| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
| Kode Matakuliah | x3bkpi3 |
| Nama Matakuliah | Bimbingan dan Konseling Karir / Career Guidance and Counseling |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Hara Permana, M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 2022.9.6.1.00302 - A HASBY ASSHIDDIEQY, 2022.9.6.1.00314 - APRIYATI, 2022.9.6.1.00324 - FADIYAH PUTRI NUR HABIBAH, 2022.9.6.1.00329 - FAUZIYATUL 'ALIYYAH, 2022.9.6.1.00333 - GAMA PERMANA, 2022.9.6.1.00338 - HANIFAH WIDAGDO, 2022.9.6.1.00344 - INDRI, 2022.9.6.1.00345 - KHAERUDIN, 2022.9.6.1.00347 - KHODIJAH, 2022.9.6.1.00349 - LIE MAULIDIYAH, 2022.9.6.1.00350 - LISMAWATI, 2022.9.6.1.00355 - MOCHAMMAD WILDAN AL AZIIZ, 2022.9.6.1.00359 - NABILAA FAIZATUZ ZUHRIYAH, 2022.9.6.1.00361 - NAILUL MAROM, 2022.9.6.1.00362 - NINA SITI MARLINA, 2022.9.6.1.00364 - NURAENI, 2022.9.6.1.00365 - NURROHMAN, 2022.9.6.1.00366 - NURUL FITRIYANAH, 2022.9.6.1.00367 - NURWAHIDA FAJRIYATI, 2022.9.6.1.00370 - RAHMI MUTIARA AZZURY, 2022.9.6.1.00371 - RIFA FAKHRIYAH, 2022.9.6.1.00372 - RIJKI WILDANI, 2022.9.6.1.00376 - SAEPI, 2022.9.6.1.00382 - SITI NURHASANAH, 2022.9.6.1.00384 - UMUL QURO, 2022.9.6.1.00385 - WANTI, 2022.9.6.1.00397 - RENA WIDIA LESTARI |
Mata kuliah ini merupakan salah satu komponen penunjang dalam membekali mahasiswa dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling karir. Mata kuliah ini lebih diarahkan untuk mengaplikasikan teori karir sebagai konselor sekolah dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling karir. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami teori karir dan layanan bimbingan karir dan konseling karir.
1. Mahasiswa mampu memahami Konsep Karier
2. Mahasiswa mampu memahami Teori Trait And Factor (Frank Parson 1854-1908)
3. Mahasiswa mampu memahami Teori Pemilihan Karier (Anne Roe 1904-1991)
4. Mahasiswa mampu memahami Teori Perkembangan Karier (Donald E. Super 1910-1994)
5. Mahasiswa mampu memahami Teori Perkembangan Karier (Eli Ginzberg 1911-2002)
6. Mahasiswa mampu memahami Teori Kepribadian Karier (John Holland 1919-2008)
7. Mahasiswa mampu memahami Teori Batasan Dan Kompromi ( Linda S. Gottfredson 1974)
8. Mahasiswa mampu memahami Teori Konstruksi Karier (Mark L. Savickas 1947)
9. Mahasiswa mampu memahami Teori Happenstance Learning Theory (Jhon D Krumboltz 1928)
10. Mahasiswa mampu memahami Konsep Dasar Bimbingan Karier
11. Mahasiswa mampu memahami Pemahaman Diri
12. Mahasiswa mampu memahami Eksplorasi Karier
13. Mahasiswa mampu memahami Pola Pemilihan Karier
14. Mahasiswa mampu memahami Pengambilan Keputusan Karier
15. Mahasiswa mampu memahami Konseling Karier
16. Mahasiswa mampu memahami Karier Dalam Perspektif Multikultur
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa mampu memahami Konsep Karier | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | KONSEP KARIER | Dosen : - Presentasi - Diskusi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | TEORI TRAIT AND FACTOR (FRANK PARSON 1854-1908) | Dosen : - Presentasi - Diskusi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | TEORI PEMILIHAN KARIER (ANNE ROE 1904-1991) | Mahasiswa : - Presentasi - Diskusi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :5 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | TEORI PERKEMBANGAN KARIER (DONALD E. SUPER 1910-1994) | Mahasiswa : - Presentasi - Diskusi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | TEORI PERKEMBANGAN KARIER (ELI GINZBERG 1911-2002) | Mahasiswa : - Presentasi - Diskusi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | TEORI KEPRIBADIAN KARIER (JOHN HOLLAND 1919-2008) | Mahasiswa : - Presentasi - Diskusi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :9 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | TEORI BATASAN DAN KOMPROMI ( LINDA S. GOTTFREDSON 1974) | Mahaiswa : Presentasi Diskusi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | TEORI KONSTRUKSI KARIER (MARK L. SAVICKAS 1947) | Mahasiswa : - Presentasi - Diskusi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | 9 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | 19 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3bkpi3-Bimbingan dan Konseling Karir / Career Guidance and Counseling (2 SKS), Semester: 3 KELAS B, Dosen : Hara Permana, M.Pd., Hari: Sabtu, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon