Metodologi Penulisan Ilmiah / Scientific Papers (2 SKS) 3 KELAS C M. SAUKI, MA., M.Ag., Sabtu, 16.00 s.d 17.15

Publikasi Unusia

Metodologi Penulisan Ilmiah / Scientific Papers (2 SKS) 3 KELAS C M. SAUKI, MA., M.Ag., Sabtu, 16.00 s.d 17.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Kode Matakuliah x3pai1
Nama Matakuliah Metodologi Penulisan Ilmiah / Scientific Papers
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan M. SAUKI, MA., M.Ag.
Peserta Perkuliahan 2022.1.25.1.03082 - AA FATURROHMAN,
2022.1.25.1.03085 - ABDUL HANAN,
2022.1.25.1.03087 - ABDUL MUHYI,
2022.1.25.1.03089 - ACHMAD ABDURROUF,
2022.1.25.1.03090 - ADE IRWANTO,
2022.1.25.1.03091 - AFIF MAULANA,
2022.1.25.1.03092 - AHMAD ALI,
2022.1.25.1.03093 - AHMAD ZUHAIR SYAFIQ,
2022.1.25.1.03099 - AMIN LUTHFI MARDHOTILLAH,
2022.1.25.1.03103 - ARUM RUMANATIS SA'ADAH,
2022.1.25.1.03112 - DINDA SYIFA DAHLIA,
2022.1.25.1.03116 - FAIDA KORIMAH,
2022.1.25.1.03121 - IBNU HAJAR,
2022.1.25.1.03123 - IIN MARYANAH,
2022.1.25.1.03128 - INDI MAULIDINA,
2022.1.25.1.03129 - INDRIYANI SAMBA PURWANTI,
2022.1.25.1.03133 - LUKMAN NURHAKIM,
2022.1.25.1.03134 - M.HAIKAL QOWI,
2022.1.25.1.03137 - MUH ARYAN RAJAB,
2022.1.25.1.03140 - MUHAMMAD AKILUN,
2022.1.25.1.03143 - MUHAMMAD FAIZAR KHADAFI,
2022.1.25.1.03148 - MUKHLISIN,
2022.1.25.1.03150 - NENTI AGUSTIN,
2022.1.25.1.03155 - NURUS SOBAH,
2022.1.25.1.03160 - REJA SANJAYA,
2022.1.25.1.03161 - RIFKI ARBI HANAFI,
2022.1.25.1.03170 - SITI NUR'AZIZAH,
2022.1.25.1.03172 - SITI ROFIATUDDAROJAH,
2022.1.25.1.03179 - VIKA AVNI VANIA SUHERMAN,
2022.1.25.1.03180 - VIKRIA,
2022.1.25.1.03183 - WILDAN MUBAROK,
2022.1.25.1.03186 - YUSTIASIH,
2022.1.25.1.03197 - FIRMANSYAH KHUMAEDY,
23S1PAI0083 - ALI MURTADLO

2. Deskripsi Pembelajaran

Tujuan Mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah ini adalah untuk mengasah keterampilan menulis dalam menghadapi Era Digital. Substansi mata kuliah ini difokuskan pada menulis akademik dan menulis populer berupa makalah, proposal, skripsi, dan esai dalam menghadapi era Digital. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa dibimbing agar memiliki kompetensi dan performansi yang memadai dalam menulis karangan ilmiah. Untuk ini, mahasiswa harus mengetahui: tujuan dan manfaat menulis karangan ilmiah, proses penulisan karangan ilmiah, peran sumber bahan dalam karangan ilmiah, dan kaidah bahasa dalam karangan ilmiah. Setelah memahami teori terkait keempat hal tersebut secara rinci dan mendalam, diharapkan mampu mengimplementasikan nya dalam menulis karangan ilmiah. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan: (1) tujuan dan manfaat menulis karangan ilmiah, (2) proses penulisan karangan ilmiah, (3) peran sumber bahan dalam karangan ilmiah, dan (4) kaidah-kaidah penggunaan bahasa dalam karangan ilmiah (terkait dengan ejaan, diksi, kalimat dan paragraf). Berbekal pencapaian keempat tujuan itu, mahasiswa diharapkan (5) mampu membuat karya ilmiah sederhana, dalam rangka berlatih menerapkan teori yang sudah dipelajari. Setelah itu mahasiswa pun diharapkan (6) mampu menyunting naskah sendiri, sehingga menghasilkan karya ilmiah yang lebih baik dan mampu menghapi tantangan perkembangan karya tulis ilmiah di Era Digital.
.

3. Capaian / Kompetensi

1. Mampu mengetahui, memahami, konsep penulisan ilmiah, teori dan teknik penulisan ilmiah, sehingga dapat mengaplikasikan dalam bentuk proposal, makalah, skripsi dan esai dalam menghadapi era Digital.
2. Mampu. menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra dalam menghadapi era Digital.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Penjelas RPS di era Digital, arah dan tantangan matakuliah Penulisan Karya Ilmiah di Era Digital Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan • Mampu memahami sistem perkuliahan, sistem penilaian, dan tata tertib kuliah di Era Digital
• Mengetahui maksud dan tujuan perkuliahan dalam mengahadapi era Digital
4. Dryden, Gordon & Jeannette Voss. Revolusi Cara Belajar: Bagian I Keajaiban Pikiran (Terjemahan). Bandung: Kaifa, 2000.
5. Faisal, Sanapiah. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar dan Aplikasi. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh, 1990.
6. Keraf, Gorys. Komposisi. Flores: Penerbit Nusa Indah, 2004.
7. “Menulis itu Gampang dan Perlu,” Yang Muda, No. 3/II/1407/1986.
8. Panuti-Sudjiman, Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1990.
9. Pranowo, et.al. Teknik Menulis Makalah Seminar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
10. Prayitno, Harun Joko, et.al. (ed.). Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2004.
11. Rivai, Mien A. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2005.
12. Soemanto, Wasty. Pedoman Teknik Penulisan Skripsi (Karya Ilmiah). Jakarta, Bumi Aksara, 2005.
13. Sumaridia, AS Haris. Menulis Artikel dan Tajuk Rencana: Panduan Praktis Penulis & Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2005
• Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
4. Dryden, Gordon & Jeannette Voss. Revolusi Cara Belajar: Bagian I Keajaiban Pikiran (Terjemahan). Bandung: Kaifa, 2000.
5. Faisal, Sanapiah. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar dan Aplikasi. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh, 1990.
6. Keraf, Gorys. Komposisi. Flores: Penerbit Nusa Indah, 2004.
7. “Menulis itu Gampang dan Perlu,” Yang Muda, No. 3/II/1407/1986.
8. Panuti-Sudjiman, Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1990.
9. Pranowo, et.al. Teknik Menulis Makalah Seminar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
10. Prayitno, Harun Joko, et.al. (ed.). Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2004.
11. Rivai, Mien A. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2005.
12. Soemanto, Wasty. Pedoman Teknik Penulisan Skripsi (Karya Ilmiah). Jakarta, Bumi Aksara, 2005.
13. Sumaridia, AS Haris. Menulis Artikel dan Tajuk Rencana: Panduan Praktis Penulis & Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2005
Catatan Ujian Diskusi :14 Materi Tidak ada tugas Audio Video
2 Tentang prinsip dasar karya tulis ilmiah dan Struktur berpikir logis dalam karya tulis ilmiah dalam menghadapi era Digital Digital Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendeskripsikan landasan filosofis, positivistisme dan sumber pengetahuan
• Mengetahui kategori karya tulis ilmiah
• Mampu menjelaskan pengertian dan fungsi kreteria keilmiahan, kreteria konseptual dalam era Digital
1) Pengertian, Ruang Lingkup, ciri dan jenis Karya tulis research based • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
Tahapan-tahapan penulisan karya tulis Ilmiah
Catatan Ujian Diskusi :24 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
3 Tahapan-tahapan penulisan karya tulis Ilmiah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan struktur sistematikan ilmiah Tahapan-tahapan penulisan karya tulis Ilmiah • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
1. Abdul Razak, Kalimat Efektif, Struktur, Gaya dar Variasi.
2. Seksi Bahasa Indonesia, Teknik Penulisan Karangar Ilmiah, Pidato dan Diskusi.
3. S. Amran Rasai, Cermat Berbahasa Indonesia.
4. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat IImu.
5. Anton M. Mulyono, Ciri-Ciri Bahasa Indonesia yang Baku dalam Politik Bahasa Indonesia.
6. Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif.
7. Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu dan Filsafat.
8. G. J. Kemeny, Philosopher Looks at Science.
9. Winarno Surachmad, Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi.
Catatan Ujian Diskusi :21 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
4 Mekanisme, penyusunan Penulisan dokumen karya tulis ilmiah dan Mengungkap kan gagasan dari sebuah fakta yang terkini Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikanfaktor kesulitan menulis ilmiah di era Digital
• Kreteria prosedural karya tulis ilmiah
• Mampu menjelaskan struktur dokumen karyatulis ilmaih
• Mampu menjelaskan isi karya tulis ilmiah (esai)
Mekanisme, penyusunan Penulisan dokumen karya tulis ilmiah dan Mengungkap kan gagasan dari sebuah fakta yang terkini • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
1. Abdul Razak, Kalimat Efektif, Struktur, Gaya dar Variasi.
2. Seksi Bahasa Indonesia, Teknik Penulisan Karangar Ilmiah, Pidato dan Diskusi.
3. S. Amran Rasai, Cermat Berbahasa Indonesia.
4. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat IImu.
5. Anton M. Mulyono, Ciri-Ciri Bahasa Indonesia yang Baku dalam Politik Bahasa Indonesia.
6. Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif.
7. Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu dan Filsafat.
8. G. J. Kemeny, Philosopher Looks at Science.
9. Winarno Surachmad, Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi.
Catatan Ujian Diskusi :26 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mekanisme, penyusunan dokumen karya tulis ilmiah dan Kutipan langsung dan tidak langsung, serta catatan kaki (ibid, opcit, dan lokcit) • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
Catatan Ujian Diskusi :18 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mekanisme, penyusunan dokumen karya tulis ilmiah dan Kutipan langsung dan tidak langsung, serta catatan kaki (ibid, opcit, dan lokcit) • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
1. Abdul Razak, Kalimat Efektif, Struktur, Gaya dar Variasi.
2. Seksi Bahasa Indonesia, Teknik Penulisan Karangar Ilmiah, Pidato dan Diskusi.
3. S. Amran Rasai, Cermat Berbahasa Indonesia.
4. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat IImu.
5. Anton M. Mulyono, Ciri-Ciri Bahasa Indonesia yang Baku dalam Politik Bahasa Indonesia.
6. Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif.
7. Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu dan Filsafat.
8. G. J. Kemeny, Philosopher Looks at Science.
9. Winarno Surachmad, Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi.
Catatan Ujian Diskusi :26 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyiapkan Karya Tulis Ilmiah • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
1. Abdul Razak, Kalimat Efektif, Struktur, Gaya dar Variasi.
2. Seksi Bahasa Indonesia, Teknik Penulisan Karangar Ilmiah, Pidato dan Diskusi.
3. S. Amran Rasai, Cermat Berbahasa Indonesia.
4. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat IImu.
5. Anton M. Mulyono, Ciri-Ciri Bahasa Indonesia yang Baku dalam Politik Bahasa Indonesia.
6. Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif.
7. Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu dan Filsafat.
8. G. J. Kemeny, Philosopher Looks at Science.
9. Winarno Surachmad, Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi.
Catatan Ujian Diskusi :19 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menulis dan menyusun Karya Tulis Ilmiah (Kata pengantar dan daftar pustaka • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
1. Abdul Razak, Kalimat Efektif, Struktur, Gaya dar Variasi.
2. Seksi Bahasa Indonesia, Teknik Penulisan Karangar Ilmiah, Pidato dan Diskusi.
3. S. Amran Rasai, Cermat Berbahasa Indonesia.
4. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat IImu.
5. Anton M. Mulyono, Ciri-Ciri Bahasa Indonesia yang Baku dalam Politik Bahasa Indonesia.
6. Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif.
7. Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu dan Filsafat.
8. G. J. Kemeny, Philosopher Looks at Science.
9. Winarno Surachmad, Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Kajian Pustaka • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
1. Abdul Razak, Kalimat Efektif, Struktur, Gaya dar Variasi.
2. Seksi Bahasa Indonesia, Teknik Penulisan Karangar Ilmiah, Pidato dan Diskusi.
3. S. Amran Rasai, Cermat Berbahasa Indonesia.
4. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat IImu.
5. Anton M. Mulyono, Ciri-Ciri Bahasa Indonesia yang Baku dalam Politik Bahasa Indonesia.
6. Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif.
7. Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu dan Filsafat.
8. G. J. Kemeny, Philosopher Looks at Science.
9. Winarno Surachmad, Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
10 10 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Penyusunan Abstrak • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
1. Abdul Razak, Kalimat Efektif, Struktur, Gaya dar Variasi.
2. Seksi Bahasa Indonesia, Teknik Penulisan Karangar Ilmiah, Pidato dan Diskusi.
3. S. Amran Rasai, Cermat Berbahasa Indonesia.
4. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat IImu.
5. Anton M. Mulyono, Ciri-Ciri Bahasa Indonesia yang Baku dalam Politik Bahasa Indonesia.
6. Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif.
7. Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu dan Filsafat.
8. G. J. Kemeny, Philosopher Looks at Science.
9. Winarno Surachmad, Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Laporan penelitian/hasil penelitian • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
1. Abdul Razak, Kalimat Efektif, Struktur, Gaya dar Variasi.
2. Seksi Bahasa Indonesia, Teknik Penulisan Karangar Ilmiah, Pidato dan Diskusi.
3. S. Amran Rasai, Cermat Berbahasa Indonesia.
4. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat IImu.
5. Anton M. Mulyono, Ciri-Ciri Bahasa Indonesia yang Baku dalam Politik Bahasa Indonesia.
6. Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif.
7. Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu dan Filsafat.
8. G. J. Kemeny, Philosopher Looks at Science.
9. Winarno Surachmad, Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Laporan penelitian/hasil penelitian • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Laporan penelitian/hasil penelitian • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
1. Abdul Razak, Kalimat Efektif, Struktur, Gaya dar Variasi.
2. Seksi Bahasa Indonesia, Teknik Penulisan Karangar Ilmiah, Pidato dan Diskusi.
3. S. Amran Rasai, Cermat Berbahasa Indonesia.
4. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat IImu.
5. Anton M. Mulyono, Ciri-Ciri Bahasa Indonesia yang Baku dalam Politik Bahasa Indonesia.
6. Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif.
7. Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu dan Filsafat.
8. G. J. Kemeny, Philosopher Looks at Science.
9. Winarno Surachmad, Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Evaluasi dan Review • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Evaluasi dan Review Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
1. Abdul Razak, Kalimat Efektif, Struktur, Gaya dar Variasi.
2. Seksi Bahasa Indonesia, Teknik Penulisan Karangar Ilmiah, Pidato dan Diskusi.
3. S. Amran Rasai, Cermat Berbahasa Indonesia.
4. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat IImu.
5. Anton M. Mulyono, Ciri-Ciri Bahasa Indonesia yang Baku dalam Politik Bahasa Indonesia.
6. Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif.
7. Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu dan Filsafat.
8. G. J. Kemeny, Philosopher Looks at Science.
9. Winarno Surachmad, Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
17 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Evaluasi dan Review • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
1. Abdul Razak, Kalimat Efektif, Struktur, Gaya dar Variasi.
2. Seksi Bahasa Indonesia, Teknik Penulisan Karangar Ilmiah, Pidato dan Diskusi.
3. S. Amran Rasai, Cermat Berbahasa Indonesia.
4. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat IImu.
5. Anton M. Mulyono, Ciri-Ciri Bahasa Indonesia yang Baku dalam Politik Bahasa Indonesia.
6. Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif.
7. Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu dan Filsafat.
8. G. J. Kemeny, Philosopher Looks at Science.
9. Winarno Surachmad, Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
18 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Evaluasi dan Review • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
1. Abdul Razak, Kalimat Efektif, Struktur, Gaya dar Variasi.
2. Seksi Bahasa Indonesia, Teknik Penulisan Karangar Ilmiah, Pidato dan Diskusi.
3. S. Amran Rasai, Cermat Berbahasa Indonesia.
4. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat IImu.
5. Anton M. Mulyono, Ciri-Ciri Bahasa Indonesia yang Baku dalam Politik Bahasa Indonesia.
6. Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif.
7. Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu dan Filsafat.
8. G. J. Kemeny, Philosopher Looks at Science.
9. Winarno Surachmad, Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
19 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Evaluasi dan Review • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka)
• Chat reguler (Sinkron virtual : daring online-ecampus)
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit • Merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi atau tanya jawab
• Quis
1. Abdul Razak, Kalimat Efektif, Struktur, Gaya dar Variasi.
2. Seksi Bahasa Indonesia, Teknik Penulisan Karangar Ilmiah, Pidato dan Diskusi.
3. S. Amran Rasai, Cermat Berbahasa Indonesia.
4. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat IImu.
5. Anton M. Mulyono, Ciri-Ciri Bahasa Indonesia yang Baku dalam Politik Bahasa Indonesia.
6. Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif.
7. Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu dan Filsafat.
8. G. J. Kemeny, Philosopher Looks at Science.
9. Winarno Surachmad, Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
20 20 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. Kiat Menulis Karya Ilmiah Berkualitas - Ridwan Abdullah Sani - Inteligensia Media (Kelompok Penerbit Intrans Publishing)-2020
  2. GURU MULIA LEWAT KARYA: Bunga Rampai Artikel Workshop LKTI Yayasan Jamaah Pasrah dan Kemenag - Ulfah Hidayati;S.Sos.; dkk - CV. Pilar Nusantara-2020
  3. Buku Panduan Karya Tulis Ilmiah Edisi Revisi - Hartini H.; M.Si.; Aisyara Yuliandari; M.Biomed.; Yeli Hartuti; M.Si. - Deepublish-2021
  4. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah - Ahmad Khairul Nuzuli - Jejak Pustaka-






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x3pai1-Metodologi Penulisan Ilmiah / Scientific Papers (2 SKS), Semester: 3 KELAS C, Dosen : M. SAUKI, MA., M.Ag., Hari: Sabtu, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS