Inovasi dan Teknik Konseling / Innovation and Counseling Techniques (2 SKS) 3 KELAS C Nakhma'ussolikhah,M.Pd., Sabtu, 16.00 s.d 17.15

Publikasi Unusia

Inovasi dan Teknik Konseling / Innovation and Counseling Techniques (2 SKS) 3 KELAS C Nakhma'ussolikhah,M.Pd., Sabtu, 16.00 s.d 17.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Kode Matakuliah x3bkpi6
Nama Matakuliah Inovasi dan Teknik Konseling / Innovation and Counseling Techniques
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Nakhma'ussolikhah,M.Pd.
Peserta Perkuliahan 2022.9.6.1.00305 - ABDULLAH,
2022.9.6.1.00307 - ABDURROHMAN,
2022.9.6.1.00316 - ATTABIK,
2022.9.6.1.00318 - DESI PERMATASARI,
2022.9.6.1.00323 - EVA,
2022.9.6.1.00325 - FAISHAL BAKHRI,
2022.9.6.1.00358 - MUHAMMAD WANDI,
2022.9.6.1.00360 - NAFILAH,
2022.9.6.1.00363 - NUR FADHILAH,
2022.9.6.1.00375 - SADAM RIZQI,
2022.9.6.1.00379 - SISKA AMALIYAH,
2022.9.6.1.00380 - SITI FASIKHA,
2022.9.6.1.00381 - SITI JULAEKA,
2022.9.6.1.00387 - WHIWI SUWEMBOGO,
2022.9.6.1.00389 - YUSUF MURDANI,
2022.9.6.1.00390 - ZAHROTUL MIA,
2022.9.6.1.00394 - MUHAMMAD FAISAL BALFAQIH

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini memberikan mahasiswa keterampilan praksis tentang konseling individual secara integral dan komprehensif menggunakan berbagai keterampilan dasar konseling serta pendekatan-pendekatan dalam konseling sebagai upaya proses pengentasan masalah konseli dengan menghargai dan mengembangkan potensi-potensi individu, peduli, dan toleran terhadap kemaslahatan manusia

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa Mampu menjelaskan Teori-teori konseling (KU1)
Mahasiswa Mampu menganalisis pola masing-masing teori konseling (KU5)
Mahasiswa Mampu faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian (KU2, KK10)
Mahasiswa mampu mengembangkan teknik BK berdasar pada teori konseling (KU2, KK10)
Mahasiswa mampu membuat dan menerapkan Teknik konseling dengan mengacu pada tipologi kepribadian (KU5, KU7)
Mahasiswa mampu menganalisis Teknik konseling yang cocok diaplikasikan dalam layanan BK (KU2, KK10)

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Orientasi perkuliahan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan RPS Orientasi perkuliahan Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya RPS dan Silabus
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
2 Mampu mempraktekan pendekatan trait and factor dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .Teori konseling Pendekatan Traits and Factor Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
- Corey, Gerald. 2013. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9th edition). California: Brooks/Cole.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1
3 Mampu mempraktekan pendekatan behavior dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Behavioristik Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya - Sofyan S. Willis. 2011 Konseling individual Teori dan Praktik. Alfabeta - Sofyan S. Willis. 2011 Konseling individual Teori dan Praktik. Alfabeta
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
4 Mampu mempraktekan pendekatan RET dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... RET (Rational Emotive Therapy) Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya - Gerald Corey. 2004 Teori dan Praktek Dari Konseling dan Psikoterapi. IKIP Semarang Press

Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
5 Mampu mempraktekan pendekatan realitas dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Konseling Realita Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya - W.S. Winkel dan M.M Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi 2007
Catatan Ujian Diskusi :13 Materi :1 Resume materi video yang terla... Audio Video :1
6 Mampu mempraktekan pendekatan analisis transaksional dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Konseling Analisis Transaksional Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya - Kathryn Geldard dan David Geldard. 2008.Teknik Konseling. Pustaka Belajar
Catatan Ujian Diskusi :5 Materi :1 Resume pendekatan REBT Audio Video :1
7 Mampu mempraktekan pendekatan psikologi individual dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Psikologi Individual Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya - Richard Nelson-Jones. 2012.Pengantar Keterampilan Konseling. Pustaka Belajar
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Resume teknik pendekatan konse... Audio Video :1
8 Mampu mempraktekan pendekatan psikoanalisis dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Psikoanalisis Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya - Sofyan S. Willis. 2011 Konseling individual Teori dan Praktik. Alfabeta
Catatan Ujian Diskusi :5 Materi Resume materi s.freud/ jurnal ... Audio Video :1
9 Mampu mempraktekan pendekatan umanistic dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Existential “Humanistic” Therapy Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Effendi Kusno. 2016. Proses dan Keterampilan Konseling. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1
10 10 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Soal UTS
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mampu mempraktekan pendekatan Pendekatan Logo Therapy dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pendekatan Logo Therapy Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Gumiandarai Septi. 2010. Hubungan Dialek Antara Tasawuf Psikologi modern.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
12 Mahasiswa mampu memahami Pendekatan PENDEKATAN Konseling Islam Terapy Sholat Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... PENDEKATAN Konseling Islam Terapy Sholat Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Rahman, F., & Bimbingan, D. tentang model. (2009). Reformasi Sekolah dan BK Komprehensif Dalam tinjauanHistoris; KontradiktorisataukahKomplementaris. Makalah Seminar Nasional “ …, 1–5. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132300169/REFORMASI SEKOLAH DAN BK KOMPREHENSIF DALAM TINJAUAN HISTORIS.pdf
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
13 PENDEKATAN Konseling Islam AL –Qur’an Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... PENDEKATAN Konseling Islam AL –Qur’an Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya A. Juntika Nurihsan. 2012. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1
14 Mahasiswa mampu memahami SFBT dan menganalisis jurnal Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... SFBT Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Erford T.Bradley. 2016. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1
15 Mampu mempraktekan pendekatan teknik deep breating dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Teknik Deep Breating and Teknik Scaliing Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Erford T.Bradley. 2016. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1
16 Mampu mempraktekan pendekatan Teknik Empty Chair Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .Teknik Empty Chair Teknik Empty Chair Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Erford T.Bradley. 2016. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
17 Mampu mempraktekan pendekatan CCT dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... CCT (Client Centered Therapy) Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ifdil. 2011. Penyelenggaraan Layanan Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-Konseling. Disajikan dalam Seminar Internasional Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia 29 s/d 30 Oktober 2011.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
18 Mampu mempraktekan pendekatan gestalt dan mampu menganalisis hasil dari proses simulasi kegiatan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Therapy Gestalt Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Effendi Kusno. 2016. Proses dan Keterampilan Konseling. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1
19 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... UAS UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    Berita

    Artefak perkuliahan Matakuliah: x3bkpi6-Inovasi dan Teknik Konseling / Innovation and Counseling Techniques (2 SKS), Semester: 3 KELAS C, Dosen : Nakhma'ussolikhah,M.Pd., Hari: Sabtu, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS