| Fakultas | Dakwah dan Komunikasi Islam |
| Jurusan | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Kode Matakuliah | x3kpi7 |
| Nama Matakuliah | History of Preaching and Islamic Civilization / History of Preaching and Islamic Civilization |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Ahmad Royani, M.Si |
| Peserta Perkuliahan | 2022.6.7.1.00297 - ABDUL HARIS AL HASAN, 2022.6.7.1.00301 - AHMAD SYIFA, 2022.6.7.1.00303 - ANANDA IMAM SYAFII, 2022.6.7.1.00305 - ARINI MILLATI, 2022.6.7.1.00308 - FAHIM RIDLO, 2022.6.7.1.00313 - GERI FITYANTO PUTRA, 2022.6.7.1.00314 - GINA KHAIRUNISA, 2022.6.7.1.00317 - IFAN NURCHOLIS, 2022.6.7.1.00320 - LUKMAN GUNAWAN, 2022.6.7.1.00323 - MOCHAMAD HARIS SUNDAPA, 2022.6.7.1.00325 - MUHAMAD DEDI WIJAYA, 2022.6.7.1.00328 - MUHAMMAD CANDRA FEBI SUMARNA, 2022.6.7.1.00331 - MUTHIA OKTAVIANIE BACHRIE, 2022.6.7.1.00332 - NASYA KAMILA, 2022.6.7.1.00336 - NURSAHID, 2022.6.7.1.00338 - PUJI AGUSTINA, 2022.6.7.1.00339 - RIFDATUL MUNAWAROH, 2022.6.7.1.00341 - ROIHAN AZIZY, 2022.6.7.1.00344 - SANDI PRATAMA, 2022.6.7.1.00347 - SRI WAHYUNINGSIH, 2022.6.7.1.00350 - SURYA ARIFIN, 2022.6.7.1.00352 - SYAMSUL MUBAROK, 2022.6.7.1.00353 - TIMBAR JAYA KUSUMA, 2022.6.7.1.00357 - YAYAN FITRIYANI |
Sebagai agama yang besar, perkembangan Islam tidak bisa dilepaskan dari sejarah yang mewarnainya, pasang surut perkembangan Islam di belahan dunia secara tidak langsung membawa implikasi bagi performa Islam yang semakin kaya dan luas, baik dari segi pemikiran, ilmu pengetahuan maupun perdabannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan berkembangnya sejumlah disiplin ilmu yang dihasilkan oleh para cendikiawan muslim dan peninggalan sejumlah artefak seni yang sarat dengan nilai budaya Islam. pemahaman dan pengkajian terhadap sejarah peradaban Islam ini menjadi sangat penting untuk dipelajari. Dari pembelajaran mata kuliah ini diharapkan : (1) Mahasiswa memiliki pemahaman yang holistik mengenai perkembangan Islam dari masa ke masa, ini sangat terkait dengan dinamika zaman yang menyertainya; (2) Mahasiswa diharapkan memiliki kearifan yang komprehensif dengan mempelajari masa lalu agar mampu memproyeksikan diri sebagai pelaku dalam menata kehidupannya di masa depan.
1. Memiliki kemampuan dalam memahami dinamika perkembangan Islam baik sebagai agama maupun sebagai sumber nilai yang diadaptasi dalam sejarah kehidupan manusia dari masa ke masa
2. Memiliki kemampuan dan kesadaran secara holistik sebagai pelaku sejarah dari perkembangan dan dinamika Islam dalam menata dan memproyeksikan diri di masa depan sesuai dengan ajaran-ajaran Islam
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Introduction; Orientasi matakuliah, ruanglingkup kajian, kontrak perkuliahan | Mahasiswa dapat memahami manfaat dan tujuan mata kuliah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Pengertian dan Ruang lingkup Sejarah Peradaban Islam | Mahasiswa mampu memahami Pengertian dan Ruang lingkup Sejarah Peradaban Islam secara komprehensif | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Sejarah Peradaban Masyarakat Arab Pra Islam | Mahasiswa mampu memahami Peradaban Masyarakat Arab Pra Islam |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Sejarah Perkembangan Islam pada Masa Rasulullah | Sejarah Perkembangan Islam pada Masa Rasulullah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Sejarah Perkembangan Islam pada Masa Khulafa ar Rasyidin | Mahasiswa mampu memahami Perkembangan Islam pada Masa Khulafa ar Rasyidin |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Sejarah Perkembangan Islam pada Masa Bani Umayah | Mahasiswa mampu memahami Perkembangan Islam pada Masa Bani Umayah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Sejarah Perkembangan Islam pada Masa Bani Abasiah | Mahasiswa mampu memahami Perkembangan Islam pada Masa Bani Abasiah secara kritis dan komprehensif |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Dinasti-dinasti kecil di Baghdad | Mahasiswa mampu memahami Perkembangan Islam pada Masa Dinasti Baghdad secara kritis dan komprehensif |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Islam di Andalusia (Sepanyol) | Mahasiswa dapat memahami Perkembangan Islam di Andalusia (Sepanyol) secara kritis dan komprehensif |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | UTS | Mengerjakar soal ujian | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Sejarah Perkembangan Islam di Asia |
Mahasiswa dapat memahami Perkembangan Islam di Asia secara kritis dan komprehensif |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Perkembangan Islam di Indonesia | Mahasiswa dapat memahami Perkembangan Islam di Indonesia secara krisi dan komprehensif |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Perkembangan Islam di Barat | Mahasiswa dapat memahami Perkembangan Islam di Barat secara krisi dan komprehensif |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Hubungan Islam dengan Dunia Barat | Mahasiswa dapat memahami Hubungan Islam dengan Dunia Barat secara kritis dan komprehensif | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Gerakan Pemurnian Islam di Dunia | Mahasiswa memahami Gerakan Pemurnian Islam di Dunia secara kritis dan komprehensif | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Islam dan Perkembangan Sistem Kekhalifahan | Mahasiswa memahami Islam dan Perkembangan Sistem Kekhalifahan secara kritis dan komprehensif | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Sejarah Perkembangan Islam pada Masa Rasulullah | Sejarah Perkembangan Islam pada Masa Rasulullah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3kpi7-History of Preaching and Islamic Civilization / History of Preaching and Islamic Civilization (2 SKS), Semester: 3 KELAS B, Dosen : Ahmad Royani, M.Si, Hari: Minggu, 09.15 s.d 10.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Komunikasi dan Penyiaran Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon