| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | x3pai9 |
| Nama Matakuliah | Masail Fiqhiyah |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Drs..KH. Abd. Hayyi Imam,M.Ag |
| Peserta Perkuliahan | 2022.1.25.1.03082 - AA FATURROHMAN, 2022.1.25.1.03085 - ABDUL HANAN, 2022.1.25.1.03087 - ABDUL MUHYI, 2022.1.25.1.03089 - ACHMAD ABDURROUF, 2022.1.25.1.03090 - ADE IRWANTO, 2022.1.25.1.03091 - AFIF MAULANA, 2022.1.25.1.03092 - AHMAD ALI, 2022.1.25.1.03093 - AHMAD ZUHAIR SYAFIQ, 2022.1.25.1.03099 - AMIN LUTHFI MARDHOTILLAH, 2022.1.25.1.03103 - ARUM RUMANATIS SA'ADAH, 2022.1.25.1.03112 - DINDA SYIFA DAHLIA, 2022.1.25.1.03116 - FAIDA KORIMAH, 2022.1.25.1.03121 - IBNU HAJAR, 2022.1.25.1.03123 - IIN MARYANAH, 2022.1.25.1.03128 - INDI MAULIDINA, 2022.1.25.1.03129 - INDRIYANI SAMBA PURWANTI, 2022.1.25.1.03133 - LUKMAN NURHAKIM, 2022.1.25.1.03134 - M.HAIKAL QOWI, 2022.1.25.1.03137 - MUH ARYAN RAJAB, 2022.1.25.1.03140 - MUHAMMAD AKILUN, 2022.1.25.1.03143 - MUHAMMAD FAIZAR KHADAFI, 2022.1.25.1.03148 - MUKHLISIN, 2022.1.25.1.03150 - NENTI AGUSTIN, 2022.1.25.1.03155 - NURUS SOBAH, 2022.1.25.1.03160 - REJA SANJAYA, 2022.1.25.1.03161 - RIFKI ARBI HANAFI, 2022.1.25.1.03170 - SITI NUR'AZIZAH, 2022.1.25.1.03172 - SITI ROFIATUDDAROJAH, 2022.1.25.1.03179 - VIKA AVNI VANIA SUHERMAN, 2022.1.25.1.03180 - VIKRIA, 2022.1.25.1.03183 - WILDAN MUBAROK, 2022.1.25.1.03186 - YUSTIASIH, 2022.1.25.1.03197 - FIRMANSYAH KHUMAEDY, 23S1PAI0083 - ALI MURTADLO |
Masail Fiqhiyyah adalah mata kuliah yang mengkaji masalah dinamika hukum Islam yang berkembang disebabkan berbagai permasalahan yang muncul di tengah-tengah masyarakat, baik menyangkut masalah ibadah, aqidah, akhlaq, ekonomi, sosial, dan kesehatan dsb. Yang sering membutuhkan jawaban kepastian dari perspektif hukum. Berbagai masalah yang dibicarakan dalam ilmu ini biasanya sangat menarik, unik dan sekaligus problematik. Masail fiqhiyyah diorientasikan pada mengetahui jawaban dan mengetahui proses penyelesaian masalah melalui metodologi ilmiah, sistematis dan analitis. Dari perspektif fiqih penyelesaian masalah dikembalikan pada sumber pokok : al-Quran, al-Sunnah, Ijmak, Qiyas dan seterusnya, sehingga dihasilkan jawaban tetap berada dalam regulasi sebagaimana disebut di atas. Penetapan hukum fokus pada tiga aspek:1) memperbaiki pribadi manusia secara individu dan kolektif agar dapat menjadi sumber kebaikan bagi masyarakat, 2) aspek menegakkan keadilan dalam masyarakat Islam dan di luar Islam, 3) aspek kemaslahatan.
Mata kuliah ini merupakan instrumen penting untuk diberikan kepada mahasiswa Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam sebagai bekal untuk mengembangkan konsep dasar (embrio), dan dinamika hukum Islam.
Mampu memahami dan menjelaskan definisi Masail Fiqhiyyah
Mampu memahami metode kajian masail fiqhiyyah
Mampu memahami Cara-cara menentukan ketetapan masail fiqhiyyah
Mampu mengaplikasikan kajian fiqih dan problematika Aqidah serta Ibadah pada masa darurat (seperti masa PandemiCovid 19)
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa mampu memahami dan memiliki rasa tanggung jawab untuk melaksanakan tugas yang diberikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Penjelasan silabus, kontrak perkuliahan, pembagian tugas |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :5 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa mampu memahami konsep tentang masail fiqhiyyah |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Konsep Masail Fiqhiyyah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Definisi dan Pengertian, serta ruang lingkup masail fiqhiyyah |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Definisi dan Pengertian, serta ruang lingkup masail fiqhiyyah |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :40 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Metode ijtihad Rambu-rambu ijtihad |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Metode ijtihad Rambu-rambu ijtihad |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :20 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Cara menentukan ketetapan masail fiqhiyyah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Cara menentukan ketetapan masail fiqhiyyah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :19 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mampu mengaplikasikan kajian fiqih dan problematika Ibadah pada masa pandemi covid 19 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Ibadah dalam kondisi darurat pandemi covid 19 | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :24 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Memahami pro dan kontra implementasi protokol Kesehatan. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Kewajiban menjaga Kesehatan dan ikhtiyar keberlangsungan hidup | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :21 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Memberikan solusi terhadap Isu-isu HAM, Humanisme, dan Agama | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Landasan HAM, Humanisme, dan Agama | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | UTS Mahasiswa mampu memahami dan menjawab .... |
Mahasiswa mencermati, setiap soal dan menganalisisnya. | Topik inti, dan Substansi kajian pertemuan 1-8 | Penugasan Take Home, Open book | Menyimak, Mengamati, dan Menjawab soal | 2 x 45 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Memahami Qishos, dan Sistem Hukum nasional | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Definisi Qishos perspektif hukum Islam dan sistem hukum nasional | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mengaplikasikan kajian fiqih dan problematika tentang fiqih sosial dalam hukum pernikahan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Hukum pernikahan wanita yang sedang hamil dari Zina |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Pernikahan lintas agama | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pernikahan lintas agama | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Membedakan Fashion dan trend Fashion dalam perspektif Islam | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Fashion, dan Hukum menutup aurat | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mengamati Fenomena dakwah Virtual | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Fungsis Medsos dalam dakwah, | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mampu menjelaskan Islam dan NKRI Serta kajian kecintaan Tanah Air | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Kewajiban mempertahankan negara dan Kecintaan tanah air | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mampu menjelaskan Kesetaraan dan kodrat gender dalam Islam | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Gender dalam Perspektif Islam | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3pai9-Masail Fiqhiyah (2 SKS), Semester: 3 KELAS C, Dosen : Drs..KH. Abd. Hayyi Imam,M.Ag, Hari: Minggu, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon