| Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
| Jurusan | Ekonomi Syari`ah |
| Kode Matakuliah | x3eksy3 |
| Nama Matakuliah | Matematika Ekonomi / Mathematical Economics |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Fidya Arie Pratama, M.Pd |
| Peserta Perkuliahan | 2022.2.11.1.02024 - ALFIAN WIDIYANTO, 2022.2.11.1.02028 - ALSA FITRIA, 2022.2.11.1.02042 - ANUR HIKMAH, 2022.2.11.1.02052 - BASRI AL MAZDI, 2022.2.11.1.02053 - BILAL FERIAWAN, 2022.2.11.1.02054 - BIYAN, 2022.2.11.1.02061 - DEDE AYU RAHMAWATY, 2022.2.11.1.02068 - DICKY ARBIANTO, 2022.2.11.1.02072 - DWI MASTIAR ADITIA PRAMANA, 2022.2.11.1.02074 - EKA HERYANI, 2022.2.11.1.02084 - FARHAH LAILIYA, 2022.2.11.1.02085 - FARHAT SALEH AL JUFRI, 2022.2.11.1.02095 - FITRIYA, 2022.2.11.1.02099 - HAKAN SYUKUR, 2022.2.11.1.02118 - LENI SAFITRI, 2022.2.11.1.02120 - LISTIYA NISWATUN NU'UMAH, 2022.2.11.1.02126 - MARINI, 2022.2.11.1.02128 - MAYA ANGGRAENI, 2022.2.11.1.02129 - MELI, 2022.2.11.1.02131 - MELYANDINI, 2022.2.11.1.02134 - MILA IRANI, 2022.2.11.1.02156 - MUKHAMMAD GUFRON, 2022.2.11.1.02162 - NOFIANTI, 2022.2.11.1.02163 - NOVITA, 2022.2.11.1.02189 - SANDI NATAKUSUMA, 2022.2.11.1.02209 - SURIP, 2022.2.11.1.02231 - WINDANA WATI, 2022.2.11.1.02232 - WINSTIN OKTOVIYANA, 2022.2.11.1.02236 - YOGA PRATAMA, 2022.2.11.1.02244 - AHMAD KAUTSAR, 2022.2.11.1.02248 - KAMELIAWAN |
Ruang lingkup mata kuliah matematika ekonomi membahas tentang mengenai relasi dan fungsi, fungsi linear dan persamaan garis lurus serta aplikasinya dalam ekonomi ,fungsi tan–linear dan aplikasinya dalam ekonomi,limit suatu fungsi,hitung diferensial dan aplikasinya dalam ekonomi,dan hitung integral serta aplikasinya dalam ekonomi. Kaitannya dengan kompetensi lulusan Program Studi yang telah ditetapkan, mata kuliah ini mendukung kompetensi lulusan untuk dapat menerapkan matematika dalam ekonomi. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas, partisipasi, dan aktivitas kelas.
a. Mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep himpunan
b. Mahasiswa dapat memahami tentang himpunan bilangan, defenisi dari jenis-jenis bilangan dan menye-lesaikan pertidaksamaan
c. Mahasisiwa dapat memahami konsep fungsi secara umum
d. Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan pemahaman fungsi untuk menyelesaikan persoalan dalam bisnis dan ekonomi
e. Diharapkan mahasiswa dapat memahami bentuk dan konsep matriks serta determinan
f. Diharapkan mahasiswa dapat memahami penggunaan matriks dan determinan dalam Bisnis dan Ekonomi
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa diharapkan mampu memahami Konsep-konsep dasar Matematika, hubungan fungsional dan matriks, agar dapat dipergunakan untuk mencari penyelesaian masalah ekonomi yang ada. | Melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan pemahaman mahasiswa. Memberi latihan di e-campus. Memberi tugas kepada mahasiswa untuk dikerjakan di rumah. | Kontrak kuliah, silabus, rps, tugas dan sistem pembelajarans | Presentasi via online zoom Diskusi Pembahasan Interaktif Brainstorming Sumbang saran |
Mahasiswa Meyimak dan mencatat hasil presentasi dan diskusi | 2 x 50 menit | Unduh kontrak kuliah, silabus dan rps dalam e-campus | Josep Bintang Kalangi. Matematika Ekonomi dan Bisnis, edisi 3 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat, 2015 |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep himpunan | Mahasiswa mendengarkan pemaparan dosen dengan seksama terkait materi konsep himpunan secara garis besar. -Mahasiswa melakukan diskusi interaktif mengenai himpunan universal dan himpunan kosong, bagaimana cara menyajikan himpunan, dan berbagai sub pokok materi lainnya -Mahasiswa mengerjakan soal latihan yang diberikan dosen mengenai sub materi pokok himpunan. |
Himpunan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Unduh bahan ajar/materi Menyimak video pembelajaran Megerjakan tugas dan quis yang telah disediakan di e-campus |
||
| Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep permutasi dan kombinasi dan aplikasinya dalam bidang ekonomi dan bisnis. | -Mahasiswa mendengarkan pemaparan dosen dengan seksama terkait materi konsep permutasi dan kombinasi secara garis besar. -Mahasiswa melakukan diskusi interaktif mengenai kaidah permutasi dan kombinasi -Mahasiswa mengerjakan soal latihan yang diberikan dosen mengenai sub materi pokok permutasi dan kombinasi. |
Permutasi dan Kombinasi | Presentasi via online zoom Diskusi Pembahasan Interaktif Brainstorming Sumbang saran |
Presentasi dan Diksusi kelompok secara interaktif, mengerjakan tugas kelompok | 2 x 50 menit | Unduh bahan ajar/materi Menyimak video pembelajaran Megerjakan tugas dan quis yang telah disediakan di e-campus |
Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New York: Mc Graw-Hill,1984 |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :6 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep permutasi dan kombinasi dan aplikasinya dalam bidang ekonomi dan bisnis. | -Mahasiswa mendengarkan pemaparan dosen dengan seksama terkait materi konsep permutasi dan kombinasi secara garis besar. -Mahasiswa melakukan diskusi interaktif mengenai kaidah permutasi dan kombinasi -Mahasiswa mengerjakan soal latihan yang diberikan dosen mengenai sub materi pokok permutasi dan kombinasi. |
Permutasi dan Kombinasi | Presentasi, meyimak pemaparan materi, Diskusi Branstroming Sumbang saran Presentasi kelompok |
Teknik test :Quiz dan Tugas Kriteria/Indikator KKM 80 % Pembuatan makalan dengan materi Permutasian dan kombinasi untuk dikolektifkan menjadi buku ajar ber ISBN di akhir sesi perkuliahan |
2 x 50 menit | Presentasi dan Diksusi kelompok secara interaktif, mengerjakan tugas kelompok | Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New York: Mc Graw-Hill,1984 |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep deret | -Mahasiswa mendengarkan pemaparan dosen dengan seksama terkait materi konsep deret, deret hitung dan deret ukur beserta kaidahnya. -Mahasiswa melakukan diskusi interaktif mengenai materi deret hitung dan deret ukur. -Mahasiswa mengerjakan soal latihan yang diberikan dosen mengenai sub materi pokok deret dan studi kasus nya dalam bidang ekonomi. |
Deret | Presentasi via online zoom Diskusi Pembahasan Interaktif Brainstorming Sumbang saran |
Presentasi dan Diksusi kelompok secara interaktif, mengerjakan tugas kelompok | 2 x 50 menit | Teknik Non test: Tugas membuat peta konsep pada kolom tugas Pembuatan makalan dengan materi deret angka untuk dikolektifkan menjadi buku ajar ber ISBN di akhir sesi perkuliahan |
Dowling,Edward T. Intruduction Mathematical Economics. Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992 |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video :11 | ||||||||
| 6 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep deret | -Mahasiswa mendengarkan pemaparan dosen dengan seksama terkait materi konsep deret, deret hitung dan deret ukur beserta kaidahnya. -Mahasiswa melakukan diskusi interaktif mengenai materi deret hitung dan deret ukur. -Mahasiswa mengerjakan soal latihan yang diberikan dosen mengenai sub materi pokok deret dan studi kasus nya dalam bidang ekonomi. |
Deret | Presentasi, meyimak pemaparan materi, Diskusi Branstroming Sumbang saran Presentasi kelompok |
Presentasi dan Diksusi kelompok secara interaktif, mengerjakan tugas kelompok | 2 x 50 menit | Teknik Non test: Tugas membuat peta konsep pada kolom tugas Pembuatan makalan dengan materi deret angka untuk dikolektifkan menjadi buku ajar ber ISBN di akhir sesi perkuliahan |
Dowling,Edward T. Intruduction Mathematical Economics. Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992 |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Mahasiswa dapat mema-hami konsep fungsi secara umum dan konsep dari fungsi kuadrat | -Mahasiswa mendengarkan pemaparan dosen dengan seksama terkait materi konsep fungsi, jenis-jenis fungsi dan grafik dari tiap jenis fungsinya. -Mahasiswa melakukan diskusi interaktif mengenai materi fungsi. -Mahasiswa mengerjakan soal latihan yang diberikan dosen mengenai sub materi pokok fungsi dan studi kasus nya dalam bidang ekonomi. |
Fungsi | Presentasi via online zoom Diskusi Pembahasan Interaktif Brainstorming Sumbang saran |
Unduh bahan ajar/materi Menyimak video pembelajaran Megerjakan tugas dan quis yang telah disediakan di e-campus |
2 x 50 menit | Teknik test :Quiz dan Tugas Kriteria/Indikator KKM 80 % Pembuatan makalan dengan materi fungsi kuadrat untuk dikolektifkan menjadi buku ajar ber ISBN di akhir sesi perkuliahan |
5. Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi. Ed.Ke –4. Denpasar : Keraras E mas, 2003 |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | 8 : UTS | Ketepatan dalam mengerjakan soal ujian tengah semester via e-campus | Matei Pertemuan 1-7 | Mengerjakan soal UTS | Review Pertemuan 1-7 | 2 x 50 menit | Mengerjakan Soal PTS dengan Tepat | 5. Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi. Ed.Ke –4. Denpasar : Keraras E mas, 2003 |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa dapat memahami konsep dan bentuk fungsi linier serta penggunaanya dalam kasus ekonomi | -Mahasiswa mendengarkan pemaparan dosen dengan seksama terkait materi konsep fungsi linear, cara pembentukan fungsi linear, Metode untuk menentukan nilai variabel-variabel dari persamaan linier, Mencirikan dan menggambarkan bentuk fungsi permintaan dan penawaran dari suatu barang/ jasa dan menentukan titik keseimbangan. -Mahasiswa melakukan diskusi interaktif mengenai materi fungsi. -Mahasiswa mengerjakan soal latihan yang diberikan dosen mengenai sub materi pokok fungsi dan studi kasus nya dalam bidang ekonomi. |
Fungsi Linear | Unduh bahan ajar/materi Menyimak video pembelajaran Megerjakan tugas dan quis yang telah disediakan di e-campus |
2 x 50 menit | Teknik Non test: Tugas membuat peta konsep pada kolom tugas Pembuatan makalan dengan materi fungsi linier serta penggunaanya dalam kasus ekonomi untuk dikolektifkan menjadi buku ajar ber ISBN di akhir sesi perkuliahan |
||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Mahasiswa dapat memahami konsep dan bentuk fungsi linier serta penggunaanya dalam kasus ekonomi | -Mahasiswa mendengarkan pemaparan dosen dengan seksama terkait materi konsep fungsi linear, cara pembentukan fungsi linear, Metode untuk menentukan nilai variabel-variabel dari persamaan linier, Mencirikan dan menggambarkan bentuk fungsi permintaan dan penawaran dari suatu barang/ jasa dan menentukan titik keseimbangan. -Mahasiswa melakukan diskusi interaktif mengenai materi fungsi. -Mahasiswa mengerjakan soal latihan yang diberikan dosen mengenai sub materi pokok fungsi dan studi kasus nya dalam bidang ekonomi. |
Fungsi Linear | Unduh bahan ajar/materi Menyimak video pembelajaran Megerjakan tugas dan quis yang telah disediakan di e-campus |
2 x 50 menit | Teknik Non test: Tugas membuat peta konsep pada kolom tugas Pembuatan makalan dengan materi fungsi linier serta penggunaanya dalam kasus ekonomi untuk dikolektifkan menjadi buku ajar ber ISBN di akhir sesi perkuliahan |
5. Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi. Ed.Ke –4. Denpasar : Keraras E mas, 2003 | |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa dapat memahami konsep dan bentuk fungsi non linier serta penggunaanya dalam kasus ekonomi | -Mahasiswa mendengarkan pemaparan dosen dengan seksama terkait materi konsep fungsi non linear beserta sub bab fungsi non linearnya. -Mahasiswa melakukan diskusi di dalam kelas -Mahasiswa mengerjakan soal latihan yang diberikan dosen mengenai sub materi pokok fungsi non linear dan studi kasus nya dalam bidang ekonomi. |
Fungsi Non Linear | Unduh bahan ajar/materi Menyimak video pembelajaran Megerjakan tugas dan quis yang telah disediakan di e-campus |
2 x 50 menit | Teknik test :Quiz dan Tugas Kriteria/Indikator KKM 80 % Pembuatan makalan dengan materi fungsi non linier serta penggunaanya dalam kasus ekonomi untuk dikolektifkan menjadi buku ajar ber ISBN di akhir sesi perkuliahan |
5. Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi. Ed.Ke –4. Denpasar : Keraras E mas, 2003 | |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa dapat memahami konsep dan bentuk fungsi non linier serta penggunaanya dalam kasus ekonomi | -Mahasiswa mendengarkan pemaparan dosen dengan seksama terkait materi konsep fungsi non linear beserta sub bab fungsi non linearnya. -Mahasiswa melakukan diskusi di dalam kelas -Mahasiswa mengerjakan soal latihan yang diberikan dosen mengenai sub materi pokok fungsi non linear dan studi kasus nya dalam bidang ekonomi. |
Fungsi Non Linear | Unduh bahan ajar/materi Menyimak video pembelajaran Megerjakan tugas dan quis yang telah disediakan di e-campus |
2 x 50 menit | Teknik test :Quiz dan Tugas Kriteria/Indikator KKM 80 % Pembuatan makalan dengan materi fungsi non linier serta penggunaanya dalam kasus ekonomi untuk dikolektifkan menjadi buku ajar ber ISBN di akhir sesi perkuliahan |
5. Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi. Ed.Ke –4. Denpasar : Keraras E mas, 2003 | |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep diferensial dari fungsi sederhana | -Mahasiswa mendengarkan pemaparan dosen dengan seksama terkait materi konsep diferensial fungsi sederhana. -Mahasiswa melakukan diskusi di dalam kelas. -Mahasiswa mengerjakan soal latihan yang diberikan dosen . |
Diferensial Fungsi Sederhana | Unduh bahan ajar/materi Menyimak video pembelajaran Megerjakan tugas dan quis yang telah disediakan di e-campus |
2 x 50 menit | Teknik Non test: Tugas membuat peta konsep pada kolom tugas Pembuatan makalan dengan materi diferensial dari fungsi sederhana untuk dikolektifkan menjadi buku ajar ber ISBN di akhir sesi perkuliahan |
5. Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi. Ed.Ke –4. Denpasar : Keraras E mas, 2003 | |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep diferensial dari fungsi sederhana | -Mahasiswa mendengarkan pemaparan dosen dengan seksama terkait materi konsep diferensial fungsi sederhana. -Mahasiswa melakukan diskusi di dalam kelas. -Mahasiswa mengerjakan soal latihan yang diberikan dosen . |
Diferensial Fungsi Sederhana | Unduh bahan ajar/materi Menyimak video pembelajaran Megerjakan tugas dan quis yang telah disediakan di e-campus | 2 x 50 menit | Teknik Non test: Tugas membuat peta konsep pada kolom tugas Pembuatan makalan dengan materi diferensial dari fungsi sederhana untuk dikolektifkan menjadi buku ajar ber ISBN di akhir sesi perkuliahan | 5. Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi. Ed.Ke –4. Denpasar : Keraras E mas, 2003 | |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep diferensial dari fungsi sederhana | -Mahasiswa mendengarkan pemaparan dosen dengan seksama terkait materi konsep diferensial fungsi sederhana. -Mahasiswa melakukan diskusi di dalam kelas. -Mahasiswa mengerjakan soal latihan yang diberikan dosen . |
Diferensial Fungsi Sederhana | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Teknik Non test: Tugas membuat peta konsep pada kolom tugas Pembuatan makalan dengan materi diferensial dari fungsi sederhana untuk dikolektifkan menjadi buku ajar ber ISBN di akhir sesi perkuliahan | 5. Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi. Ed.Ke –4. Denpasar : Keraras E mas, 2003 | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | 16 : UAS | Mahasiswa mampu menjawab soal UAS dalam e campus | Materi Pertemuan 1-15 | Mengerjakan soal UAS | Review Pertemuan 1-15 | 2 x 50 menit | Mengerjakan Soal PAS dengan Tepat | 5. Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi. Ed.Ke –4. Denpasar : Keraras E mas, 2003 |
| Catatan Ujian :2 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3eksy3-Matematika Ekonomi / Mathematical Economics (2 SKS), Semester: 3 KELAS C, Dosen : Fidya Arie Pratama, M.Pd, Hari: Minggu, 11.00 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Ekonomi Syari`ah
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon