EFEKTIVITAS MEDIA KANTONG ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DI PAUD TERPADU 'AISYIYAH KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS MEDIA KANTONG ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DI PAUD TERPADU 'AISYIYAH KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS MEDIA KANTONG ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DI PAUD TERPADU 'AISYIYAH KOTA CIREBON
Penulis: NURUL MA'RIFAH
Abstrak: ABSTRAK NURUL MA’RIFAH, NIM. 2014.3.2.00180 EFEKTIVITAS MEDIA KANTONG ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B PAUD TERPADU ‘AISYIYAH KOTA CIREBON Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidaktertarikan anak TK dalam mengikuti kegiatan pembelajaran berhitung. Oleh karenanya Pemberian stimulasi anak usia dini melalui kegiatan bermain yang bermakna dan menyenangkan dengan media permainan yang bervariasi untuk menarik minat anak dalam mengikuti kegiatan, khususnya pada kegiatan pembelajaran berhitung sesuai dengan judul penelitian skripsi ini. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada anak usia dini dapat membantu proses belajar anak sesuai dengan prinsip bermain seraya belajar dan belajar seraya bermain serta dapat memenuhi kebutuhan jiwa anak dalam tahap proses perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bermain kantong angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung dikelompok B PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Kota Cirebon. Hal yang diteliti dalam penelitian ini adalah kemampuan berhitung AUD dan pemanfaatan media pembelajaran, seperti mengenal bilangan dan lambang bilangan, menyebutkan bilangan, memahami konsep bertambah dan berkurang, serta memahami aturan bermain. Teori yang mendukung dalam penelitian ini yaitu teori tentang media, teori kemampuan berhitung AUD, dan teori tentang perkembangan kognitif menurut Jean Piaget serta kegiatan bermain yang bermakna dan menyenangkan melalui media kantong angka. penelitian ini dilakukan dengan melihat kemampuan berhitung anak sebelum menggunakan media kantong angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan one group pretest posttes design, instrument yang digunakan adalah instrument tes pada subjek penelitian anak didik kelompok B berjumlah 10 orang, terdiri dari perempuan 4 orang dan laki-laki 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan bahwa media kantong angka dapat membantu anak dalam meningkatkan kemampuan berhitung. Terbukti pada pretest (XI) anak yang termasuk kategori cukup baik sebanyak 7 orang (70%) dan pada posttest (X2) anak yang kategori cukup baik meningkat sebanyak 9 orang (90%). Nilai rata-rata pada pretest adalah 61,2 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata 71. Kata kunci : Anak Usia Dini, media kantong angka, kemampuan berhitung
Deskripsi: Kata Kunci : ANAK USIA DINI,MEDIA KANTONG ANGKA, KEMAMPUAN BERHITUNG Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQPng6iTENBBkEvysfWDlMB4CNwi8PopFyQJvLUc%2FbUaOdadNMyJo9MQiV0Wtx8ys9pSYXsnhbGA5NPAiKHtzGOdLp9iDGAhyfWjIuxid2zK3lNRqdblZQA52chKa5YgY%2FcjOtQuz9fQjSLGuhsjry0RB%2FehQaZ44p0%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273958915_BAB 1.pdf 491.2Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273959431_COVER JUDUL.pdf 197.3Kb application/pdf Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS MEDIA KANTONG ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DI PAUD TERPADU 'AISYIYAH KOTA CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya