Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Gunungjati Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Gunungjati Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Gunungjati Kabupaten Cirebon
Penulis: JATI PURNOMO
Abstrak: ABSTRAK JATI PURNOMO. NIM. 2013.16.01652 HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GUNUNGJATI KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Gunungjati Kabupaten Cirebon. Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya suatu kompetensi yang secara khusus hanya terdapat pada dunia pendidikan yaitu kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik harus dimiliki oleh setiap guru agar mampu mengelola pembelajaran siswa di dalam kelas. Secara luas kompetensi memiliki peran dalam peningkatan mutu pendidikan. Mutu pendidikan yang baik dapat dilihat dengan adanya hasil belajar siswa yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Gunungjati Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunungjati yang berjumlah 309 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan data primer dalam bentuk angket/kuisioner yang dibagikan ke siswa sebagi responden untuk mendapatkan data kompetensi pedagogik guru sebagai variabel X dan data sekunder dalam bentuk dokumentasi hasil belajar siswa yang ada pada guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada ulangan harian siswa bab iman kepada kitab Allah sebagai variabel Y. Data penelitian yang telag terkumpul kemudian dianalisis korelasinya menggunakan program SPSS 17.0. Hasil perhitungan statistik koefisien korelasi menggunakan program SPSS 17.0 menunjukkan adanya korelasi yang positif antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai positif pada perhitungan program SPSS 17.0 sebesar 0,131 pada taraf signifikan 5% dengan interpretasi koefisien korelasi hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gunungjati sangat rendah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan positif dan motivasi bagi pihak sekolah agar memaksimalkan kompetensi pedagogik yang telah dimiliki oleh guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara umum dan secara khusus di SMP Negeri 1 Gunungjati Kabupaten Cirebon.
Deskripsi: Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Hubungan, Kompetensi Pedagogik Guru. Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQMzwpnZMhmFyeVGFS4q8d2sxMi4yuJYSLPO8WSGkAkSNAVfITiqCLfCiOX1%2FVsp0hKuQiXe4YmhSlhJtvNVMYtLHrYm1xgvURjk0AtxxKXlnXkDYZ1CLYquDZSVZRs40ClsqmFGCSG8BXNvoq3wjlpdzqc8dX9kM%2FE%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273963878_S ... ull - freepdfconverter.pdf 2.097Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273964933_Cover Skripsi ok.jpg 66.33Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Gunungjati Kabupaten Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya