PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI IPS DI MA NURUL HUDA BERINGIN

Publikasi Unusia

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI IPS DI MA NURUL HUDA BERINGIN

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI IPS DI MA NURUL HUDA BERINGIN
Penulis: ELIS KOMARIYAH
Abstrak: ELIS KOMARIYAH, NIM: 2014.1.7.01884, “Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI IPS di MA Nurul Huda Beringin”. Permasalahan yang sering dijumpai dalam pembelajaran, khususnya agama Islam adalah kurangnya perhatian pendidik agama terhadap penggunaan metode mengajar, umumnya pendidik hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga menimbulkan kejenuhan terhadap peserta didik yang pada akhirnya peserta didik tidak memperhatikan penjelasan pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta memperoleh data tentang penerapan metode pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Fikih, sehingga memperoleh data tentang hasil belajar siswa serta untuk memperoleh data tentang pengaruh penggunaan metode pembelajaran Inkuiri dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MA Nurul Huda Beringin. Metode adalah cara untuk menyampaikan sesuatu materi pelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Diantara sekian banyak metode pembelajaran, diantaranya adalah metode Inkuiri. Metode Inkuiri adalah cara penyampaian materi dengan melibatkan siswa melakukan sesuatu kegiatan belajar dengan cara bekerja sama dengan siswa lain untuk mencapai tujuan bersama. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah penentuan populasi, sampel, sumber data, teknik pengumpulan data berupa angket. Kemudian data terkumpul dianalisis dengan rumus regresi linier sederhana, kemudian dibuat kesimpulan. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPS di MA Nurul Huda Beringin yang berjumlah 23 siswa dan sampel diambil sesuai populasi yang dianggap mampu mewakili kelas lain. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan adalah pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa menunjukan hasil analisis bahwa nilai t hitung > t table (4,207 > 0,3494). Dengan kata lain, bahwa ada pengaruh secara signifikan antara metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa Kata Kunci : Metode pembelajaran inkuiri, Hasil Belajar Siswa
Deskripsi: Kata Kunci : 1122 Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/400
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273975310_cover skripsi.pdf 112.4Kb application/pdf Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI IPS DI MA NURUL HUDA BERINGIN

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya