| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
| Kode Matakuliah | x3bkpi6 |
| Nama Matakuliah | Inovasi dan Teknik Konseling / Innovation and Counseling Techniques |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Nakhma'ussolikhah,M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 2022.9.6.1.00305 - ABDULLAH, 2022.9.6.1.00307 - ABDURROHMAN, 2022.9.6.1.00316 - ATTABIK, 2022.9.6.1.00318 - DESI PERMATASARI, 2022.9.6.1.00323 - EVA, 2022.9.6.1.00325 - FAISHAL BAKHRI, 2022.9.6.1.00358 - MUHAMMAD WANDI, 2022.9.6.1.00360 - NAFILAH, 2022.9.6.1.00363 - NUR FADHILAH, 2022.9.6.1.00375 - SADAM RIZQI, 2022.9.6.1.00379 - SISKA AMALIYAH, 2022.9.6.1.00380 - SITI FASIKHA, 2022.9.6.1.00381 - SITI JULAEKA, 2022.9.6.1.00387 - WHIWI SUWEMBOGO, 2022.9.6.1.00389 - YUSUF MURDANI, 2022.9.6.1.00390 - ZAHROTUL MIA, 2022.9.6.1.00394 - MUHAMMAD FAISAL BALFAQIH |
Mata kuliah ini memberikan mahasiswa keterampilan praksis tentang konseling individual secara integral dan komprehensif menggunakan berbagai keterampilan dasar konseling serta pendekatan-pendekatan dalam konseling sebagai upaya proses pengentasan masalah konseli dengan menghargai dan mengembangkan potensi-potensi individu, peduli, dan toleran terhadap kemaslahatan manusia
Mahasiswa Mampu menjelaskan Teori-teori konseling (KU1)
Mahasiswa Mampu menganalisis pola masing-masing teori konseling (KU5)
Mahasiswa Mampu faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian (KU2, KK10)
Mahasiswa mampu mengembangkan teknik BK berdasar pada teori konseling (KU2, KK10)
Mahasiswa mampu membuat dan menerapkan Teknik konseling dengan mengacu pada tipologi kepribadian (KU5, KU7)
Mahasiswa mampu menganalisis Teknik konseling yang cocok diaplikasikan dalam layanan BK (KU2, KK10)
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Orientasi perkuliahan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan RPS | Orientasi perkuliahan | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | RPS dan Silabus |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mampu mempraktekan pendekatan trait and factor dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .Teori konseling | Pendekatan Traits and Factor | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
- Corey, Gerald. 2013. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9th edition). California: Brooks/Cole. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 3 | Mampu mempraktekan pendekatan behavior dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Behavioristik | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | - Sofyan S. Willis. 2011 Konseling individual Teori dan Praktik. Alfabeta - Sofyan S. Willis. 2011 Konseling individual Teori dan Praktik. Alfabeta |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 4 | Mampu mempraktekan pendekatan RET dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | RET (Rational Emotive Therapy) | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | - Gerald Corey. 2004 Teori dan Praktek Dari Konseling dan Psikoterapi. IKIP Semarang Press |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 5 | Mampu mempraktekan pendekatan realitas dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Konseling Realita | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | - W.S. Winkel dan M.M Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi 2007 |
| Catatan Ujian Diskusi :13 Materi :1 Resume materi video yang terla... Audio Video :1 | ||||||||
| 6 | Mampu mempraktekan pendekatan analisis transaksional dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Konseling Analisis Transaksional | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | - Kathryn Geldard dan David Geldard. 2008.Teknik Konseling. Pustaka Belajar |
| Catatan Ujian Diskusi :5 Materi :1 Resume pendekatan REBT Audio Video :1 | ||||||||
| 7 | Mampu mempraktekan pendekatan psikologi individual dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Psikologi Individual | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | - Richard Nelson-Jones. 2012.Pengantar Keterampilan Konseling. Pustaka Belajar |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Resume teknik pendekatan konse... Audio Video :1 | ||||||||
| 8 | Mampu mempraktekan pendekatan psikoanalisis dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Psikoanalisis | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | - Sofyan S. Willis. 2011 Konseling individual Teori dan Praktik. Alfabeta |
| Catatan Ujian Diskusi :5 Materi Resume materi s.freud/ jurnal ... Audio Video :1 | ||||||||
| 9 | Mampu mempraktekan pendekatan umanistic dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Existential “Humanistic” Therapy | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Effendi Kusno. 2016. Proses dan Keterampilan Konseling. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 10 | 10 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Soal UTS | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mampu mempraktekan pendekatan Pendekatan Logo Therapy dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pendekatan Logo Therapy | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Gumiandarai Septi. 2010. Hubungan Dialek Antara Tasawuf Psikologi modern.Yogyakarta:Pustaka Pelajar. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu memahami Pendekatan PENDEKATAN Konseling Islam Terapy Sholat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | PENDEKATAN Konseling Islam Terapy Sholat | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Rahman, F., & Bimbingan, D. tentang model. (2009). Reformasi Sekolah dan BK Komprehensif Dalam tinjauanHistoris; KontradiktorisataukahKomplementaris. Makalah Seminar Nasional “ …, 1–5. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132300169/REFORMASI SEKOLAH DAN BK KOMPREHENSIF DALAM TINJAUAN HISTORIS.pdf |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 13 | PENDEKATAN Konseling Islam AL –Qur’an | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | PENDEKATAN Konseling Islam AL –Qur’an | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | A. Juntika Nurihsan. 2012. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu memahami SFBT dan menganalisis jurnal | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | SFBT | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Erford T.Bradley. 2016. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 15 | Mampu mempraktekan pendekatan teknik deep breating dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Teknik Deep Breating and Teknik Scaliing | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Erford T.Bradley. 2016. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 16 | Mampu mempraktekan pendekatan Teknik Empty Chair | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .Teknik Empty Chair | Teknik Empty Chair | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Erford T.Bradley. 2016. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 17 | Mampu mempraktekan pendekatan CCT dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | CCT (Client Centered Therapy) | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ifdil. 2011. Penyelenggaraan Layanan Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-Konseling. Disajikan dalam Seminar Internasional Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia 29 s/d 30 Oktober 2011. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 18 | Mampu mempraktekan pendekatan gestalt dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Therapy Gestalt | Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Effendi Kusno. 2016. Proses dan Keterampilan Konseling. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UAS | UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3bkpi6-Inovasi dan Teknik Konseling / Innovation and Counseling Techniques (2 SKS), Semester: 3 KELAS C, Dosen : Nakhma'ussolikhah,M.Pd., Hari: Sabtu, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon