Teknologi Evaluasi Pembelajaran PAI / Technology of Islamic Religious Education Evaluation (2 SKS) 5 KELAS C Ahmad Hanafi, MA, Minggu, 13.00 s.d 14.15

Publikasi Unusia

Teknologi Evaluasi Pembelajaran PAI / Technology of Islamic Religious Education Evaluation (2 SKS) 5 KELAS C Ahmad Hanafi, MA, Minggu, 13.00 s.d 14.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Kode Matakuliah x5pai6
Nama Matakuliah Teknologi Evaluasi Pembelajaran PAI / Technology of Islamic Religious Education Evaluation
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Ahmad Hanafi, MA
Peserta Perkuliahan 2021.1.24.1.02949 - AGUS WISNU HIDAYAT,
2021.1.24.1.02956 - ALIN ANDARINI,
2021.1.24.1.02963 - ARIF FAHMI,
2021.1.24.1.02967 - DEDE SITI ASIYAH,
2021.1.24.1.02974 - GUNTORO,
2021.1.24.1.02975 - HAIKAL IQBAL FADHIL,
2021.1.24.1.02980 - IMAS MASRIYAH,
2021.1.24.1.02992 - LIA AMELIA,
2021.1.24.1.02997 - MARIAH ULFAH SYIFA FAUZIAH,
2021.1.24.1.03001 - MOHAMAD RAVID ZAHRAN,
2021.1.24.1.03003 - MUHAMAD HUSAERI,
2021.1.24.1.03013 - NAJDATUL IZZAH,
2021.1.24.1.03014 - NANANG SUGIYANTO,
2021.1.24.1.03021 - OPI SETIAWAN,
2021.1.24.1.03022 - PUTRI ANANDA,
2021.1.24.1.03038 - SUHENDI,
2022.1.25.3.03081 - IIS SITI ARISKA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata KuliahTeknologi Evaluasi Pembelajaran PAI merupakan salah satu mata kuliah yang dibutuhkan oleh mahasiswa jurusan PAI guna menunjang profesionalisme mereka dalam bidang keguruan. Manfaat mata kuliah ini setidaknya dirasakan ketika mereka mengajar di Madrasah ( MTs dan MA) Ataupun di sekolah umum (SMP/ SMA). Subtansi dari mata kuliah ini adalah mengkaji konsep tentang makna dan kedudukan evaluasi dalan pembelajaran, pengertian dan fungsi evaluasi serta kegunaan evaluasi, mengenal jenis evaluasi, memahami bentuk-bentuk evaluasi, prinsip dan langkah-langkah penyusunan instrumen evaluasi, pengolahan data, pelaporan, dan penilaian.

3. Capaian / Kompetensi

Capaian akhir yang diharapkandari mata kuliah ini adalah:
- Mahasiswa mamapu memahami konsep-konsep teoritis tentang evaluasi pembelajaran.
- Mahasiswa terampil menerapkan konsep-konsep pengetahuan tentang evaluasi pembelajaran tersebut dalam tataran praktek mengajar di dunia keguruan dan pendidikan.
- Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi seiring perkembangan zaman dan iptek dalam kaitannya dengan penggunaan cara maupun instrumen evaluasi.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Kontrak Studi, penggunaan teknologi dalam evaluasi pembelajaran PAI. Perbedaan pengukuran, penilaian dan evaluasi. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
2 Pengertian, kedudukan, dan sistem evaluasi pembelajaran PAI Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
3 Tujuan dan fungsi sistem evaluasi pembelajaran PAI Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 evaluasi⁸ Audio Video
4 Jenis-jenis instrumen evaluasi PAI Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
5 Kriteria instrumen evaluasi PAI Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
6 Prinsip-prinsip penerapan PAN dan PAP dalam evaluasi PAI Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
7 Perbedaan tes standar dan tes buatan guru Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
8 Teknik evaluasi berbentuk tes dan non tes Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
9 Ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa serta indikatornya dalam pembuatan tes Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
10 UTS/ PTS/ STS (Sumatif Tengah Semester) Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Ragam pengumpulan data untuk mengukur kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
12 Menyusun instrumen evaluasi dan kisi-kisi tes Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
13 Pengembangan tes hasil belajar meliputi analisis butir soal, tingkat kesukaran dan daya pembeda Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
14 Pengembangan tes hasil belajar meliputi validitas dan reliabilitas Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mengolah, menganalisis dan menafsirkan hasil evaluasi Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Praktek menyusun kisi kisi secara aplikatif di sekolah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
17 Praktek aplikasi menyusun soal, kunci jawaban dan pedoman penilaian sebagai tindak lanjut pengembangan kisi kisi Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
18 Praktek analisis butir soal, mencari tingkat kesukaran soal dan daya pembeda Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
19 UAS/PAS/SAS (Sumatif Akhir Semester) Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan - Yessy Nur Endah Sary; S.SiT.; M.Kes. - Deepublish-2015
  2. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan - Prof. Dr. A. Muri Yusuf; M.Pd. - Prenada Media-2017
  3. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran - Dr. M. Ilyas Ismail; M.Pd.; M.Si - Cendekia Publisher-2019
  4. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3 - Suharsimi Arikunto - Bumi Aksara-2021
  5. Dasar-dasar evaluasi pendidikan - Suharsini Arikunto - -1999
  6. BUKU AJAR EVALUASI PENDIDIKAN - Dr. Setiadi Cahyono Putro; M.T.; M.Pd.; Wahyu Nur Hidayat; M.Pd. - Ahlimedia Book-2021
  7. EVALUASI PEMBELAJARAN MODUL 1 - - -2020
  8. EVALUASI PEMBELAJARAN MODUL 2 - - -2020
  9. EVALUASI PEMBELAJARAN MODUL 3 - - -2020
  10. MATERI, METODE, DAN EVALUASI PEMBELAJARAN AL-QUR'AN - Subur - BBC PRESS-2021
  11. MATERI, METODE, DAN EVALUASI PEMBELAJARAN - Subur - BBC PRESS-2021
  12. Evaluasi Pembelajaran - - -2022






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pai6-Teknologi Evaluasi Pembelajaran PAI / Technology of Islamic Religious Education Evaluation (2 SKS), Semester: 5 KELAS C, Dosen : Ahmad Hanafi, MA, Hari: Minggu, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS