Pancasila / Pancasila (2 SKS) 1 KELAS C Drs.SUMARNO,M.M, Minggu, 13.00 s.d 14.15

Publikasi Unusia

Pancasila / Pancasila (2 SKS) 1 KELAS C Drs.SUMARNO,M.M, Minggu, 13.00 s.d 14.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Jurusan Ekonomi Syari`ah
Kode Matakuliah xyeksy2
Nama Matakuliah Pancasila / Pancasila
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Drs.SUMARNO,M.M
Peserta Perkuliahan 23S1ES0007 - SITI NURKOMMALA,
23S1ES0011 - VINA RAKHMAWATI,
23S1ES0014 - SEPTIA ARUM NINGSIH,
23S1ES0020 - ISABELA TANIA,
23S1ES0021 - AINUL YAQIN AL HARIS,
23S1ES0025 - MELATI,
23S1ES0026 - ARIANAL HAQ AHMAD,
23S1ES0035 - RIKKOTUL QOLBI,
23S1ES0039 - EFA LIYANA HALIM,
23S1ES0041 - MELI AMELIA,
23S1ES0043 - RIZAL FATUROHMAN MALIK,
23S1ES0046 - ITA WULANDARI,
23S1ES0047 - RIYANTI WAHYUNI,
23S1ES0048 - IIS KHOIRUNISA,
23S1ES0055 - MUHAMMAD HAIKAL SAHIL MUNASSIF FAJRI,
23S1ES0056 - MIRA YULI,
23S1ES0057 - DELIA APRIYAHYA,
23S1ES0059 - EKA NURFADILA,
23S1ES0064 - LINDA LIDIYAWATI,
23S1ES0068 - LINA MARIYANA,
23S1ES0074 - SITRI,
23S1ES0076 - MUHAMMAD ROYKHANNUL ARIF,
23S1ES0081 - SITI AISAH,
23S1ES0091 - NASIHIN,
23S1ES0111 - JAEN NUROKHMAN,
23S1ES0113 - RENDI ADI PRASETYO,
23S1ES0147 - AIE NURAENI,
23S1ES0149 - YAYAT NURHIDAYAT,
23S1ES0150 - ICHA ASAROH,
23S1ES0156 - MUHAMMAD LUQIYULLAH ROMDONI,
23S1ES0162 - MUHAMMAD HAIDAR FERDIANSYAH,
23S1ES0168 - ADITIYA WARMAN,
23S1ES0169 - DIAS ERNANTO,
23S1ES0172 - MIA NURMALIA

2. Deskripsi Pembelajaran

Perkuliahan ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia
Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan R.I dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

3. Capaian / Kompetensi

a. Mampu mengambil sikap bertanggung jawab sebagai warga negara yang baik (good citizen) sesuai dengan hati
nuraninya.
b. Mampu memaknai kebenaran ilmiah-filsafati yang terdapat di dalam Pancasila
c. Mampu memaknai peristiwa sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia.
d. Mampu berpikir integral komprehensif tentang persoalan-persoalan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
e. Mampu memecahkan persoalan sosial politik dalam perspektif yuridis kenegaraan
f. Mampu memecahkan persoalan sosial politik, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
dg.berparadigma pada Pancasila

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Pembahasan tentang : Kontrak Perkuliahan; Peta Konsep, Obyek Kajian, Mata Kuliah Silabus,RPS,RTM,LKM,LPH,Materi,Absen,Tugas,Nilai dll / Bersefaham tentang kontrak kuliah dan dokumen-dokumen pembelajaran serta sopan santun dan komunikasi. Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami Landasan, Tujuan, Kompetensi, dan Arah Pendidikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Kontrak Perkuliahan; Peta Konsep, Obyek Kajian, Mata Kuliah Silabus,RPS,RTM,LKM,LPH,Materi,Absen,Tugas,Nilai dll / Bersefaham tentang kontrak kuliah dan dokumen-dokumen pembelajaran serta sopan santun dan komunikasi. a. Landasan Pendidikan Pancasila
b. Tujuan Pendidikan Pancasila
• Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Kaelan,MS, dkk,2010, Pendidikan Pancasila, Yogyakarta, Penerbit Paradigma.
2. Wirman Burhan.H, 2016, Pend. Kewarganegaraan, Pancasila dan UUD 1945, Jakarta, Penerbit PT. Rajagrafindo Persada
3. Ani Sri Rahayu, 2017, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara
Catatan Ujian :1 Diskusi :12 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
2 Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila a. Pembahasan Pancasila secara Ilmiah
b. Beberapa Pengertian Pancasila
• Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 4. Dirjen Dikti Kemdiknas, 2013, Materi Ajar Pendidikan Pancasila, Jakarta, Kemdiknas
5. Letjend TNI Johny Lumintang dkk, 2005, Pendidikan Kewarganegaraan,
6. L. Andriani Purwastuti P, dkk. 2003. Pendidikan Pancasila, Buku Pegangan Kuliah, Yogyakarta: UPT-MKU UNY
Catatan Ujian :1 Diskusi :29 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
3 Pancasila sebagai Sistem Filsafat Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila sebagai Sistem Filsafat a. Pengertian Filsafat
b. Filsafat Pancasila
• Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 7. Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
8. Kaelan, MS, 2003. Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Paradigma.
9. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV).
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
4 Pancasila sebagai Sistem Filsafat Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila sebagai Sistem Filsafat c. Hakikat Sila-Sila Pancasila • Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Kaelan,MS, dkk,2010, Pendidikan Pancasila, Yogyakarta, Penerbit Paradigma.
2. Wirman Burhan.H, 2016, Pend. Kewarganegaraan, Pancasila dan UUD 1945, Jakarta, Penerbit PT. Rajagrafindo Persada
3. Ani Sri Rahayu, 2017, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
5 Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia a. Era Pra Kemerdekaan
b. Era Kemerdekaan
• Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 4. Dirjen Dikti Kemdiknas, 2013, Materi Ajar Pendidikan Pancasila, Jakarta, Kemdiknas
5. Letjend TNI Johny Lumintang dkk, 2005, Pendidikan Kewarganegaraan,
6. L. Andriani Purwastuti P, dkk. 2003. Pendidikan Pancasila, Buku Pegangan Kuliah, Yogyakarta: UPT-MKU UNY
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
6 Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia c. Era Orde Lama • Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 7. Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
8. Kaelan, MS, 2003. Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Paradigma.
9. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV).
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
7 Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia d. Era Orde Baru • Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Kaelan,MS, dkk,2010, Pendidikan Pancasila, Yogyakarta, Penerbit Paradigma.
2. Wirman Burhan.H, 2016, Pend. Kewarganegaraan, Pancasila dan UUD 1945, Jakarta, Penerbit PT. Rajagrafindo Persada
3. Ani Sri Rahayu, 2017, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
8 Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia e. Era Orde Reformasi • Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 4. Dirjen Dikti Kemdiknas, 2013, Materi Ajar Pendidikan Pancasila, Jakarta, Kemdiknas
5. Letjend TNI Johny Lumintang dkk, 2005, Pendidikan Kewarganegaraan,
6. L. Andriani Purwastuti P, dkk. 2003. Pendidikan Pancasila, Buku Pegangan Kuliah, Yogyakarta: UPT-MKU UNY.
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
9 Pancasila Sebagai Sistem Etika Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila Sebagai Sistem Etika a. Pengertian Etika
b. Etika Pancasila
• Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 7. Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
8. Kaelan, MS, 2003. Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Paradigma.
9. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV).
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
10 10 : UTS : Ujian Tengah Semester Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal dengan baik Soal-soal UTS Mengerjakan soal-soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Kaelan,MS, dkk,2010, Pendidikan Pancasila, Yogyakarta, Penerbit Paradigma.
2. Wirman Burhan.H, 2016, Pend. Kewarganegaraan, Pancasila dan UUD 1945, Jakarta, Penerbit PT. Rajagrafindo Persada
3. Ani Sri Rahayu, 2017, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
11 Pancasila Sebagai Sistem Etika Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila Sebagai Sistem Etika c. Pancasila Sebagai Solusi Problem Bangsa Seperti Korupsi, Kerusakan Lingkungan, Dekadensi Moral dan lain-lain • Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 4. Dirjen Dikti Kemdiknas, 2013, Materi Ajar Pendidikan Pancasila, Jakarta, Kemdiknas
5. Letjend TNI Johny Lumintang dkk, 2005, Pendidikan Kewarganegaraan,
6. L. Andriani Purwastuti P, dkk. 2003. Pendidikan Pancasila, Buku Pegangan Kuliah, Yogyakarta: UPT-MKU UNY
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
12 Pancasila Sebagai Ideologi Negara Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila Sebagai Ideologi Negara a. Pengertian Ideologi
b. Kedudukan dan Fungsi Pancasila
• Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 7. Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
8. Kaelan, MS, 2003. Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Paradigma.
9. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV).
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
13 Pancasila Sebagai Ideologi Negara Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila Sebagai Ideologi Negara c. Pancasila dan Ideologi Dunia • Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Kaelan,MS, dkk,2010, Pendidikan Pancasila, Yogyakarta, Penerbit Paradigma.
2. Wirman Burhan.H, 2016, Pend. Kewarganegaraan, Pancasila dan UUD 1945, Jakarta, Penerbit PT. Rajagrafindo Persada
3. Ani Sri Rahayu, 2017, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
14 Pancasila Sebagai Dasar Negara Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila Sebagai Dasar Negara a. Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945 • Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 4. Dirjen Dikti Kemdiknas, 2013, Materi Ajar Pendidikan Pancasila, Jakarta, Kemdiknas
5. Letjend TNI Johny Lumintang dkk, 2005, Pendidikan Kewarganegaraan,
6. L. Andriani Purwastuti P, dkk. 2003. Pendidikan Pancasila, Buku Pegangan Kuliah, Yogyakarta: UPT-MKU UNY
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
15 Pancasila Sebagai Dasar Negara Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila Sebagai Dasar Negara b. Penjabaran Pancasila dalam Batang Tubuh UUD 1945 • Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 7. Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
8. Kaelan, MS, 2003. Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Paradigma.
9. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV).
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
16 Pancasila Sebagai Dasar Negara Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila Sebagai Dasar Negara c. Implementasi Pancasila dalam Pembuatan Kebijakan Negara di Bidang POLEKSOSBUDHANKAM • Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Kaelan,MS, dkk,2010, Pendidikan Pancasila, Yogyakarta, Penerbit Paradigma.
2. Wirman Burhan.H, 2016, Pend. Kewarganegaraan, Pancasila dan UUD 1945, Jakarta, Penerbit PT. Rajagrafindo Persada
3. Ani Sri Rahayu, 2017, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
17 Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu a. Nilai Ketuhanan
b. Nilai Kemanusiaan
• Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 4. Dirjen Dikti Kemdiknas, 2013, Materi Ajar Pendidikan Pancasila, Jakarta, Kemdiknas
5. Letjend TNI Johny Lumintang dkk, 2005, Pendidikan Kewarganegaraan,
6. L. Andriani Purwastuti P, dkk. 2003. Pendidikan Pancasila, Buku Pegangan Kuliah, Yogyakarta: UPT-MKU UNY
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
18 Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu c. Nilai Persatuan
d. Nilai Kerakyatan
• Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 7. Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
8. Kaelan, MS, 2003. Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Paradigma.
9. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV).
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
19 Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu e. Nilai Keadilan
RIVIEW DAN EVALUASI
• Ceramah
• Diskusi
• E-learning
• Tugas-tugas
• Kuis
• Simulasi
• Video
• Audio dll
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Kaelan,MS, dkk,2010, Pendidikan Pancasila, Yogyakarta, Penerbit Paradigma.
2. Wirman Burhan.H, 2016, Pend. Kewarganegaraan, Pancasila dan UUD 1945, Jakarta, Penerbit PT. Rajagrafindo Persada
3. Ani Sri Rahayu, 2017, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video :1
20 20 : UAS : Ujian Akhir Semester Mahasiswa mampu menjawab soal-soal dengan baik Soal-soal UAS Mengerjakan soal-soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 4. Dirjen Dikti Kemdiknas, 2013, Materi Ajar Pendidikan Pancasila, Jakarta, Kemdiknas
5. Letjend TNI Johny Lumintang dkk, 2005, Pendidikan Kewarganegaraan,
6. L. Andriani Purwastuti P, dkk. 2003. Pendidikan Pancasila, Buku Pegangan Kuliah, Yogyakarta: UPT-MKU UNY.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. Demokrasi Pancasila dan pertumbuhannya - Mashuri Saleh - -1977
  2. Buku Ajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan - Wahono; Abdul Atsar - Deepublish-2019
  3. APA MENGAPA BAGAIMANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MORAL PANCASILA DAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) - Hamid Darmadi - An1mage-2020
  4. Implementasi Pancasila melalui pendidikan kewarganegaraan - Syahrial Syarbaini - -2010
  5. Buku Pendidikan Pancasila - Dra. Irawaty; M.Pd.; Dra. Dorce Banne Pabunga; M.Pd.; Dr. Darnawati; M.Pd. - Zifatama Jawara-
  6. Bangkitlah Pancasila!! - Wimmy Haliim - Universitas Brawijaya Press-2014
  7. BUKU AJAR PANCASILA - Dr. H. Firman Freaddy Busroh; SH.; M.Hum.; C.T.L.; Yosep Belen Keban; S.S.; M.M.; Alimatussa'diyah; S.Pd.; M.Pd.; Dr. Hj. Fatria Khairo.;S.TP.;SH.;M.H.;C.T.L; Dr. Ir. Dyanasari; MBA; Agustinus Ghunu; S.Sos.; M.MA.; M.AP. - Feniks Muda Sejahtera-2022
  8. Filsafat Pancasila - - Media Presindo-2019
  9. modul pancasila dan kewarganegaraan - - -2020
  10. Inti Sari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Muhammad Tohir - Bandung-2021
  11. Pancasila - Agus Karjuni - UI BBC-2023






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: xyeksy2-Pancasila / Pancasila (2 SKS), Semester: 1 KELAS C, Dosen : Drs.SUMARNO,M.M, Hari: Minggu, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Ekonomi Syari`ah

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS