Penulisan Akademik Digital / Digital Academic Writing (2 SKS) 1 KELAS B Rifqi Fauzi, S.Sos.I., M.I.Kom, Minggu, 13.00 s.d 14.15

Publikasi Unusia

Penulisan Akademik Digital / Digital Academic Writing (2 SKS) 1 KELAS B Rifqi Fauzi, S.Sos.I., M.I.Kom, Minggu, 13.00 s.d 14.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam
Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Kode Matakuliah xykpi4
Nama Matakuliah Penulisan Akademik Digital / Digital Academic Writing
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Rifqi Fauzi, S.Sos.I., M.I.Kom
Peserta Perkuliahan 23S1KPI0001 - DANIA AGUS FIRMANSYAH,
23S1KPI0002 - ROYNALDO,
23S1KPI0005 - MEGA PURNAMASARI,
23S1KPI0008 - DINA RAMADANIA,
23S1KPI0010 - AHMAD SHALEH,
23S1KPI0011 - SYAHRIL SETIAWAN,
23S1KPI0013 - CHOIRUNISA SALSABILAH,
23S1KPI0016 - RISDAYANI,
23S1KPI0018 - RIYAN HIDAYAT,
23S1KPI0019 - DIANA WIJI ASTUTI,
23S1KPI0020 - SALSABILA BALQIS,
23S1KPI0021 - MUHAMMAD RIFQILLAH AZIZ,
23S1KPI0023 - BINTANG DERI PUTRA PRATAMA,
23S1KPI0025 - ADELIA SYALWA FITRIA,
23S1KPI0026 - WINAYA NATASYA,
23S1KPI0028 - ADLAN ALI,
23S1KPI0029 - RANEU KHARISMA PUTRI,
23S1KPI0030 - SUBHAN FADLI,
23S1KPI0031 - MUHAMAD MAULANA,
23S1KPI0034 - AHMAD SAHID,
23S1KPI0035 - ILHAM ZAIRI NURFADHILAH,
23S1KPI0036 - YUDI SUBAKTI,
23S1KPI0037 - MUHAMMAD SOMAD REHAN,
23S1KPI0039 - SITI MEYLIYANA,
23S1KPI0040 - ALIFFIAN ADEK SETIAWAN,
23S1KPI0042 - APRILLIA SULISTYANI,
23S1KPI0043 - IMA ROHIMAH,
23S1KPI0044 - MUHAMMAD ISKANDAR DZULQORNAIN,
23S1KPI0045 - MOH. ALI AKBAR,
23S1PAI0025 - SYAHRUR RIDHO FATAHILLAH

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah "Digital Academic Writing" dipelajari untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan menulis ilmiah dengan menggunakan teknologi digital. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan menulis yang diperlukan dalam dunia akademik modern yang semakin terdigitalisasi. Selain itu, mata kuliah "Digital Academic Writing" membantu mahasiswa memahami bagaimana teknologi digital dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis ilmiah, dan bagaimana mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai tools ke dalam proses penulisan ilmiah. Hal ini penting karena dunia akademik terus berubah dan semakin bergantung pada teknologi digital untuk komunikasi dan penelitian.

3. Capaian / Kompetensi

1) Mahasiswa dapat menghasilkan teks akademik yang berkualitas, termasuk esai, laporan penelitian, dan ulasan literatur, yang mencerminkan pemahaman yang baik tentang materi dan penyusunan argumen yang kuat. 2) Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak pengolah kata dan alat-alat penulisan digital lainnya secara efektif untuk memformat, mengedit, dan mengorganisasikan tulisan mereka. 3) Mahasiswa dapat melakukan penelitian daring yang efektif, termasuk kemampuan mencari, mengevaluasi, dan mengintegrasikan sumber daya digital dan cetak dalam tulisan mereka. 4) Mahasiswa dapat menggunakan sumber daya digital, seperti jurnal online, database akademik, dan e-book, untuk mendukung argumen dan penelitian mereka dengan benar. 5) Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengutip sumber dengan benar dalam berbagai format penulisan akademik dan menyusun daftar pustaka yang lengkap. 6) Mahasiswa memahami pentingnya etika dalam penulisan akademik, termasuk menghindari plagiarisme dan menjalani etika yang tinggi dalam penggunaan sumber daya. 7) Mahasiswa memiliki pemahaman tentang cara mengatur, menyimpan, dan memanajemen dokumen digital, serta mengamankan data mereka. 8) Mahasiswa dapat berkolaborasi dengan rekan-rekan mereka dalam proyek-proyek akademik melalui pengeditan bersama dokumen atau partisipasi dalam forum diskusi online. 9) Mahasiswa mampu mengintegrasikan grafik, tabel, foto, video, atau elemen multimedia lainnya dalam tulisan mereka dengan tujuan memperkuat argumen atau menjelaskan konsep. 10) Mahasiswa memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik dalam menyelesaikan tugas-tugas penulisan dan penelitian yang memiliki batas waktu. 11) Mahasiswa dapat menganalisis informasi dengan kritis, mengevaluasi sumber daya dengan bijak, dan mengidentifikasi bias atau sudut pandang yang berbeda dalam literatur akademik.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 8 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 16 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    Berita

    Artefak perkuliahan Matakuliah: xykpi4-Penulisan Akademik Digital / Digital Academic Writing (2 SKS), Semester: 1 KELAS B, Dosen : Rifqi Fauzi, S.Sos.I., M.I.Kom, Hari: Minggu, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Komunikasi dan Penyiaran Islam

Kiriman Terbaru

  • Rifqi Fauzi, S.Sos.I., M.I.Kom (2023-09-17)

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS