Ayat dan Hadits Tarbawi / Tarbawi Verses and Hadith (2 SKS) 3 KELAS D Ahmad A. Khozim, M.A., M.Pd, Sabtu, 14.15 s.d 15.30

Publikasi Unusia

Ayat dan Hadits Tarbawi / Tarbawi Verses and Hadith (2 SKS) 3 KELAS D Ahmad A. Khozim, M.A., M.Pd, Sabtu, 14.15 s.d 15.30

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kode Matakuliah x3piaud6
Nama Matakuliah Ayat dan Hadits Tarbawi / Tarbawi Verses and Hadith
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Ahmad A. Khozim, M.A., M.Pd
Peserta Perkuliahan 2022.4.10.1.01561 - RENIJAH,
2022.4.10.1.01562 - SRI RIZKI YULIATI,
2022.4.10.1.01563 - SOLEHA,
2022.4.10.1.01564 - DESY DWI LESTARI,
2022.4.10.1.01565 - ZULI SUGIARTI,
2022.4.10.1.01566 - LIANAWATI,
2022.4.10.1.01568 - RINA INDRIANI,
2022.4.10.1.01569 - ISAH,
2022.4.10.1.01570 - ROKANAH,
2022.4.10.1.01572 - ETI SETIAWATI,
2022.4.10.1.01573 - NURAENI,
2022.4.10.1.01574 - ROHAYATI,
2022.4.10.1.01575 - KAPSAH WINANDAH,
2022.4.10.1.01576 - SATINA,
2022.4.10.1.01577 - NYI RADEN MARIA KOSASIH,
2022.4.10.1.01578 - FAT ANIK WINARSIH,
2022.4.10.1.01579 - PUJAWATI,
2022.4.10.1.01582 - SISTIYANI,
2022.4.10.1.01583 - RENI SETIANINGSIH

2. Deskripsi Pembelajaran

hadist yang merupakan sumber hukum kedua setelah alquran memiliki arti dan fungsi sangat besar bagi umat islam.
Salah stu fungsi utamanya di antara nya adalah bahwa hadist menjadi tafsir (penjelas) terhadap hal-hal yang tidak di rinci secara detail oleh alquram, Faktor kecuali dalam hal yang terkait dengan masalah pendidikan dalam perspektif inilah pembelajaran hadist tarbawi. Di orientasikan pada pemahaman dan pendalaman terhadap apa yang menjadi basik kopetensi mahasiswa di fakultas tarbiyah atau pendidikan tentang seluk beluk pendidikan bedasarkan hadist-hadist nabi penyesuaian terhadap dali-dalil tentang pendidikan yang bersumber dari hadist-hadist nabi Muhamad SAW.

3. Capaian / Kompetensi

1. Memahami dan mengetahui hadist-hadist yang berhubungan dengan pendidikan.
2. Mampu menganalisa hadist-hadist nabi yang berhubungan dengan pendidikan sesuai dengan kontek keislaman.
3. Dapat menerapkan hadist-hadist pendidikan kelak ketika terjun di dunia pendidikan

4. Mampu menghapal sebagian hadist nabi yang berhubungan dengan pendidikan

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 TATA TERTIB DAN KONTRAK PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
2 Mampu memahami pengertian, tujuan, dan karakteristik Pendidikan islam bedasarkan hadist Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
3 Mampu memahami dan menerapkan dasar filosofi pendidikan islam bedasarkan hadist Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
4 Mampu memahami keutamaan menuntut ilmu bedasarkan hadist Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
5 Mampu memahami pentingnya guru sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan islam Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Mampu memahami pentingnya guru sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan islam Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 Mampu memahami kedudukan peserta didik dalam pendidikan islam Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 UTS UTS UTS 2 x 50 menit UTS
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mampu memahami dan mengetahui media pendidikan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 mampu memahami dan mengetahui tentang metode pendidikan islam Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 mampu memahami dan mengetahui tentang metode pendidikan islam Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mampu memahami dan mengetahui tentang pengertian kurikulum,fungsi dan arahnya Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Memahami pengertian evaluasi dan fungsinya dalam pendidikan islam Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mampu memahami pentingnya pendidikan anak usia dini dalam pendidikan islam dan pentingnya pembentukan nilai-nilai pendidikan agama dalam lingkungan keluarga Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mampu memahami pentingnya pendidikan anak usia dini dalam pendidikan islam dan pentingnya pembentukan nilai-nilai pendidikan agama dalam lingkungan keluarga Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 UAS UAS UAS 2 x 50 menit UAS
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. DAKWAH DAN PERDEBATAN PLURALISME AGAMA - Muhammadun - BBC PRESS-2020
  2. PLURALISME DAN DIALOG ANTARUMAT BERAGAMA - Muhammadun - BBC PRESS-2020
  3. “MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH” - Muhammadun - BBC PRESS-2020
  4. GERAKAN ISLAM DI INDONESIA - Muhammadun - BBC PRESS-2020
  5. Konsep Ijtihad Wahbah Az-Zuhaili - Dr. Muhammadun, M.S.I - syntax publishing-2021
  6. Pluralisme Hukum Dalam Bingkai Masyarakat Madani: Masa Nabi dan Masa Kini - Muhammadun, M.S.I - JURNAL INDO-ISLAMIKA, 2014-2021
  7. WASATIYAH SEBAGAI PILAR PERADABAN - Muhammadun - BBC PRESS-2021
  8. PERAN GERAKAN SEWU-SEWU - Muhammadun - BBC PRESS-2021
  9. Sumber, metode dan apikasi fikih Wahbah az-Zuhaili - Dr. Muhammadun, M.S.I - CV. Syntax Computama-2021
  10. Sejarah hukum keluarga di Syiria dan biografi intelektual Wahbah Az-Zuhaili - Dr. Muhammadun, M.S.I - CV. Syntax Computama-2021
  11. WAHBAH AL-ZU$AIL* DAN PEMBARUAN HUKUM ISLAM ( FIKIH MODERAT ) - Dr. Muhammadun, M.S.I - Jurnal Mahakamah IAIN SYEH NUR JATI CIREBON-2021
  12. PEMIKIRAN HUKUM ISLAM WAHBAH AZ-ZUHAILY - Muhammadun - -2019
  13. The Dissemination of Moderate Islam in Digital Campus - Angga Marzuki - Atlantis Pres-2022






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x3piaud6-Ayat dan Hadits Tarbawi / Tarbawi Verses and Hadith (2 SKS), Semester: 3 KELAS D, Dosen : Ahmad A. Khozim, M.A., M.Pd, Hari: Sabtu, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS