| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | x5piaud5 |
| Nama Matakuliah | SAINS dan Pembelajaran AUD / Science and Learning in Early Childhood Education |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Novi Hidayati, M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 2021.4.9.1.01396 - AAN PATMAWATI, 2021.4.9.1.01397 - ADE SUSANA, 2021.4.9.1.01398 - ANI ROHANI, 2021.4.9.1.01399 - ASTIKAH, 2021.4.9.1.01400 - ASTUTI, 2021.4.9.1.01401 - NUR AZIZAH, 2021.4.9.1.01402 - BHAYU INDAH LESTARI, 2021.4.9.1.01403 - CARSINI, 2021.4.9.1.01404 - CUNIASIH, 2021.4.9.1.01405 - DAIMAH, 2021.4.9.1.01406 - DESI RACHMAWATI, 2021.4.9.1.01407 - DEWI, 2021.4.9.1.01410 - ELI PUJI RAHAYU, 2021.4.9.1.01411 - ERVINA AGHNEI ALLIS, 2021.4.9.1.01412 - FAZRIYAH, 2021.4.9.1.01414 - IDA FARIDA, 2021.4.9.1.01415 - IDAH SAADAH, 2021.4.9.1.01416 - IIM FATIMAH, 2021.4.9.1.01417 - IIS SITI UMI HALIMATUSSYADIYAH, 2021.4.9.1.01418 - IPAH, 2021.4.9.1.01419 - LAELATUL MUNAWAROH, 2021.4.9.1.01420 - LINNA ROSSALINA, 2021.4.9.1.01422 - MAHBUBAH, 2021.4.9.1.01424 - MARIANI ERNAWATI, 2021.4.9.1.01425 - MUNIAH, 2021.4.9.1.01426 - NAMI, 2021.4.9.1.01428 - NANI SUWARNI, 2021.4.9.1.01429 - NINA SAKINAH, 2021.4.9.1.01430 - NOVITA DWI FRIDAYANTI, 2021.4.9.1.01433 - RAHMA DHINI, 2021.4.9.1.01434 - RATNA SUMNAR, 2021.4.9.1.01436 - RITA SUGIHARTI, 2021.4.9.1.01437 - RIZKA FAWZIYAH, 2021.4.9.1.01438 - ROHAYATI, 2021.4.9.1.01439 - SABILA KUSUMANINGRUM, 2021.4.9.1.01440 - SINTA LIYANA, 2021.4.9.1.01441 - SITI HERMAWATI, 2021.4.9.1.01443 - SITI MARHAMAH, 2021.4.9.1.01444 - SITI MARIA ULFA, 2021.4.9.1.01447 - SOLEHAH, 2021.4.9.1.01448 - SRI ASIH, 2021.4.9.1.01449 - SRI SUSILAWATI, 2021.4.9.1.01450 - SRI UTAMI DEWI, 2021.4.9.1.01451 - SURATMI, 2021.4.9.1.01452 - THOIFAH FAUZIYAH, 2021.4.9.1.01454 - WAWAT JUNIAWATI, 2021.4.9.1.01455 - WINARSIH, 2021.4.9.1.01456 - WININDA, 2021.4.9.1.01457 - YULIYANTI, 2021.4.9.1.01458 - YUNEDA J. JOHARI, 2021.4.9.1.01459 - YUYUN YUNITA SARI |
Pada mata kuliah ini dibahas tentang hakekat sains untuk anak usia dini, ruang lingkup dari sains, tujuan dan pentingnya pembelajaran sains bagi anak usia dini, pengembangan program pembelajaran sains, cara mempelajari sains pada anak, pembelajaran sains untuk anak berkebutuhan khusus, permasalahan pengembangan pembelajaran sains dan solusinya, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sains pada anak usia dini dan evaluasi pembelajaran sains.
1. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas tugas-tugas yang diberikan baik secara individu maupun kelompok selama mengikuti perkuliahan pembelajaran sains untuk anak usia dini secara jujur, mandiri, dan pantang menyerah dalam pengambilan keputusan yang tepat di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang beretika akademik
2. Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah
dalam perkuliahan sains dan pembelajaran anak usia dini
3. Mahasiswa menciptakan karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang sains untuk anak usia dini
4. Mahasiswa mampu menguasai prinsip dan metode pembelajaran sains untuk anak usia dini dalam format individual
dan kelompok yang berorientasi pada kemandirian peserta didik pada setting pendidikan anak usia dini.
5. Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan faktual dan isu-isu problematika mengenai pembelajaran sains untuk anak usia dini.
6. Mahasiswa mampu menjelaskan prosedur, dan metode dalam evaluasi dan supervisi layanan
Bantuan peserta didik pada setting pendidikan anak usia dini.
7. Mahasisiwa mampu mengidentifikasi problematika peserta didik pada setting pendidikan anak usia dini sesuai dengan hasil need assesment dalam rangka menghasilkan pembelajaran sains yang inklusif
8. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pembelajaran sains untuk anak usia dini di Indonesia
9. Mahasisiwa mampu melaksanakan, mengevaluasi, serta melaporkan pelaksanaan pembelajaran sains pada setting pendidikan anak usia dini.
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa mampu memahami dan menyepakati kontrak serta sistem pembalajaran mata kuliah sains dan pembelajaran anak usia dini |
(a)Mendeskripsikan mata kuliah, pelaksanaan proses perkuliahan, aturan, dan pentingnya perkuliahan; (b)Memahami hakikat dan konsep saisn untuk anak usia dini |
(a)Orientasi Umum dosen dan mahasiswa; (b)Pembahasan RPS dan kontrak Perkuliahan; (c)Hakikat dan konsep sains untuk anak usia dini (Apakah sains itu? Siapakah ilmuwan itu? Kita, anak, dan Sains) |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang kontrak MK, serta hakikat dan konsep sains untuk anak usia dini (aktivitas partisipatif). Teknik: Observasi |
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan tujuan dan pentingnya pembelajaran sains pada anak usia dini |
(a)Menjelaskan mengenai tujuan pembelajaran sains untuk anak usia dini; (b)Menjelaskan mengenai pentingnya pembelajaran sains pada anak usia dini |
(a)Pentingnya tujuan dalam pembelajaran sains; (b)Tujuan pengembangan pembelajaran sains oada anak usia dini; (c)Standar isi pembelajaran kurikulum sains |
Ekspositori/Inquiri(Ceramah dan tanya jawab), Penugasan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang kontrak MK, serta hakikat dan konsep sains untuk anak usia dini (aktivitas partisipatif). Teknik: Portofolio | (a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 2 ... Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan pengembangan program pembelajaran sains |
(a)Menguraikan konsep dasar mengajar sains pada anak usia dini; (b)Menerapkan praktik pembelajaran sains pada anak usia dini |
(a)Ruang lingkup pembelajaran sains; (b)Mengajari sains pada anak usia dini; (c)Tips bermain sains pada anak usia dini |
Presentasi, Diskusi, dan Team Based Project |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok |
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan pengembangan program pembelajaran sains |
(a)Menjelaskan tentang modelmodel pengembangan pembelajaran sains pada anak; (b)Menjelaskan tentang pengembangan unit dan perencanaan pembelajaran sain untuk anak usia dini; (c)Memahami tentang Strategi dan pendekatan pembelajaran sains |
(a)Model-model pengembanga n pembelajaran sains; (b)Pengembanga n unit dan perencanaan pembelajaran sain untuk anak usia dini; (c)Strategi dan pendekatan pembelajaran sains |
Ekspositori dan inquiri (Ceramah dan tanya jawab) |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang kontrak MK, dan pengertian dan pentingnya pengembangan materi. Teknik: Tulisan makalah dan presentasi |
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
| Catatan Ujian Diskusi :7 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan pengembangan program pembelajaran sains |
(a)Mengetahui dan memahami organisasi kelas untuk pembelajaran sains pada anak usia dini; (b)Mengetahui kriteria guru untuk pembelajaran sains pada anak usia dini |
(a)Organisasi kelas untuk pembelajaran sains pada anak usia dini (Distribusi material pembelajaran, penyediaan area, pemberian petujuk belajar, mengatasi kejenuhan); (b)Kriteria guru untuk pembelajaran sains. |
Metode: Ekspositori dan inquiri (Ceramah dan tanya jawab) |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang kontrak MK, dan pengertian dan pentingnya pengembangan materi. Teknik: Tulisan makalah dan presentasi |
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan pembelajaran sains bagi anak berkebutuhan khusus atau mengalami gangguan |
(a)Menganalisis pembelajaran sains bagi anak berkebutuhan khusus - Menjelaskan pembelajaran sains bagi anak berkebutuhan khusus; (b)Membuat tugas perencanaan bagi anak berkebutuhan khusus |
(a)Pembelajaran sains untuk anak yang mengalami gangguan visual; (b)Pembelajaran sains untuk anak yang mengalami gangguan pendengaran; (c)Pembelajaran sains untuk anak yang mengalami gangguan fisik motorik; (d)Pembelajaran sains untuk anak yang mengalami gangguan emosional |
Metode: Ekspositori dan inquiri (Ceramah dan tanya jawab) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang kontrak MK, dan pengertian dan pentingnya pengembangan materi. Teknik: Tulisan makalah dan presentasi |
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
| Catatan Ujian Diskusi :7 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan pembelajaran sains bagi anak berkebutuhan khusus atau mengalami gangguan | (a)Menganalisis pembelajaran sains bagi anak berkebutuhan khusus - Menjelaskan pembelajaran sains bagi anak berkebutuhan khusus; (b)Membuat tugas perencanaan bagi anak berkebutuhan khusus | (a)Pembelajaran sains untuk anak yang mengalami gangguan visual; (b)Pembelajaran sains untuk anak yang mengalami gangguan pendengaran; (c)Pembelajaran sains untuk anak yang mengalami gangguan fisik motorik; (d)Pembelajaran sains untuk anak yang mengalami gangguan emosional | Metode: Ekspositori dan inquiri (Ceramah dan tanya jawab) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang kontrak MK, dan pengertian dan pentingnya pengembangan materi. Teknik: Tulisan makalah dan presentasi | (a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menguraikan permasalahan pembelajaran sains pada anak usia dini di Indonesia dan solusinya. |
(a)Menganaliasis permasalahan pembelajaran sains pada anak usia dini di Indonesia; (b)Menguraikan permasalahan pembelajaran sains pada anak usia dini di Indonesia; (c)Menguraikan cara beradaptasi dan mengatasi permasalahan pada pembelajaran sains |
(a)Pengmbangan sains berbasis sosio kultural dan dinamika lingkungan; (b) Dilema dan hambatan pengembanga n sains pada anak usia dini; (c)Optimalisasi peran partisipan dalam pengembanga n |
Metode: Brainstorming, diskusi kelompok, ekspositori, dan inquiri |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang kontrak MK, dan pengertian dan pentingnya pengembangan materi. Teknik: Tulisan makalah dan presentasi | (a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menggambarkan makna, ruang lingkup, strategi/metode, dan tujuan pembelajaran sain dalam konten bumi dan jagat raya, serta fisika (magnet, gravitasi, pengukuran, menimbang, warna) |
(a)Merencanakan pembelajaran sains dengan berbagai tema (bumi dan jagat raya, fisika); (b)Mengimplement asikan pembelajaran sains dengan berbagai tema (bumi dan jagat raya, fisika); (c)Membuat laporan kajian konten makna, ruang lingkup, tujuan, serta pendidikan sains dalam konten (bumi dan jagat raya, fisika) |
(a)Makna bumi dan jagat raya; (b)Keterampilan yang dikembangkan; (c)Ruang lingkup materi pembelajaran (d)Strategi/metode pembelajaran; (e)Tujuan pembelajaran |
Metode: Presentasi, Diskusi, dan Team Based Project |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok |
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 9 Audio :4 Video :3 | ||||||||
| 10 | PTS | Mahasiswa mampu membuat kegiatan pembelajaran sains | Materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 7 | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Portofolio/ hasil karya/ observasi | Buku, PPT, dan Videoa |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menggambarkan makna, ruang lingkup, strategi/metode, dan tujuan pembelajaran sain dalam konten kelestarian alam | (a)Merencanakan pembelajaran sains dengan berbagai tema (kelestarian alam); (b)Mengimplement asikan pembelajaran sains dengan berbagai tema (kelestarian alam); (c)Membuat laporan kajian konten makna, ruang lingkup, tujuan, serta pendidikan sains dalam konten (kelestarian alam) | (a)Makna kelestarian alam; (b)Keterampilan yang dikembangkan; (c)Ruang lingkup materi pembelajaran (d)Strategi/metode pembelajaran; (e)Tujuan pembelajaran | Metode: Presentasi, Diskusi, dan Team Based Project |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok | (a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu menggambarkan makna, ruang lingkup, strategi/metode, dan tujuan pembelajaran sain dalam konten biologi (tanaman, rasa dan bau) |
(a)Merencanakan pembelajaran sains dengan berbagai tema biologi (tanaman, rasa dan bau) dan teknologi; (b)Mengimplement asikan pembelajaran sains dengan berbagai tema biologi (tanaman, rasa dan bau) dan teknologi; (c)Membuat laporan kajian konten makna, ruang lingkup, tujuan, serta pendidikan sains dalam konten biologi (tanaman, rasa dan bau) dan teknologi |
(a)Makna biologi (tanaman, rasa dan bau); (b)Keterampilan yang dikembangkan; (c)Ruang lingkup materi pembelajaran (d)Strategi/metode pembelajaran; (e)Tujuan pembelajaran |
Metode: Presentasi, Diskusi, dan Team Based Project | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok | (a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :3 Video :1 | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menggambarkan makna, ruang lingkup, strategi/metode, dan tujuan pembelajaran sain dalam konten teknologi | (a)Merencanakan pembelajaran sains dengan berbagai tema biologi (tanaman, rasa dan bau) dan teknologi; (b)Mengimplement asikan pembelajaran sains dengan berbagai tema biologi (tanaman, rasa dan bau) dan teknologi; (c)Membuat laporan kajian konten makna, ruang lingkup, tujuan, serta pendidikan sains dalam konten dan teknologi | (a)Makna teknologi; (b)Keterampilan yang dikembangkan; (c)Ruang lingkup materi pembelajaran (d)Strategi/metode pembelajaran; (e)Tujuan pembelajaran | Metode: Presentasi, Diskusi, dan Team Based Project | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok | (a)Makna biologi (tanaman, rasa dan bau) dan teknologi; (b)Keterampilan yang dikembangkan; (c)Ruang lingkup materi pembelajaran (d)Strategi/metode pembelajaran; (e)Tujuan pembelajaran |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :2 | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu merancang , mengaplikasikan dan mengevaluasi suatu kegiatan sains untuk anak |
(a)Kemampuan merancang Kegiatan sains secara tahapan demi tahapan; (b)Mengevaluasi pembelajaran sains yang telah dilakukan |
Merancang kegiatan pembelajaran sains untuk anak usia dini. Contohnya, mencakup; sains, biologi, fisika, ilmu bumi, ekologi, teknologi, dan lain-lainnya |
Presentasi dan Group discussion Metode: Presentasi, Diskusi, dan Team Based Project |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok (RPPH dan Asesmen) |
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran terkait dengan rancangan pembelajaran sains yang dibuatnya |
(a)Merancang media pembelajaran sains sesuai dengann RPPH; (b)Mengaplikasikan media pembelajaran |
Media pembelajaran terkait dengan rancangan pembelajaran sains yang dibuatnya |
Presentasi dan Group discussion Metode: Presentasi, Diskusi, dan Team Based Project |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok (produk/media) |
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu mengaplikasikan hasil rancangan pembelajaran sains | (a)Merancang media pembelajaran sains sesuai dengann RPPH; (b)Mengaplikasikan media pembelajaran | Media pembelajaran terkait dengan rancangan pembelajaran sains yang dibuatnya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok (produk/media) | (a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
|
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu mengaplikasikan hasil rancangan pembelajaran sains |
Mengaplikasikan atau mempraktikkan hasil rancangan pembe lajaran sains |
Praktik program pembelajaran sains pada anak usia dini |
praktikum/ mikroteaching, Diskusi, dan Team Based Project |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok (produk/ media) |
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu mengaplikasikan hasil rancangan pembelajaran sains |
Mengaplikasikan atau mempraktikkan hasil rancangan pembe lajaran sains |
Praktik program pembelajaran sains pada anak usia dini |
praktikum/ mikroteaching, Diskusi, dan Team Based Project |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya membahas tentang cara anak mempelajari (Team Based Project) Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok (produk/ media) |
(a)Nugara, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Bandung: JILSI Foundation; (b)Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | PAS | Mengaplikasikan atau mempraktikkan hasil rancangan pembe lajaran sains di lingkungan PAUD |
Praktik program pembelajaran sains pada anak usia dini di lingkungan PAUD | praktikum/ mikroteaching, Diskusi, dan Team Based Project | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Teknik: Lembar Portofolio/ Hasil proyek kelompok (produk/ media) | Materi dari pertemuan 8 sampai dengan 15 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5piaud5-SAINS dan Pembelajaran AUD / Science and Learning in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 5 KELAS B, Dosen : Novi Hidayati, M.Pd., Hari: Sabtu, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon