| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Kode Matakuliah | x3pgmi8 |
| Nama Matakuliah | Desain Pembelajaran Fiqih MI/SD / Fiqh Design for Elementary School |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Taufiqurrahman, MA |
| Peserta Perkuliahan | 2022.3.10.1.00727 - EVA FAJRIYAH, 2022.3.10.1.00728 - FAHMI IDRIS, 2022.3.10.1.00729 - FARAH SALMA MUFIDAH, 2022.3.10.1.00734 - GITA FITRI, 2022.3.10.1.00737 - IKA SETIA PURNAMA, 2022.3.10.1.00738 - IMROATUN NADIYA, 2022.3.10.1.00739 - INDRI WULAN ROMADHON, 2022.3.10.1.00740 - ISMATUN INAYAH, 2022.3.10.1.00750 - NABILA JANAN, 2022.3.10.1.00757 - NORA NOVITA, 2022.3.10.1.00766 - RATU SENJANI, 2022.3.10.1.00767 - RIHAD NURUL IMAN, 2022.3.10.1.00769 - SIFA ULZANAH, 2022.3.10.1.00771 - SITI FITRIA, 2022.3.10.1.00775 - SUGIARTI, 2022.3.10.1.00776 - SYABILA RAMADHANI |
MATA KULIAH INI MEMPELAJARI TENTANG KONSEP FIQI DAN IBADAH DALAM ISLAM, PENGURUSAN JENAZAH DAN HIKMAHNYA, ZAKAT DAN HIKMAHNYA, HAJI DAN UMRAH, QURBAN DAN AQIQAH, KEPEMILIKAN DALAM ISLAM, PEREKONOMIAN DALAM ISLAM, PELEPASAN DAN PERUBAHAN KEPEMILIKAN HARTA, WAKALAH DAN SULHU, DHAMMAN DAN KAFALAH, RIBA BANK DAN ASURANSI, JINAYAT DAN HIKMAHNYA, HUDUD DAN HIKMAHNYA, PERADILAN ISLAM, PERNIKAHAN DALAM ISLAM, HUKUM WARISAN DALAM ISLAM
MAHASISWA MAMPU MEMAHAMI, MENERAPKAN DAN MENGANALISIS PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, PROSEDURAL TENTANG FIQH DAN MAMPU MENERAPKAN DALAM PEMBELAJARAN SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN DENGAN BERBAGAI PENDEKATAN, METODE YANG RELEVAN
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Kontrak perkuliahan | Mahasiswa mampu memahami tugas dan metode yang akan digunakan dalam perkuliahan | RPS dan Silabus perkuliahan | Menyimak, Mengamati, dan Mendiskusikan | 2 x 50 menit | Pemahaman terhadap tugas dan kontrak perkuliahan | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Desian Pembelajaran Berbasis SCL | Mahasiswa mampu menjelaskan dan membedakan prinsip desian pembelajaran berbasis TCL dan SCL | PPT, dan ebook | Colaborative learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menganalisis | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaska dan analisis | PPT, dan ebook |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Desain Pembelajaran Fiqih dengan materi Puasa | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan materi perkuliahan | Video dan Contoh RPP | Collaborative Learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan membuat desain pembelajaran sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran | Video dan Contoh RPP |
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :2 MEMBUAT MODUL AJAR BERDASAR PA... Audio Video :1 | ||||||||
| 4 | DESAIN PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI HAJI DAN UMRAH |
Mahasiswa mampu membuat desain pembelajaran genius learning pada materi Haji dan Umroh | Artikel dan hasil penelitian | Collaborative Learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan analisis dan desain pembelajaran dengan mengacu pada kurikulum merdeka | Artikel dan hasil penelitian |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 MEMBUAT DESAIN PEMBELAJARAN GE... Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | 10 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | 20 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3pgmi8-Desain Pembelajaran Fiqih MI/SD / Fiqh Design for Elementary School (2 SKS), Semester: 3 KELAS B, Dosen : Taufiqurrahman, MA, Hari: Sabtu, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon