EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY (MPA) DALAM MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMKN 1 CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY (MPA) DALAM MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMKN 1 CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN |
Penulis:
|
LIA FAHRUNNISA QIBTIYAH
|
Abstrak:
|
LIA FAHRUNNISA QIBTIYAH. NIM. 20141701994 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY (MPA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN Skripsi ini membahas efektivitas model pembelajaran Market Place Activity(MPA) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK 1 Cilimus Kuningan Tahunn Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatar belakangi oleh guru sendiri yang aktif sedangkan siswa tidak didorong atau tidak diberi kesempatan untuk beraktivitas. Arti penting dari keaktifan siswa untuk mendukung keberhasilannya dalam kegiatan belajar itulah yang menjadi dasar diterapkannya pendekatan Active Learning dalam pembelajaran. Pendekatan ini diasumsikan pada prinsip-prinsip pembelajaran hanya bisa terjadi jika siswa terlibat secara aktif, setiap siswa memiliki potensi untuk bisa dikembangkan, dan peran guru lebih sebagai fasilitator pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasilpembelajaransiswapadamatapelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMKN 1 CilimusKabupatenKuningandenganmenggunakan model pembelajaranMarket Place Activitypadamatapelajaran PAI dan Budi Pekertitahunpelajaran 2018/2019. Metodepenelitian yang digunakanadalahmetodepenelitiankuantitatif, danrancangan yang digunakanadalahthe pretest-posttest control group design.Subyekpenelitianyaitukelaseksperimen yang di beriperlakuandengan model pembelajaranMarket Place Activity (MPA) dankelas control dengan model pembelajaranbiasadilakukan, denganjumlahsiswa 58 siswa. Teknikpengumpulan data yang dipakaiberupatesobyektif. Berdasarkanhasilpengolahan data rata-rata hasilbelajarsiswaterdapatperbedaanyang sangatsigifikan, halinidapatdilihatdarihasilperhitungandenganmenggunakanuji t dimanadiperolehthitung>ttabeldanberdasarkan rata-rata tesakhirmencapainilai rata-rata 66,14 - 81,40dantesawalmencapainilai rata-rata 50,35 – 59,33, makahipotesispenelitian (H1) diterimadanhipotesisnol (H0) ditolak. Hal inimenunjukanbahwakelassiswa yang menggunakan model pembelajaranMarket Place Activity (MPA) lebihbaikhasilbelajarnyadibandingkandengankelassiswa yang menggunakan model pembelajaranbiasa.Adanyapeningkatanprestasiiniditentukanolehbanyak factor yang mendukung di dalampenerapan model pembelajarandiantaranyakesiapanmengajardalammelaksanakan KBM dankemampuanmemotivasisiswa agar lebihaktifsecaraindividumaupunkelompok. Kesimpulandaripenelitiiniadalahpenggunaan model pembelajaranMarket Place Activity (MPA) lebihefektifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Lia Fahrunnisa
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQOe13Yx%2Ffdiqiyyw%2FMPooGBFLUlWjuKRWFMr8xFB2U6d9YNvcgmOHiJng7KBWavP8FrtFCfkdG6fSqHwCaAXYLa6JLHZZoxRAQoVePtumBdHRTVoCZkmGcYh9dd7B%2BN%2BSg9dZ%2FFEbRcJBx1YqS%2BduVG4zz1gmXp79Y%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap