| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | x5pai6 |
| Nama Matakuliah | Teknologi Evaluasi Pembelajaran PAI / Technology of Islamic Religious Education Evaluation |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Ahmad Hanafi, MA |
| Peserta Perkuliahan | 2021.1.24.1.02949 - AGUS WISNU HIDAYAT, 2021.1.24.1.02956 - ALIN ANDARINI, 2021.1.24.1.02963 - ARIF FAHMI, 2021.1.24.1.02967 - DEDE SITI ASIYAH, 2021.1.24.1.02974 - GUNTORO, 2021.1.24.1.02975 - HAIKAL IQBAL FADHIL, 2021.1.24.1.02980 - IMAS MASRIYAH, 2021.1.24.1.02992 - LIA AMELIA, 2021.1.24.1.02997 - MARIAH ULFAH SYIFA FAUZIAH, 2021.1.24.1.03001 - MOHAMAD RAVID ZAHRAN, 2021.1.24.1.03003 - MUHAMAD HUSAERI, 2021.1.24.1.03013 - NAJDATUL IZZAH, 2021.1.24.1.03014 - NANANG SUGIYANTO, 2021.1.24.1.03021 - OPI SETIAWAN, 2021.1.24.1.03022 - PUTRI ANANDA, 2021.1.24.1.03038 - SUHENDI, 2022.1.25.3.03081 - IIS SITI ARISKA |
Mata KuliahTeknologi Evaluasi Pembelajaran PAI merupakan salah satu mata kuliah yang dibutuhkan oleh mahasiswa jurusan PAI guna menunjang profesionalisme mereka dalam bidang keguruan. Manfaat mata kuliah ini setidaknya dirasakan ketika mereka mengajar di Madrasah ( MTs dan MA) Ataupun di sekolah umum (SMP/ SMA). Subtansi dari mata kuliah ini adalah mengkaji konsep tentang makna dan kedudukan evaluasi dalan pembelajaran, pengertian dan fungsi evaluasi serta kegunaan evaluasi, mengenal jenis evaluasi, memahami bentuk-bentuk evaluasi, prinsip dan langkah-langkah penyusunan instrumen evaluasi, pengolahan data, pelaporan, dan penilaian.
Capaian akhir yang diharapkandari mata kuliah ini adalah:
- Mahasiswa mamapu memahami konsep-konsep teoritis tentang evaluasi pembelajaran.
- Mahasiswa terampil menerapkan konsep-konsep pengetahuan tentang evaluasi pembelajaran tersebut dalam tataran praktek mengajar di dunia keguruan dan pendidikan.
- Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi seiring perkembangan zaman dan iptek dalam kaitannya dengan penggunaan cara maupun instrumen evaluasi.
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Kontrak Studi, penggunaan teknologi dalam evaluasi pembelajaran PAI. Perbedaan pengukuran, penilaian dan evaluasi. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Pengertian, kedudukan, dan sistem evaluasi pembelajaran PAI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Tujuan dan fungsi sistem evaluasi pembelajaran PAI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 evaluasi⁸ Audio Video | ||||||||
| 4 | Jenis-jenis instrumen evaluasi PAI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Kriteria instrumen evaluasi PAI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Prinsip-prinsip penerapan PAN dan PAP dalam evaluasi PAI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Perbedaan tes standar dan tes buatan guru | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Teknik evaluasi berbentuk tes dan non tes | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa serta indikatornya dalam pembuatan tes | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | UTS/ PTS/ STS (Sumatif Tengah Semester) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Ragam pengumpulan data untuk mengukur kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Menyusun instrumen evaluasi dan kisi-kisi tes | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Pengembangan tes hasil belajar meliputi analisis butir soal, tingkat kesukaran dan daya pembeda | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Pengembangan tes hasil belajar meliputi validitas dan reliabilitas | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mengolah, menganalisis dan menafsirkan hasil evaluasi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Praktek menyusun kisi kisi secara aplikatif di sekolah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Praktek aplikasi menyusun soal, kunci jawaban dan pedoman penilaian sebagai tindak lanjut pengembangan kisi kisi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Praktek analisis butir soal, mencari tingkat kesukaran soal dan daya pembeda | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | UAS/PAS/SAS (Sumatif Akhir Semester) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pai6-Teknologi Evaluasi Pembelajaran PAI / Technology of Islamic Religious Education Evaluation (2 SKS), Semester: 5 KELAS C, Dosen : Ahmad Hanafi, MA, Hari: Minggu, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon