tugas lapangan dalam menganalisa proses MSDM di lembaga pendidikan kelompok 5 & 6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Presentasi tugas lapangan dalam menganalisa proses MSDM di lembaga pendidikan kelompok 7 & 8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | PAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3mpi9-Manjemen SDM Pendidikan Berdaya Saing / Competitive Human Resource Management in Education (2 SKS), Semester: 3 KELAS A, Dosen : Jajat Darojat, S.Pd.I.,M.S.I, Hari: Minggu, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon