SAINS dan Pembelajaran AUD / Science and Learning in Early Childhood Education (2 SKS) 5 KELAS B Novi Hidayati, M.Pd., Sabtu, 16.00 s.d 17.15

Publikasi Unusia

SAINS dan Pembelajaran AUD / Science and Learning in Early Childhood Education (2 SKS) 5 KELAS B Novi Hidayati, M.Pd., Sabtu, 16.00 s.d 17.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kode Matakuliah x5piaud5
Nama Matakuliah SAINS dan Pembelajaran AUD / Science and Learning in Early Childhood Education
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Novi Hidayati, M.Pd.
Peserta Perkuliahan 2021.4.9.1.01396 - AAN PATMAWATI,
2021.4.9.1.01397 - ADE SUSANA,
2021.4.9.1.01398 - ANI ROHANI,
2021.4.9.1.01399 - ASTIKAH,
2021.4.9.1.01400 - ASTUTI,
2021.4.9.1.01401 - NUR AZIZAH,
2021.4.9.1.01402 - BHAYU INDAH LESTARI,
2021.4.9.1.01403 - CARSINI,
2021.4.9.1.01404 - CUNIASIH,
2021.4.9.1.01405 - DAIMAH,
2021.4.9.1.01406 - DESI RACHMAWATI,
2021.4.9.1.01407 - DEWI,
2021.4.9.1.01410 - ELI PUJI RAHAYU,
2021.4.9.1.01411 - ERVINA AGHNEI ALLIS,
2021.4.9.1.01412 - FAZRIYAH,
2021.4.9.1.01414 - IDA FARIDA,
2021.4.9.1.01415 - IDAH SAADAH,
2021.4.9.1.01416 - IIM FATIMAH,
2021.4.9.1.01417 - IIS SITI UMI HALIMATUSSYADIYAH,
2021.4.9.1.01418 - IPAH,
2021.4.9.1.01419 - LAELATUL MUNAWAROH,
2021.4.9.1.01420 - LINNA ROSSALINA,
2021.4.9.1.01422 - MAHBUBAH,
2021.4.9.1.01424 - MARIANI ERNAWATI,
2021.4.9.1.01425 - MUNIAH,
2021.4.9.1.01426 - NAMI,
2021.4.9.1.01428 - NANI SUWARNI,
2021.4.9.1.01429 - NINA SAKINAH,
2021.4.9.1.01430 - NOVITA DWI FRIDAYANTI,
2021.4.9.1.01433 - RAHMA DHINI,
2021.4.9.1.01434 - RATNA SUMNAR,
2021.4.9.1.01436 - RITA SUGIHARTI,
2021.4.9.1.01437 - RIZKA FAWZIYAH,
2021.4.9.1.01438 - ROHAYATI,
2021.4.9.1.01439 - SABILA KUSUMANINGRUM,
2021.4.9.1.01440 - SINTA LIYANA,
2021.4.9.1.01441 - SITI HERMAWATI,
2021.4.9.1.01443 - SITI MARHAMAH,
2021.4.9.1.01444 - SITI MARIA ULFA,
2021.4.9.1.01447 - SOLEHAH,
2021.4.9.1.01448 - SRI ASIH,
2021.4.9.1.01449 - SRI SUSILAWATI,
2021.4.9.1.01450 - SRI UTAMI DEWI,
2021.4.9.1.01451 - SURATMI,
2021.4.9.1.01452 - THOIFAH FAUZIYAH,
2021.4.9.1.01454 - WAWAT JUNIAWATI,
2021.4.9.1.01455 - WINARSIH,
2021.4.9.1.01456 - WININDA,
2021.4.9.1.01457 - YULIYANTI,
2021.4.9.1.01458 - YUNEDA J. JOHARI,
2021.4.9.1.01459 - YUYUN YUNITA SARI

2. Deskripsi Pembelajaran

Pada mata kuliah ini dibahas tentang hakekat sains untuk anak usia dini, ruang lingkup dari sains, tujuan dan pentingnya pembelajaran sains bagi anak usia dini, pengembangan program pembelajaran sains, cara mempelajari sains pada anak, pembelajaran sains untuk anak berkebutuhan khusus, permasalahan pengembangan pembelajaran sains dan solusinya, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sains pada anak usia dini dan evaluasi pembelajaran sains.

3. Capaian / Kompetensi

1. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas tugas-tugas yang diberikan baik secara individu maupun kelompok selama mengikuti perkuliahan pembelajaran sains untuk anak usia dini secara jujur, mandiri, dan pantang menyerah dalam pengambilan keputusan yang tepat di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang beretika akademik
2. Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah
dalam perkuliahan sains dan pembelajaran anak usia dini
3. Mahasiswa menciptakan karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang sains untuk anak usia dini
4. Mahasiswa mampu menguasai prinsip dan metode pembelajaran sains untuk anak usia dini dalam format individual
dan kelompok yang berorientasi pada kemandirian peserta didik pada setting pendidikan anak usia dini.
5. Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan faktual dan isu-isu problematika mengenai pembelajaran sains untuk anak usia dini.
6. Mahasiswa mampu menjelaskan prosedur, dan metode dalam evaluasi dan supervisi layanan
Bantuan peserta didik pada setting pendidikan anak usia dini.
7. Mahasisiwa mampu mengidentifikasi problematika peserta didik pada setting pendidikan anak usia dini sesuai dengan hasil need assesment dalam rangka menghasilkan pembelajaran sains yang inklusif
8. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pembelajaran sains untuk anak usia dini di Indonesia
9. Mahasisiwa mampu melaksanakan, mengevaluasi, serta melaporkan pelaksanaan pembelajaran sains pada setting pendidikan anak usia dini.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu
memahami dan menyepakati
kontrak serta sistem
pembalajaran mata kuliah
sains dan pembelajaran anak
usia dini
(a)Mendeskripsikan
mata kuliah,
pelaksanaan
proses
perkuliahan,
aturan, dan
pentingnya
perkuliahan;
(b)Memahami
hakikat dan
konsep saisn
untuk anak usia
dini
(a)Orientasi
Umum dosen
dan
mahasiswa; (b)Pembahasan
RPS dan
kontrak
Perkuliahan; (c)Hakikat dan
konsep sains
untuk anak
usia dini
(Apakah sains
itu? Siapakah
ilmuwan itu?
Kita, anak, dan
Sains)
Ceramah,
Brainstorming, dan
tanya jawab
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Bentuk: Kegiatan
belajar tatap muka
langsung/maya
membahas tentang
kontrak MK, serta
hakikat dan konsep
sains untuk anak usia
dini (aktivitas
partisipatif).
Teknik: Observasi
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks.
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
2 Mahasiswa mampu
menganalisis dan menjelaskan
tujuan dan pentingnya
pembelajaran sains pada anak
usia dini
(a)Menjelaskan
mengenai tujuan
pembelajaran
sains untuk anak
usia dini; (b)Menjelaskan
mengenai
pentingnya pembelajaran
sains pada anak
usia dini
(a)Pentingnya
tujuan dalam
pembelajaran
sains;
(b)Tujuan
pengembangan
pembelajaran
sains oada
anak usia dini; (c)Standar isi
pembelajaran
kurikulum
sains
Ekspositori/Inquiri(Ceramah dan
tanya jawab),
Penugasan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang kontrak MK, serta hakikat dan konsep sains untuk anak usia dini (aktivitas partisipatif). Teknik: Portofolio (a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 2 ... Audio Video
3 Mahasiswa mampu
menganalisis dan menjelaskan
pengembangan program
pembelajaran sains
(a)Menguraikan
konsep dasar
mengajar sains
pada anak usia
dini; (b)Menerapkan
praktik
pembelajaran
sains pada anak
usia dini
(a)Ruang lingkup
pembelajaran
sains; (b)Mengajari
sains pada
anak usia dini; (c)Tips bermain
sains pada
anak usia dini
Presentasi,
Diskusi, dan Team
Based Project
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan
belajar tatap muka
langsung/maya
membahas tentang
cara anak
mempelajari (Team
Based Project)
Teknik: Lembar
Portofolio/ Hasil
proyek kelompok
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video
4 Mahasiswa mampu
menganalisis dan menjelaskan
pengembangan program
pembelajaran sains
(a)Menjelaskan
tentang modelmodel
pengembangan
pembelajaran
sains pada anak;
(b)Menjelaskan tentang pengembangan
unit dan
perencanaan
pembelajaran
sain untuk anak
usia dini; (c)Memahami
tentang Strategi
dan pendekatan
pembelajaran
sains
(a)Model-model
pengembanga
n
pembelajaran sains;
(b)Pengembanga
n unit dan
perencanaan
pembelajaran
sain untuk
anak usia dini; (c)Strategi dan
pendekatan
pembelajaran
sains
Ekspositori dan
inquiri (Ceramah
dan tanya
jawab)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan
belajar tatap muka
langsung/maya
membahas tentang
kontrak MK, dan
pengertian dan
pentingnya
pengembangan
materi.
Teknik: Tulisan
makalah dan
presentasi
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi :7 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
5 Mahasiswa mampu
menganalisis dan menjelaskan
pengembangan program
pembelajaran sains
(a)Mengetahui dan
memahami
organisasi kelas
untuk
pembelajaran
sains pada anak
usia dini;
(b)Mengetahui
kriteria guru
untuk
pembelajaran
sains pada anak
usia dini
(a)Organisasi
kelas untuk
pembelajaran
sains pada
anak usia dini
(Distribusi
material
pembelajaran,
penyediaan
area,
pemberian
petujuk
belajar,
mengatasi
kejenuhan);
(b)Kriteria guru
untuk
pembelajaran
sains.
Metode: Ekspositori
dan inquiri
(Ceramah dan tanya
jawab)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan
belajar tatap muka
langsung/maya
membahas tentang
kontrak MK, dan
pengertian dan
pentingnya
pengembangan
materi.
Teknik: Tulisan
makalah dan
presentasi
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa mampu
menganalisis dan menjelaskan
pembelajaran sains bagi anak
berkebutuhan khusus atau
mengalami gangguan
(a)Menganalisis
pembelajaran
sains bagi anak
berkebutuhan
khusus
- Menjelaskan
pembelajaran
sains bagi anak
berkebutuhan khusus;
(b)Membuat tugas
perencanaan bagi
anak
berkebutuhan
khusus
(a)Pembelajaran
sains untuk
anak yang
mengalami
gangguan
visual; (b)Pembelajaran
sains untuk
anak yang
mengalami
gangguan
pendengaran; (c)Pembelajaran
sains untuk
anak yang
mengalami
gangguan fisik
motorik;
(d)Pembelajaran
sains untuk
anak yang
mengalami
gangguan
emosional
Metode: Ekspositori dan inquiri (Ceramah dan tanya jawab) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan
belajar tatap muka
langsung/maya
membahas tentang
kontrak MK, dan
pengertian dan
pentingnya
pengembangan
materi.

Teknik: Tulisan
makalah dan
presentasi
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi :7 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
7 Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan pembelajaran sains bagi anak berkebutuhan khusus atau mengalami gangguan (a)Menganalisis pembelajaran sains bagi anak berkebutuhan khusus - Menjelaskan pembelajaran sains bagi anak berkebutuhan khusus; (b)Membuat tugas perencanaan bagi anak berkebutuhan khusus (a)Pembelajaran sains untuk anak yang mengalami gangguan visual; (b)Pembelajaran sains untuk anak yang mengalami gangguan pendengaran; (c)Pembelajaran sains untuk anak yang mengalami gangguan fisik motorik; (d)Pembelajaran sains untuk anak yang mengalami gangguan emosional Metode: Ekspositori dan inquiri (Ceramah dan tanya jawab) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang kontrak MK, dan pengertian dan pentingnya pengembangan materi. Teknik: Tulisan makalah dan presentasi (a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
8 Mahasiswa mampu menganalisis dan menguraikan permasalahan
pembelajaran sains pada anak
usia dini di Indonesia dan
solusinya.
(a)Menganaliasis permasalahan pembelajaran
sains pada anak
usia dini di
Indonesia;
(b)Menguraikan
permasalahan
pembelajaran
sains pada anak
usia dini di
Indonesia; (c)Menguraikan
cara beradaptasi
dan mengatasi
permasalahan
pada
pembelajaran
sains
(a)Pengmbangan
sains berbasis
sosio kultural
dan dinamika
lingkungan; (b) Dilema dan
hambatan
pengembanga
n sains pada
anak usia dini;
(c)Optimalisasi
peran
partisipan
dalam
pengembanga
n
Metode:
Brainstorming,
diskusi kelompok,
ekspositori, dan
inquiri
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang kontrak MK, dan pengertian dan pentingnya pengembangan materi. Teknik: Tulisan makalah dan presentasi (a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mahasiswa mampu
menggambarkan makna,
ruang lingkup,
strategi/metode, dan tujuan
pembelajaran sain dalam
konten bumi dan jagat raya,
serta fisika (magnet, gravitasi,
pengukuran, menimbang,
warna)
(a)Merencanakan
pembelajaran
sains dengan
berbagai tema
(bumi dan jagat
raya, fisika); (b)Mengimplement
asikan
pembelajaran
sains dengan berbagai tema
(bumi dan jagat
raya, fisika);
(c)Membuat
laporan kajian
konten makna,
ruang lingkup,
tujuan, serta
pendidikan sains
dalam konten
(bumi dan jagat
raya, fisika)
(a)Makna bumi
dan jagat raya; (b)Keterampilan
yang
dikembangkan;
(c)Ruang lingkup
materi
pembelajaran
(d)Strategi/metode
pembelajaran;
(e)Tujuan
pembelajaran
Metode: Presentasi,
Diskusi, dan Team
Based Project
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan
belajar tatap muka
langsung/maya
membahas tentang
cara anak
mempelajari (Team
Based Project)
Teknik: Lembar
Portofolio/ Hasil
proyek kelompok
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 9 Audio :4 Video :3
10 PTS Mahasiswa mampu membuat kegiatan pembelajaran sains Materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 7 Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Portofolio/ hasil karya/ observasi Buku, PPT, dan Videoa
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menggambarkan makna, ruang lingkup, strategi/metode, dan tujuan pembelajaran sain dalam konten kelestarian alam (a)Merencanakan pembelajaran sains dengan berbagai tema (kelestarian alam); (b)Mengimplement asikan pembelajaran sains dengan berbagai tema (kelestarian alam); (c)Membuat laporan kajian konten makna, ruang lingkup, tujuan, serta pendidikan sains dalam konten (kelestarian alam) (a)Makna kelestarian alam; (b)Keterampilan yang dikembangkan; (c)Ruang lingkup materi pembelajaran (d)Strategi/metode pembelajaran; (e)Tujuan pembelajaran Metode: Presentasi,
Diskusi, dan Team
Based Project
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok (a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
12 Mahasiswa mampu menggambarkan makna, ruang lingkup, strategi/metode, dan tujuan pembelajaran sain dalam konten biologi (tanaman, rasa
dan bau)
(a)Merencanakan pembelajaran sains dengan berbagai tema biologi (tanaman, rasa
dan bau) dan teknologi; (b)Mengimplement asikan pembelajaran sains dengan berbagai tema biologi (tanaman, rasa
dan bau) dan teknologi; (c)Membuat laporan kajian konten makna, ruang lingkup, tujuan, serta pendidikan sains dalam konten biologi (tanaman, rasa
dan bau) dan teknologi
(a)Makna biologi (tanaman, rasa
dan bau); (b)Keterampilan yang dikembangkan; (c)Ruang lingkup materi pembelajaran (d)Strategi/metode pembelajaran; (e)Tujuan pembelajaran
Metode: Presentasi, Diskusi, dan Team Based Project Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok (a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :3 Video :1
13 Mahasiswa mampu menggambarkan makna, ruang lingkup, strategi/metode, dan tujuan pembelajaran sain dalam konten teknologi (a)Merencanakan pembelajaran sains dengan berbagai tema biologi (tanaman, rasa dan bau) dan teknologi; (b)Mengimplement asikan pembelajaran sains dengan berbagai tema biologi (tanaman, rasa dan bau) dan teknologi; (c)Membuat laporan kajian konten makna, ruang lingkup, tujuan, serta pendidikan sains dalam konten dan teknologi (a)Makna teknologi; (b)Keterampilan yang dikembangkan; (c)Ruang lingkup materi pembelajaran (d)Strategi/metode pembelajaran; (e)Tujuan pembelajaran Metode: Presentasi, Diskusi, dan Team Based Project Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok (a)Makna biologi (tanaman, rasa dan bau) dan teknologi; (b)Keterampilan yang dikembangkan; (c)Ruang lingkup materi pembelajaran (d)Strategi/metode pembelajaran; (e)Tujuan pembelajaran
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :2
14 Mahasiswa mampu
merancang ,
mengaplikasikan dan
mengevaluasi suatu
kegiatan sains untuk
anak
(a)Kemampuan
merancang
Kegiatan sains
secara tahapan
demi tahapan; (b)Mengevaluasi
pembelajaran
sains yang telah
dilakukan
Merancang
kegiatan
pembelajaran
sains untuk anak
usia dini.
Contohnya,
mencakup; sains,
biologi, fisika, ilmu
bumi, ekologi,
teknologi, dan
lain-lainnya
Presentasi dan
Group discussion
Metode:
Presentasi,
Diskusi, dan
Team Based
Project
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan
belajar tatap muka
langsung/maya
membahas tentang
cara anak
mempelajari (Team
Based Project)
Teknik: Lembar
Portofolio/ Hasil
proyek kelompok
(RPPH dan Asesmen)
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu
membuat media
pembelajaran terkait
dengan rancangan
pembelajaran sains
yang dibuatnya
(a)Merancang
media
pembelajaran
sains sesuai
dengann RPPH; (b)Mengaplikasikan
media
pembelajaran
Media
pembelajaran
terkait dengan
rancangan
pembelajaran
sains yang
dibuatnya
Presentasi dan
Group discussion
Metode: Presentasi,
Diskusi, dan Team
Based Project
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan
belajar tatap muka
langsung/maya
membahas tentang
cara anak
mempelajari (Team
Based Project)
Teknik: Lembar
Portofolio/ Hasil proyek kelompok (produk/media)
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Mahasiswa mampu mengaplikasikan hasil rancangan pembelajaran sains (a)Merancang media pembelajaran sains sesuai dengann RPPH; (b)Mengaplikasikan media pembelajaran Media pembelajaran terkait dengan rancangan pembelajaran sains yang dibuatnya Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok (produk/media) (a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
17 Mahasiswa mampu
mengaplikasikan hasil
rancangan
pembelajaran sains
Mengaplikasikan
atau
mempraktikkan
hasil rancangan
pembe lajaran
sains
Praktik program
pembelajaran
sains pada anak
usia dini
praktikum/
mikroteaching,
Diskusi, dan
Team Based
Project
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan
belajar tatap muka
langsung/maya
membahas tentang
cara anak
mempelajari (Team
Based Project)
Teknik: Lembar
Portofolio/ Hasil
proyek kelompok
(produk/ media)
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
18 Mahasiswa mampu
mengaplikasikan hasil
rancangan
pembelajaran sains
Mengaplikasikan
atau
mempraktikkan
hasil rancangan
pembe lajaran
sains
Praktik program
pembelajaran
sains pada anak
usia dini
praktikum/
mikroteaching,
Diskusi, dan
Team Based
Project
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Kegiatan
belajar tatap muka
langsung/maya
membahas tentang
cara anak
mempelajari (Team
Based Project)
Teknik: Lembar
Portofolio/ Hasil
proyek kelompok
(produk/ media)
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
19 PAS Mengaplikasikan atau
mempraktikkan hasil
rancangan pembe
lajaran sains di lingkungan PAUD
Praktik program pembelajaran sains pada anak usia dini di lingkungan PAUD praktikum/ mikroteaching, Diskusi, dan Team Based Project Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok (produk/ media) Materi dari pertemuan 8 sampai dengan 15
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. 35 Fakta Sains yang Diajarkan Nabi Muhammad saw - Indah Hanaco - Gramedia Pustaka Utama-2017
  2. Aku Ingin Tahu Sains 23 - Bumi & Antariksa - Calvin & Elissa - Elex Media Komputindo-2013
  3. Eksperimen sains yang mudah dengan menggunakan bahan sehari- hari - Muriel Mandell; Frances Zweifel - -1997
  4. Eksperimen-eksperimen sains yang menarik - Seow Chee Chan - -1994
  5. Eksperimen sains yang menakjubkan daenagn menggunakan bahan sehari-hari - Elmer Richard Churchill; Frances Zweifel - -1997
  6. 99 eksperimen sains untuk anak - Sri Winarti - -2018
  7. Modul Pembelajaran Sains Anak Usia Dini untuk Anak TK 4-6 Tahun - Dr. Nenny Mahyuddin; M.Pd.; Bebyi Riza Sativa Hutasuhut; Desmila; Herliana Cendana; Nurhikmah; Nurhamidah; Rika Rahmawati; Ripa Natari; Suci Aprilia; Sri Ermiwati; Umi Uzlah - CV. DOTPLUS Publisher-2021






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x5piaud5-SAINS dan Pembelajaran AUD / Science and Learning in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 5 KELAS B, Dosen : Novi Hidayati, M.Pd., Hari: Sabtu, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS