| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | xypai6 |
| Nama Matakuliah | Penulisan Akademik Digital / Digital Academic Writing |
| Semester | 1 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Saehu Abas, M.Pd |
| Peserta Perkuliahan | 23S1BKPI0057 - ALDI PRASETIYO, 23S1PAI0004 - MEYLINDA KHUSNAN APRILIA, 23S1PAI0007 - ZAMACH SYARI, 23S1PAI0014 - DIAH SITI RODYAH, 23S1PAI0015 - ZUHAEROH, 23S1PAI0016 - M. FARIS KUMAR, 23S1PAI0021 - NUR ATFFATUN, 23S1PAI0023 - SOHIBUL BARKAH, 23S1PAI0026 - ATIN PRIATIN MUNAWAROH, 23S1PAI0029 - AOULIA, 23S1PAI0031 - APRIYANIN, 23S1PAI0036 - PUNJUNG, 23S1PAI0058 - BELLA AYU ANJANI, 23S1PAI0059 - ALFIYAH PRAFITRI, 23S1PAI0060 - MAHER RIZKY, 23S1PAI0065 - FUDAILAH ALFAIN, 23S1PAI0067 - ABDUL YAMIN, 23S1PAI0068 - AMAR IBNU YASIR, 23S1PAI0072 - ULIN NUHA, 23S1PAI0073 - SITI KOMARIAH, 23S1PAI0074 - MOHAMMAD WAKHYUDI, 23S1PAI0076 - AHMAD SYIFAUDIN, 23S1PAI0084 - SINTA NURIAH, 23S1PAI0112 - WAFIEL IZZY, 23S1PAI0114 - ANA ROHMATUL WAFIROH, 23S1PAI0118 - RITA FEBIYANTI, 23S1PAI0119 - AJENG WUNDARI, 23S1PAI0120 - GHANI ALI FAUZI, 23S1PAI0121 - WILDAN SUARDI, 23S1PAI0122 - PATRIZIO SANNA, 23S1PAI0123 - CICIH SARINENGSIH, 23S1PGMI0015 - WIDIYA FATIMATUZZAHRO, 23S1PIAUD0004 - RESA INEUKEU KUSUMAHWATI |
Mata kuliah "Digital Academic Writing" merupakan ruang kajian yang dirancang untuk mengajarkan keterampilan menulis akademik dalam konteks digital dan teknologi informasi. Mata kuliah ini fokus pada pengembangan kemampuan mahasiswa untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas tinggi, mengikuti norma-norma akademik, dan menggunakan berbagai alat dan teknologi digital untuk mendukung proses penulisan mereka. Melalui pembelajaran kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan menulisnya secara mandiri maupun kolaborasi melalui pendekatan proses-genre dengan memanfaatkan keterampilan literasi digital dan teknologi yang mendukung penulisan;
1) Memiliki kemampuan dalam menulis dengan baik, benar dan efektif dalam konteks akademik;
2) Memiliki kemampuan dalam memahami konsep-konsep dasar penelitian dan analisis yang relevan dengan penulisan akademik;
3) Memiliki kemampuan dalam memahami etika dan tata cara penulisan akademik dalam era digital;
4) Mengembangkan keterampilan menulis akademik dalam konteks digital dan teknologi informasi;
5) Mengembangkan keterampilan dalam menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi penulisan;
6) Memiliki kemampuan dalam menjelajahi literasi jurnal bereputasi internasinal dan nasional dalam bentuk akses scopus, sinta, dan google scholar;
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Introduction, Overview Materi; Pengantar Perkuliahan Digital Academic Writing, Ruang Lingkup Kajian, dan Tujuan Kajian, serta Urgensi Kajian Digital Academic Writing | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Persamaan Persepsi dan Kemufakatan Kontrak Perkuliahan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ameilia Zuliyanti Siregar dan Nurliana Harahap, Strategi dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi | |
| Catatan Ujian Diskusi :19 Materi :3 Tidak ada tugas Sudut Pandang (Digital Academi... Audio Video | ||||||||
| 2 | Pemahaman Menulis Akademik | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ida Samidah, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah | |
| Catatan Ujian Diskusi :17 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Penelitian Online | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Fajar Djunaedi, Menulis Kreatif: Panduan Penulisan Ilmiah | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Penggunaan Sitasi dan Referensi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Proyek mind mapping (Sinkron virtual: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Dyah Lyesmaya, Strategi Menulis Karya Ilmiah Berbantu Teknologi untuk Pemula | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Penulisan Esai Akademik | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Muhammad Arifin, Microsoft Word dan Excel untuk Penulisan Karya Ilmiah | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Penulisan Laporan Penelitian | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Quizzez On E-Campus (Asinkron virtual- independen) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Saeful Anam, Easy to Use Mendeley: Cara Mudah Menggunakan Mendeley dalam Penulisan Karya Ilmiah | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :2 | ||||||||
| 7 | Penulisan Artikel Ilmiah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Saeful Anam, Easy to Use Mendeley: Cara Mudah Menggunakan Mendeley dalam Penulisan Karya Ilmiah | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | 8 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan UTS (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan Mengerjakan UTS (Sinkron virtual: daring online e-campus) | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Penulisan Proposal Penelitian | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Review video pembelajaran (Sinkron virtual: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Dyah Lyesmaya, Strategi Menulis Karya Ilmiah Berbantu Teknologi untuk Pemula | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Presentasi Akademik Digital | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Dyah Lyesmaya, Strategi Menulis Karya Ilmiah Berbantu Teknologi untuk Pemula | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Etika Akademik dalam Menulis Digital | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Muhammad Arifin, Microsoft Word dan Excel untuk Penulisan Karya Ilmiah | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Penggunaan Alat Bantu Penulisan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Review jurnal ilmiah (Sinkron virtual: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Syihaabul Huda, Modul: Pemanfaatan Teknologi dalam Penulisan Ilmiah | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Publikasi dan Berbagi Penelitian | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Syihaabul Huda, Modul: Pemanfaatan Teknologi dalam Penulisan Ilmiah | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Penggunaan Media dan Grafik | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Quizzez On E-Campus (Asinkron virtual- independen) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Syihaabul Huda, Modul: Pemanfaatan Teknologi dalam Penulisan Ilmiah | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Review dan Edit Naskah Digital | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Proyek jurnal ilmiah (Sinkron learning: luring interactive learning), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Soleh Hasan Wahid, A Tool Kit for Penulisan Karya Ilmiah Plus Analisis Data | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | 16 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan UAS (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan Mengerjakan UAS (Sinkron virtual: daring online e-campus) | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: xypai6-Penulisan Akademik Digital / Digital Academic Writing (2 SKS), Semester: 1 KELAS B, Dosen : Saehu Abas, M.Pd, Hari: Minggu, 08.00 s.d 09.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon