| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | x3pai7 |
| Nama Matakuliah | Desain Pengembangan Bahan Ajar / Design of Instructional Material Development |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Saehu Abas, M.Pd |
| Peserta Perkuliahan | 2022.1.25.1.03082 - AA FATURROHMAN, 2022.1.25.1.03085 - ABDUL HANAN, 2022.1.25.1.03087 - ABDUL MUHYI, 2022.1.25.1.03089 - ACHMAD ABDURROUF, 2022.1.25.1.03090 - ADE IRWANTO, 2022.1.25.1.03091 - AFIF MAULANA, 2022.1.25.1.03092 - AHMAD ALI, 2022.1.25.1.03093 - AHMAD ZUHAIR SYAFIQ, 2022.1.25.1.03099 - AMIN LUTHFI MARDHOTILLAH, 2022.1.25.1.03103 - ARUM RUMANATIS SA'ADAH, 2022.1.25.1.03112 - DINDA SYIFA DAHLIA, 2022.1.25.1.03116 - FAIDA KORIMAH, 2022.1.25.1.03121 - IBNU HAJAR, 2022.1.25.1.03123 - IIN MARYANAH, 2022.1.25.1.03128 - INDI MAULIDINA, 2022.1.25.1.03129 - INDRIYANI SAMBA PURWANTI, 2022.1.25.1.03133 - LUKMAN NURHAKIM, 2022.1.25.1.03134 - M.HAIKAL QOWI, 2022.1.25.1.03137 - MUH ARYAN RAJAB, 2022.1.25.1.03140 - MUHAMMAD AKILUN, 2022.1.25.1.03143 - MUHAMMAD FAIZAR KHADAFI, 2022.1.25.1.03148 - MUKHLISIN, 2022.1.25.1.03150 - NENTI AGUSTIN, 2022.1.25.1.03155 - NURUS SOBAH, 2022.1.25.1.03160 - REJA SANJAYA, 2022.1.25.1.03161 - RIFKI ARBI HANAFI, 2022.1.25.1.03170 - SITI NUR'AZIZAH, 2022.1.25.1.03172 - SITI ROFIATUDDAROJAH, 2022.1.25.1.03179 - VIKA AVNI VANIA SUHERMAN, 2022.1.25.1.03180 - VIKRIA, 2022.1.25.1.03183 - WILDAN MUBAROK, 2022.1.25.1.03186 - YUSTIASIH, 2022.1.25.1.03197 - FIRMANSYAH KHUMAEDY, 23S1PAI0083 - ALI MURTADLO |
Mata kuliah "Desain Pengembangan Bahan Ajar" adalah mata kuliah yang bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa tentang cara merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi bahan ajar yang efektif untuk proses pembelajaran. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini dapat mencakup konsep desain instruksional, prinsip-prinsip pembelajaran, strategi pengajaran, dan penggunaan teknologi dalam pengembangan bahan ajar. Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi pendidik yang efektif dalam merancang bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran yang baik dan bermakna;
1). Memiliki kemampuan dalam memahami prinsip-prinsip dasar dalam mengembangkan bahan ajar yang efektif. Termasuk pertimbangan tentang tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik, dan metode pembelajaran yang tepat;
2). Memiliki keterampilan dalam merancang bahan ajar yang relevan dengan materi pelajaran yang akan diajarkan. Melibatkan pemilihan konten yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa dan tujuan pembelajaran;
3). Memiliki keterampilan dalam merancang bahan ajar. Melibatkan penemuan cara-cara inovatif untuk menyajikan informasi dan memfasilitasi pembelajaran yang menarik;
4). Memiliki sikap baik tentang pertimbangan etik dalam pengembangan bahan ajar, seperti menghormati hak cipta, mempromosikan inklusivitas, dan menghindari konten yang merugikan atau diskriminatif;
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Introduction, Overview Materi; Pengantar Perkuliahan Pengembangan Bahan Ajar, Ruang Lingkup Kajian, dan Tujuan Kajian, serta Urgensi Kajian Pengembangan Bahan Ajar | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Persamaan Persepsi dan Kemufakatan Kontrak Perkuliahan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Nana, Pengembangan Bahan Ajar | |
| Catatan Ujian Diskusi :16 Materi :3 Sudut Pandang (Pengembangan Ba... Audio Video | ||||||||
| 2 | Peran Bahan Ajar dalam Pembelajaran | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kosasih, Pengembangan Bahan Ajar | |
| Catatan Ujian Diskusi :20 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 3 | Faktor dan Prosedur Pengembangan Bahan Ajar | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Muh. Fahrurrozi, Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoretis dan Praktik | |
| Catatan Ujian Diskusi :21 Materi Tidak ada tugas Audio Video :2 | ||||||||
| 4 | Pengembangan dan Pemanfaatan Media Cetak: Modul, Handout dan LKS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Proyek mind mapping (Sinkron virtual: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Dewi Utari, Handout Pengembanan Bahan Ajar Cetak | |
| Catatan Ujian Diskusi :27 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Pengembangan dan Pemanfaatan Media Cetak: Tampilan Visual dan Storyboard | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Nasruddin, Pengembangan Bahan Ajar | |
| Catatan Ujian Diskusi :25 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak: Transparansi, Audio dan Audio Transparansi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Quizzez On E-Campus (Asinkron virtual- independen) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Andi Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif | |
| Catatan Ujian Diskusi :27 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak: Program Video dan Bahan Ajar Berbantuan Komputer | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Tian Balawati, Pengembangan Bahan Ajar | |
| Catatan Ujian Diskusi :24 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Bahan Ajar Display dan Papan Display | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Review video pembelajaran (Sinkron virtual: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Dewanto, Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Liveworksheets | |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Evaluasi Bahan Ajar Cetak dan Bahan Ajar Noncetak | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Achmad Fanani, Bahan Ajar Digital Berbasis Multiaplikasi | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | 10 : UTS Activities | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan UTS (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan Megerjakan UTS (Sinkron virtual: daring online e-campus) | ||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ika Lestari, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Proyek Mendesain Bahan Ajar PAI (bahan ajar cetak) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Review jurnal ilmiah (Sinkron virtual: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Proyek Mendesain Bahan Ajar PAI (bahan ajar non cetak) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Proyek Mendesain Bahan Ajar PAI (bahan ajar display) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Quizzez On E-Campus (Asinkron virtual- independen) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Proyek Mendesain Bahan Ajar PAI (bahan ajar teknologi internet) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Proyek jurnal ilmiah (Sinkron learning: luring interactive learning), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | 16 : UAS Activities | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan UAS (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan Megerjakan UAS (Sinkron virtual: daring online e-campus) | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Produk Perkuliahan Berupa Baha... Proyek Jurnal Kolaborasi Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3pai7-Desain Pengembangan Bahan Ajar / Design of Instructional Material Development (2 SKS), Semester: 3 KELAS C, Dosen : Saehu Abas, M.Pd, Hari: Minggu, 11.00 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon