| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Kode Matakuliah | x3pgmi9 |
| Nama Matakuliah | Filsafat Pendidikan / Philosophy of Education |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Sofyan Mustoip, M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 2022.3.10.1.00727 - EVA FAJRIYAH, 2022.3.10.1.00728 - FAHMI IDRIS, 2022.3.10.1.00729 - FARAH SALMA MUFIDAH, 2022.3.10.1.00734 - GITA FITRI, 2022.3.10.1.00737 - IKA SETIA PURNAMA, 2022.3.10.1.00738 - IMROATUN NADIYA, 2022.3.10.1.00739 - INDRI WULAN ROMADHON, 2022.3.10.1.00740 - ISMATUN INAYAH, 2022.3.10.1.00750 - NABILA JANAN, 2022.3.10.1.00757 - NORA NOVITA, 2022.3.10.1.00766 - RATU SENJANI, 2022.3.10.1.00767 - RIHAD NURUL IMAN, 2022.3.10.1.00769 - SIFA ULZANAH, 2022.3.10.1.00771 - SITI FITRIA, 2022.3.10.1.00775 - SUGIARTI, 2022.3.10.1.00776 - SYABILA RAMADHANI |
Philosophy of Education adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan dan konsep-konsep mendasar tentang tujuan, esensi, dan prinsip-prinsip pendidikan. Filsafat pendidikan berusaha untuk memahami dasar-dasar pemikiran di balik pendidikan, merumuskan pandangan tentang proses pembelajaran, dan mengembangkan teori-teori tentang bagaimana pendidikan seharusnya dijalankan.
CPMK-1 Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Philosophy of Education, mahasiswa mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
CPMK-2 Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Philosophy of Education, mahasiswa mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
CPMK-3 Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Philosophy of Education, mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
CPMK-4 Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Philosophy of Education, mahasiswa mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi.
CPMK-5 Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Philosophy of Education, mahasiswa mampu berfikir filosofis dan logis.
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar [sub CPMK]
Sub-CPMK-1 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu memahami isi RPS dan menyetujui kontrak belajar.
Sub-CPMK-2 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis urgensi dan hakikat filsafat pendidikan
Sub-CPMK-3 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hakikat guru madrasah Ibtidaiyah
Sub-CPMK-4 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis pembelajaran penalaran terkait logika
Sub-CPMK-5 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Landasan Ontologis, Epistemologis, Dan Aksiologis Dalam Filsafat Pendidikan
Sub-CPMK-6 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis aliran filsafat dan pengaplikasiannya dalam dunia pendidikan
Sub-CPMK-7 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Konsep Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara
Sub-CPMK-8 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Konsep Pendidikan menurut Paul Freire Ivan Illich
Sub-CPMK-9 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis skripsi/tesis/disertasi dengan baik
Sub-CPMK-10 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis naskah artikel dalam jurnal dengan baik
Sub-CPMK-11 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis learning outcome di SD/MI
Sub-CPMK-12 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis pembelajaran di kelas rendah dan kelas tinggi
Sub-CPMK-13 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kurikulum merdeka
Sub-CPMK-14 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perkembangan teknologi dalam pendidikan
Sub-CPMK-15 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis permasalahan yang sering terjadi di SD/MI
Sub-CPMK-16 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di SD/MI
Sub-CPMK-17 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis quo vadis teacher : tantangan di era society 5.0
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | mampu memahami isi RPS dan menyetujui kontrak belajar. | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu memahami isi RPS dan menyetujui kontrak belajar. | RPS Dan Kontrak Belajar | Ceramah, sharing, Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | mampu menganalisis urgensi dan hakikat filsafat pendidikan | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis urgensi dan hakikat filsafat pendidikan | Urgensi Dan Hakikat Filsafat Pendidikan | Diskusi kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | mampu menganalisis hakikat guru madrasah Ibtidaiyah | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hakikat guru madrasah Ibtidaiyah | Hakikat Guru Madrasah Ibtidaiyah | Diskusi kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | mampu menganalisis pembelajaran penalaran terkait logika | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis pembelajaran penalaran terkait logika | Pembelajaran Penalaran Terkait Logika | Diskusi kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | mampu menganalisis Landasan Ontologis, Epistemologis, Dan Aksiologis Dalam Filsafat Pendidikan | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Landasan Ontologis, Epistemologis, Dan Aksiologis Dalam Filsafat Pendidikan | Landasan Ontologis, Epistemologis, Dan Aksiologis Dalam Filsafat Pendidikan | Diskusi kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | mampu menganalisis aliran filsafat dan pengaplikasiannya dalam dunia pendidikan | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis aliran filsafat dan pengaplikasiannya dalam dunia pendidikan | Aliran Filsafat dan Pengaplikasiannya Dalam Dunia Pendidikan | Diskusi kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | mampu menganalisis Konsep Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Konsep Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara | Menganalisis Konsep Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara | Diskusi kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | mampu menganalisis Konsep Pendidikan menurut Paul Freire Ivan Illich | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Konsep Pendidikan menurut Paul Freire Ivan Illich | Menganalisis Konsep Pendidikan menurut Paul Freire Ivan Illich | Diskusi kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | mampu menganalisis skripsi/tesis/disertasi dengan baik | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis skripsi/tesis/disertasi dengan baik | Menganalisis Skripsi/Tesis/Disertasi Dengan Baik | Inkuiri dan diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | PTS | PTS | Soal PTS | Mengerjakan PTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | mampu menganalisis naskah artikel dalam jurnal dengan baik | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis naskah artikel dalam jurnal dengan baik | Menganalisis Naskah Artikel Dalam Jurnal Dengan Baik | Inkuiri dan diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | mampu menganalisis learning outcome di SD/MI | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis learning outcome di SD/MI | Menganalisis Learning Outcome (Afektif, Psikomotor, Kognitif) di SD/MI | Diskusi kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | mampu menganalisis pembelajaran di kelas rendah dan kelas tinggi | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis pembelajaran di kelas rendah dan kelas tinggi | Menganalisis Pembelajaran Di Kelas Rendah Dan Kelas Tinggi | Diskusi kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | mampu menganalisis kurikulum merdeka | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kurikulum merdeka | Menganalisis Kurikulum Merdeka | Diskusi kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | mampu menganalisis perkembangan teknologi dalam pendidikan | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perkembangan teknologi dalam pendidikan | Menganalisis Perkembangan Teknologi Dalam Pendidikan | Diskusi kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | mampu menganalisis permasalahan yang sering terjadi di SD/MI | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis permasalahan yang sering terjadi di SD/MI | Menganalisis Permasalahan Yang Sering Terjadi Di SD/MI | Inkuiri dan diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | mampu menganalisis solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di SD/MI | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di SD/MI | Menganalisis Solusi Alternatif Untuk Mengatasi Permasalahan Yang Terjadi di SD/MI | Inkuiri dan diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | mampu menganalisis quo vadis teacher: tantangan di era society 5.0 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis quo vadis teacher: tantangan di era society 5.0 | Menganalisis Quo Vadis Teacher : Tantangan Di Era Society 5.0 | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Chois is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka Jogjakarta Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes. New York: Routledge. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People. Newcastle: Cambridge Scholars. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | PAS | PAS | Soal PAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3pgmi9-Filsafat Pendidikan / Philosophy of Education (2 SKS), Semester: 3 KELAS B, Dosen : Sofyan Mustoip, M.Pd., Hari: Sabtu, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon