| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | x3pai3 |
| Nama Matakuliah | Pemimpin Perubahan Pendidikan / Educational Change Leader |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Dr. H. Moh. Soleh, S.Ag.,M.Pd |
| Peserta Perkuliahan | 2022.1.25.1.03198 - AMALIA RAMADHANTI, 2022.1.25.1.03199 - ANA MUFLIKHATUN NISA, 2022.1.25.1.03200 - ANIFAH, 2022.1.25.1.03201 - AZIZ IKHWANUDIN, 2022.1.25.1.03202 - DIMAS EGA FEBRIANSAH, 2022.1.25.1.03203 - IMRON DHIMAS SASONGKO, 2022.1.25.1.03204 - LUM'ATUL MUTAWADI'AH, 2022.1.25.1.03205 - MUHAMMAD NUHDI YAHYA AL AMIN, 2022.1.25.1.03206 - NABIL ZIDANI, 2022.1.25.1.03207 - NURUL AINI, 2022.1.25.1.03208 - REFA FELLY AYUNINGTYAS, 2022.1.25.1.03209 - RIDWAN, 2022.1.25.1.03210 - RITNO, 2022.1.25.1.03211 - RIZAL KURNIAWAN, 2022.1.25.1.03212 - RIZQI MUALIFAH, 2022.1.25.1.03213 - TITIN KHOTHMIATIN, 2022.1.25.1.03214 - UMMU NUR SYAFA, 2022.1.25.1.03215 - ZULFIA ARIFA, 2022.1.25.1.03219 - NUR ALIFAH |
Mata kuliah Pemimpin Perubahan Pendidikan membahas berbagai konsep, teori, fungsi, tipologi, gaya dan model/pendekatan kepemimpinan pada umumnya, maupun inovasi yang dikembangkan dalam bidang pendidikan khususnya pada lembaga pendidikan (sekolah dan madrasah) baik formal maupun nonformal, termasuk karakteristik dan kemampuan yang diperlukan bagi pemimpin-peminpin lembaga pendidikan Islam. Secara umum, mata kuliah Kepemimpinan di Program Studi PAI mempelajari pengertian dan konsep dasar kepemimpinan, syarat-syarat dan prinsip kepemimpinan, kepemimpinan dan manajemen, pendekatan dan model kepemimpinan, tipe dan gaya kepemimpinan, pengembangan dan pembinaan organisasi, peran dan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan serta pemimpin pendidikan yang efektif.
Mahasiswa PAI dapat memahami konsep dan definisi kepemimpinan
2. Mahasiswa PAI mampu mengembangkan dan membentuk kepribadian sebagai seorang pemimpin dalam konteks Indonesia yang multikultural
3. Mahasiswa PAI mampu menganalisis beberapa penelitian tentang best practice seorang pemimpin pendidikan
4. Mahasiswa mengetahui konsep dan karakteristik kepemimpinan pendidikan
5. Mahasiswa mampu membedakan konsep kepemimpinan dan manajemen
6. Mahasiswa memahami konsep pemimpin pendidikan yang sukses dan dapat meningkatkan mutu sekolah
7. Mahasiswa mampu mendiskripsikan kepemimpinan pada konteks yang multikultural dan menantang
5. Mahasiswa mampu mengambil pengetahuan dari analisis terhadap riset-riset tentang kepemimpinan pendidikan
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa mampu dan mengerti ttg kontrak belajar 1 semester | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan PERSIAPAN PEMEBENTUKAN KELOMPOK DISKUSI | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-campus |
| Catatan Ujian :2 Diskusi :1 Materi :4 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 2 | Mahasiswa mengerti dan mampu menjelaskan ttg konsep dasar pemimpin perubahan pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan ttg konsep dasar pemimpin perubahan pendidikan | Kepemimpinan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian :2 Diskusi Materi :5 Buat kelompok pemateri Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 3 | Mahasiswa dapat memahami Syarat dan prinsip-prinsip kepemimpinan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan memahami Syarat kepemimpinan | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian :2 Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 3 Tugas individu pertemuan ke 3 Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 4 | Mahasiswa dapat memahami Syarat dan prinsip-prinsip kepemimpinan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan memahami prinsip-prinsip kepemimpinan | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :2 Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 4 Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 5 | Mahasiswa dapat memahami Kepemimpinan dan gender dalam organisasi pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang kaitan Kepemimpinan dan gender dalam organisasi pendidikan | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 5 Audio :1 Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa dapat memahami Kepemimpinan dan gender dalam organisasi pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang kaitan Kepemimpinan dan gender dalam organisasi pendidikan | Pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :3 Tidak ada tugas Audio :1 Video | ||||||||
| 7 | Mahasiswa dapat memahami makna Kepemimpinan sekolah yang sukses dalam peningkatan mutu pendidikan. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang makna Kepemimpinan sekolah yang sukses dalam peningkatan mutu pendidikan. | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Mahasiswa dapat memahami makna Kepemimpinan sekolah yang sukses dalam peningkatan mutu pendidikan. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan makna Kepemimpinan sekolah yang sukses dalam peningkatan mutu pendidikan. | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa dapat memahami Otoritas Kepemimpinan dalam organisasi pendidikan Syarat dan fungsi leader/ principal dalam organisasi pendidikan formal | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Otoritas Kepemimpinan dalam organisasi pendidikan Syarat dan fungsi leader/ principal dalam organisasi pendidikan formal | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) | Mahasiswa mampu menjaewab pertanyaan PTS | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa dapat memahami Kepimpinan pendidikan pada konteks yang multikultural dan Type kepemimpinan spiritual dalam organisasi pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Kepimpinan pendidikan pada konteks yang multikultural dan Type kepemimpinan spiritual dalam organisasi pendidikan | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa dapat memahami Kepimpinan pendidikan pada konteks yang multikultural dan Type kepemimpinan spiritual dalam organisasi pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Kepimpinan pendidikan pada konteks yang multikultural dan Type kepemimpinan spiritual dalam organisasi pendidikan | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa dapat memahami Konsep pendidikan kenabian (prophetic kepemiminan) persfektif Islam dan memahami makna Kepemimpinan dan inovasi dalam organisasi pendidikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Konsep pendidikan kenabian (prophetic kepemiminan) persfektif Islam dan memahami makna Kepemimpinan dan inovasi dalam organisasi pendidikan | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa dapat memahami Konsep pendidikan kenabian (prophetic kepemiminan) persfektif Islam dan memahami makna Kepemimpinan dan inovasi dalam organisasi pendidikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Konsep pendidikan kenabian (prophetic kepemiminan) persfektif Islam dan memahami makna Kepemimpinan dan inovasi dalam organisasi pendidikan | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa dapat memahami Kepemimpinan dan pengembangan mutu dalam organisasi pendidikan dan Role model kepemimpinan di Sekolah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Kepemimpinan dan pengembangan mutu dalam organisasi pendidikan dan Role model kepemimpinan di Sekolah | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa dapat memahami Role model kepemimpinan di pondok pesantren, Role model kepemimpinan di madrasah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Role model kepemimpinan di pondok pesantren, Role model kepemimpinan di madrasah | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa dapat memahami Role model kepemimpinan di pondok pesantren, Role model kepemimpinan di madrasah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Role model kepemimpinan di pondok pesantren, Role model kepemimpinan di madrasah | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | PAS (PENILAIAN AKHIR SEMESTER) | Mahasiswa mampu menjawab dan menjelaskan soal-soal PAS | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan tanya jawab |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa dapat memahami Kepemimpinan dan pengembangan mutu dalam organisasi pendidikan dan Role model kepemimpinan di Sekolah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Kepemimpinan dan pengembangan mutu dalam organisasi pendidikan dan Role model kepemimpinan di Sekolah | Kajian ttg pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3pai3-Pemimpin Perubahan Pendidikan / Educational Change Leader (2 SKS), Semester: 3 KELAS D, Dosen : Dr. H. Moh. Soleh, S.Ag.,M.Pd, Hari: Sabtu, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon