| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | xypai3 |
| Nama Matakuliah | Pancasila / Pancasila |
| Semester | 1 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Drs.SOMANTRI,M.Pd.I. |
| Peserta Perkuliahan | 23S1BKPI0057 - ALDI PRASETIYO, 23S1PAI0004 - MEYLINDA KHUSNAN APRILIA, 23S1PAI0007 - ZAMACH SYARI, 23S1PAI0014 - DIAH SITI RODYAH, 23S1PAI0015 - ZUHAEROH, 23S1PAI0016 - M. FARIS KUMAR, 23S1PAI0021 - NUR ATFFATUN, 23S1PAI0023 - SOHIBUL BARKAH, 23S1PAI0026 - ATIN PRIATIN MUNAWAROH, 23S1PAI0029 - AOULIA, 23S1PAI0031 - APRIYANIN, 23S1PAI0036 - PUNJUNG, 23S1PAI0058 - BELLA AYU ANJANI, 23S1PAI0059 - ALFIYAH PRAFITRI, 23S1PAI0060 - MAHER RIZKY, 23S1PAI0065 - FUDAILAH ALFAIN, 23S1PAI0067 - ABDUL YAMIN, 23S1PAI0068 - AMAR IBNU YASIR, 23S1PAI0072 - ULIN NUHA, 23S1PAI0073 - SITI KOMARIAH, 23S1PAI0074 - MOHAMMAD WAKHYUDI, 23S1PAI0076 - AHMAD SYIFAUDIN, 23S1PAI0084 - SINTA NURIAH, 23S1PAI0112 - WAFIEL IZZY, 23S1PAI0114 - ANA ROHMATUL WAFIROH, 23S1PAI0118 - RITA FEBIYANTI, 23S1PAI0119 - AJENG WUNDARI, 23S1PAI0120 - GHANI ALI FAUZI, 23S1PAI0121 - WILDAN SUARDI, 23S1PAI0122 - PATRIZIO SANNA, 23S1PAI0123 - CICIH SARINENGSIH, 23S1PGMI0015 - WIDIYA FATIMATUZZAHRO, 23S1PIAUD0004 - RESA INEUKEU KUSUMAHWATI |
PEMBELAJARAN AKAN DILAKSANAKN DALAM 16 KALI PERTEMUAN.
TERDIRI DARI 2 PERTEMUAN UNTUK MELAKSANAKAN PTS DAN PAS, 14 PERTEMUAN AKAN DILAKASANAKN SECARA OFFLINE DAN ONLINE
MAHASISWA AKAN DIBERI TUGAS, BERUPA DISKUSI, QUIS DAN MEMBUAT VIDEO
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman dan wawasan luas tentang: Pancasila meliputi landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Sistem Filsafat, Sejarah Perjuangan Bangsa, Sistem Etika Politik, Ideologi Negara, Ketatanegaraan, Pancasila sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan yang dapat digunakan dalam menganalisis dan mengatasi masalah-masalah aktual dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | KONTRAK BELAJAR KESEPAKATAN TENTANG BERJALANNNYA PEMBELAJARAN SELAMA 1 SEMESTER PENJELASANA TENTANG PEMBELAJARAN, DAN EVALUASI BELAJAR, ATAU PENILAIAN SUMBER RPS |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan BERJALANNNYA PEMBELAJARAN SELAMA 1 SEMESTER PENJELASANA TENTANG PEMBELAJARAN, DAN EVALUASI BELAJAR, ATAU PENILAIAN |
https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2016/09/dasar-dan-tujuan-pendidikan-pancasila-di-perguruan-tinggi.html | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :2 | ||||||||
| 2 | Mampu memahami dan menjelaskan pelaksanaan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia: 1. Pengertian Pancasila 2. Era Pra Kemerdekaan 3. Era Kemerdekaan |
Pancasial dalam kajian sejarah bangsa Indonesia | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :25 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia: 1. Era Orde Lama 2. Era Orde Baru 3. Era Reformasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi Pancasila sebagai Dasar Negara | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Dasar Negara: 1. Hubungan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dengan Pancasila 2. Penjabaran Pancasila dalam Batang Tubuh UUD NRI tahun 1945 |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi Pancasila sebagai dasar negara | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai dasar negara: 3. Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya dan Hankam |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu menganalisis dan membandingkan Pancasila sebagai Ideologi negara | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Ideologi negara: 1. Pengertian Ideologi 2. Pancasila sebagai ideologi terbuka |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :2 | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu menganalisis dan membandingkan Pancasila sebagai Ideologi negara | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Ideologi negara: 1. Pancasila dan Agama 2. Pancasila dan Ideologi Dunia |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | UTS | Mahasiswa mampu mengerjakan tugs UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menganalisis dan membandingkan Simbol-simbol Pancasila | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Simbol-simbol Pancasila 1. Pengertian symbol 2. Makna simbol-simbol dalam Pancasila (sila ke 1, 2, 3, 4, dan 5) |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 10 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pancasila sebagai Sistem Filsafat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Sistem Filsafat: 1. Pengertian sistem 2. Pancasila sebagai suatu sistem |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pancasila sebagai Sistem Filsafat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Sistem Filsafat: 1. Pengertian Filsafat 2. Pengerttian sistem fislsafat 3. Pancasila sebagai sistem filsafat |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu Memahami dan menjadikan pola hidup Pancasila sebagai Sistem Etika | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Sistem Etika: 1. Pengertian Etika 2. Etika Pancasila |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu Memahami dan menjadikan pola hidup Pancasila sebagai Sistem Etika | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila sebagai Sistem Etika: 3. Pancasila sebagai solusi problem bangsa, seperti korupsi, kerusakan lingkungan, dekadensi moral, dll |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu Memahami dan menjadikan pola hidup Sila ke 1, 2, 3, 4 dan 5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila Paradigma Kehidupan dalam Bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 15 | UAS | Maha....siswa mampu mengerjakan tugas UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: xypai3-Pancasila / Pancasila (2 SKS), Semester: 1 KELAS B, Dosen : Drs.SOMANTRI,M.Pd.I., Hari: Minggu, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon