Metodologi Riset / Research Metholodogy (2 SKS) 5 KELAS C M. SAUKI, MA., M.Ag., Minggu, 08.00 s.d 09.15

Publikasi Unusia

Metodologi Riset / Research Metholodogy (2 SKS) 5 KELAS C M. SAUKI, MA., M.Ag., Minggu, 08.00 s.d 09.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Kode Matakuliah x5pai9
Nama Matakuliah Metodologi Riset / Research Metholodogy
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan M. SAUKI, MA., M.Ag.
Peserta Perkuliahan 2021.1.24.1.02949 - AGUS WISNU HIDAYAT,
2021.1.24.1.02956 - ALIN ANDARINI,
2021.1.24.1.02963 - ARIF FAHMI,
2021.1.24.1.02967 - DEDE SITI ASIYAH,
2021.1.24.1.02974 - GUNTORO,
2021.1.24.1.02975 - HAIKAL IQBAL FADHIL,
2021.1.24.1.02980 - IMAS MASRIYAH,
2021.1.24.1.02992 - LIA AMELIA,
2021.1.24.1.02997 - MARIAH ULFAH SYIFA FAUZIAH,
2021.1.24.1.03001 - MOHAMAD RAVID ZAHRAN,
2021.1.24.1.03003 - MUHAMAD HUSAERI,
2021.1.24.1.03013 - NAJDATUL IZZAH,
2021.1.24.1.03014 - NANANG SUGIYANTO,
2021.1.24.1.03021 - OPI SETIAWAN,
2021.1.24.1.03022 - PUTRI ANANDA,
2021.1.24.1.03038 - SUHENDI,
2022.1.25.3.03081 - IIS SITI ARISKA

2. Deskripsi Pembelajaran

Oreintasi dari matakuliah metodologi penelitian ini yaitu; ditekankan pada kemampuan mahasiswa untuk memahami Pengertian, paradigma dan ciri penelitian dengan pendekatan kualitatif, pendekatan kuantitatif, dan ; Proses penelitian dengan menjabarkan langkah-langkah penelitian, teknik pengumpulan data hingga latihan-latihan membuat pedoman observasi dan wawancara; Cara melakukan analisis data, pemaknaaan atau intepretasi hingga pada latihan menyusun sebuah laporan penelitian sebagai bekal dalam menyusun sebuah proposal untuk tugas akhir skripsinya.

3. Capaian / Kompetensi

1. Mahasiswa mampu menangkap fenomena sosial secara umum dalam kehidupan sehari-hari dengan perspektif ilmiah,
2. Mahasiswa mampu menganalisa dan membedakan perspektif riset kuantitatif-kualitatif.
3. Mahasiswa mampu merancang desain penelitian

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 1. Mampu memahami sistem perkuliahan, sistem penilaian, dan tata tertib kuliah di era Digital
2. Mengetahui maksud dan tujuan perkuliahan di era Digital
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pengertian, asal-usul, macam-macam, unsur, tujuan dan fungsi Metodeologi penelitian Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta. v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit K• Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
• Quis
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
2 memahami Pola berpikir ilmiah / non ilmiah,
Hakikat, tujuan dan fungsi penelitian,
Penelitian dan ilmu pengetahuan
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikanMahasiswa mampu Ciri-ciri penelitian ilmiah, hakekat, tujuan dan fungsi penelitian dan Ilmu pengetahuan Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
• Quis
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
3 memahami Teori, konsep, variabel, paradigma, dan pedekatan dalam penelitian Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Teori, konsep, variabel, paradigma, dan pedekatan dalam penelitian Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
• Quis
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
4 Teori, konsep, variabel, paradigma, dan pedekatan dalam penelitian Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Teori, konsep, variabel, paradigma, dan pedekatan dalam penelitian Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
• Quis
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
5 Macam-macam penelitian Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Macam-macam penelitian Choosing Among Five Tradition., London: Sage Publications.
Creswell, John W., (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, New Jersey: Pearson Education, Inc.
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
• Quis
Choosing Among Five Tradition., London: Sage Publications.
Creswell, John W., (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, New Jersey: Pearson Education, Inc.
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video :1
6 Metode penelitian Kualitatif Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Metode penelitian Kualitatif Creswell, John W., (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition., London: Sage Publications.
Creswell, John W., (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, New Jersey: Pearson Education, Inc.
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan online)
v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
• Quis
Creswell, John W., (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition., London: Sage Publications.
Creswell, John W., (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, New Jersey: Pearson Education, Inc.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
7 Metode penelitian Kuantitatif, Metode Penelitian Nash Al Qur’an dan Hadits Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Metode penelitian Kuantitatif, Metode Penelitian Nash Al Qur’an dan Hadits Creswell, John W., (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition., London: Sage Publications.
Creswell, John W., (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, New Jersey: Pearson Education, Inc
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan online)
v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
• Quis
Creswell, John W., (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition., London: Sage Publications.
Creswell, John W., (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, New Jersey: Pearson Education, Inc
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video :1
8 Struktur dan Sistematika penelitian Ilmiah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Struktur dan Sistematika penelitian Ilmiah erlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker).
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998.
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan online)
v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
• Quis
erlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker).
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
9 Perumusan Masalah, Tujuan dan Kegunaan Penelitian Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Perumusan Masalah, Tujuan dan Kegunaan Penelitian Kerlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker).
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya).
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan online)
v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
• Quis
Kerlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker).
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya).
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
10 10 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 menyusun Kerangka pikir dan hipotesis
Kajian Literatur dan Studi Pustaka
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan menyusun Kerangka pikir dan hipotesis
Kajian Literatur dan Studi Pustaka
erlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker).
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998.
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan online)
v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
• Quis
erlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker).
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Teknik Pengumpulan data
Penentuan Populasi dan Sampel
Pengolahan dan Analisis Data
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Teknik Pengumpulan data
Penentuan Populasi dan Sampel
Pengolahan dan Analisis Data
Kerlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker).
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998.
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan Online)
v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
• Quis
Kerlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker).
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Penarikan Kesimpulan
Salan dan Rekomendasi Penelitian
Teknik Penulisan, Pengutipan dan Pembuatan Laporan
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Penarikan Kesimpulan
Salan dan Rekomendasi Penelitian
Teknik Penulisan, Pengutipan dan Pembuatan Laporan
Kerlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker).
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998.
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan Online)
v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
• Quis
Kerlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker).
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Prektek Pembuatan Proposal Skripsi I Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pembuatan Proposal Penelitian Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit pembuatan proposal skripsi
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 20 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Prektek Pembuatan Proposal Skripsi IV Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pembuatan Proposal Skripsi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
17 Prektek Pembuatan Proposal Skripsi V Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pembuatan Proposal Skripsi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
18 Prektek Pembuatan Proposal Skripsi VI Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pembuatan Proposal Skripsi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
19 20 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    Berita

    Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pai9-Metodologi Riset / Research Metholodogy (2 SKS), Semester: 5 KELAS C, Dosen : M. SAUKI, MA., M.Ag., Hari: Minggu, 08.00 s.d 09.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS