| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | x3piaud6 |
| Nama Matakuliah | Ayat dan Hadits Tarbawi / Tarbawi Verses and Hadith |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Ahmad A. Khozim, M.A., M.Pd |
| Peserta Perkuliahan | 2022.4.10.1.01467 - AINUN ZAHWA, 2022.4.10.1.01468 - AKTUALIKA PARADIGMA MUHAMMAD, 2022.4.10.1.01472 - ANI SUPRATINI, 2022.4.10.1.01473 - ANNISA NUR BADRIAH, 2022.4.10.1.01474 - ARIEF MULYANA, 2022.4.10.1.01477 - AYU MIFTAHUL JANAH, 2022.4.10.1.01478 - BAYINAH, 2022.4.10.1.01480 - BHULAN PHUSVITA, 2022.4.10.1.01484 - DEWI SANGGANI AMBARWATI, 2022.4.10.1.01485 - DEWI AYU MAHMUDA, 2022.4.10.1.01488 - ENDANG SUPRIYATIN, 2022.4.10.1.01489 - ENI NURAENI, 2022.4.10.1.01493 - GITA MELINA, 2022.4.10.1.01495 - HALIMATUSSA'DIYAH, 2022.4.10.1.01496 - HILDA NUR AULIA, 2022.4.10.1.01498 - IDA ROYANI, 2022.4.10.1.01507 - KORIAH, 2022.4.10.1.01510 - LILI AMALIAH, 2022.4.10.1.01511 - LILIS INDRIANI, 2022.4.10.1.01515 - MUALIFAH, 2022.4.10.1.01517 - NANDITA SALMA AWWALIN, 2022.4.10.1.01518 - NIA KURNIA NINGSIH, 2022.4.10.1.01519 - NIKA AMALIA, 2022.4.10.1.01520 - NOVIYANTI, 2022.4.10.1.01523 - NUR SOBAH, 2022.4.10.1.01526 - NURMAYA SARI, 2022.4.10.1.01527 - NURSYFA PUTRI AZ ZAHRA, 2022.4.10.1.01528 - PARHATU SOLIHAH, 2022.4.10.1.01529 - RATNAWATI, 2022.4.10.1.01530 - RIANITA, 2022.4.10.1.01531 - RIFA DWI AYUNI AZZAHRA, 2022.4.10.1.01532 - RINA WAHYU CAHYA NINGSIH, 2022.4.10.1.01534 - ROHMATUL FATIMAH, 2022.4.10.1.01539 - SINTA DEWI ARDIYANI, 2022.4.10.1.01547 - SRI KOMALASARI, 2022.4.10.1.01551 - SYMA DUTA FAUZIAH, 2022.4.10.1.01555 - YUYUN YUNENGSIH, 2022.4.10.1.01556 - ZAKIYAH, 2022.4.10.1.01557 - ZUSLINA CANDRA PUTRI, 2022.4.10.1.01559 - NURAENI |
hadist yang merupakan sumber hukum kedua setelah alquran memiliki arti dan fungsi sangat besar bagi umat islam.
Salah stu fungsi utamanya di antara nya adalah bahwa hadist menjadi tafsir (penjelas) terhadap hal-hal yang tidak di rinci secara detail oleh alquram, Faktor kecuali dalam hal yang terkait dengan masalah pendidikan dalam perspektif inilah pembelajaran hadist tarbawi. Di orientasikan pada pemahaman dan pendalaman terhadap apa yang menjadi basik kopetensi mahasiswa di fakultas tarbiyah atau pendidikan tentang seluk beluk pendidikan bedasarkan hadist-hadist nabi penyesuaian terhadap dali-dalil tentang pendidikan yang bersumber dari hadist-hadist nabi Muhamad SAW.
1. Memahami dan mengetahui hadist-hadist yang berhubungan dengan pendidikan.
2. Mampu menganalisa hadist-hadist nabi yang berhubungan dengan pendidikan sesuai dengan kontek keislaman.
3. Dapat menerapkan hadist-hadist pendidikan kelak ketika terjun di dunia pendidikan
4. Mampu menghapal sebagian hadist nabi yang berhubungan dengan pendidikan
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | TATA TERTIB DAN KONTRAK PEMBELAJARAN | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mampu memahami pengertian, tujuan, dan karakteristik Pendidikan islam bedasarkan hadist | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mampu memahami dan menerapkan dasar filosofi pendidikan islam bedasarkan hadist | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Mampu memahami keutamaan menuntut ilmu bedasarkan hadist | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mampu memahami pentingnya guru sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan islam | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mampu memahami pentingnya guru sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan islam | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Mampu memahami kedudukan peserta didik dalam pendidikan islam | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | UTS | UTS | UTS | 2 x 50 menit | UTS | |||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mampu memahami dan mengetahui media pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | mampu memahami dan mengetahui tentang metode pendidikan islam | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | mampu memahami dan mengetahui tentang metode pendidikan islam | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mampu memahami dan mengetahui tentang pengertian kurikulum,fungsi dan arahnya | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Memahami pengertian evaluasi dan fungsinya dalam pendidikan islam | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mampu memahami pentingnya pendidikan anak usia dini dalam pendidikan islam dan pentingnya pembentukan nilai-nilai pendidikan agama dalam lingkungan keluarga | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mampu memahami pentingnya pendidikan anak usia dini dalam pendidikan islam dan pentingnya pembentukan nilai-nilai pendidikan agama dalam lingkungan keluarga | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | UAS | UAS | UAS | 2 x 50 menit | UAS | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3piaud6-Ayat dan Hadits Tarbawi / Tarbawi Verses and Hadith (2 SKS), Semester: 3 KELAS C, Dosen : Ahmad A. Khozim, M.A., M.Pd, Hari: Sabtu, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon