Pengembangan Kreativitas AUD / Development of Creativity in Early Childhood Education (2 SKS) 5 KELAS B Ratna Purwati,M.Pd., Sabtu, 14.15 s.d 15.30

Publikasi Unusia

Pengembangan Kreativitas AUD / Development of Creativity in Early Childhood Education (2 SKS) 5 KELAS B Ratna Purwati,M.Pd., Sabtu, 14.15 s.d 15.30

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kode Matakuliah x5piaud4
Nama Matakuliah Pengembangan Kreativitas AUD / Development of Creativity in Early Childhood Education
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Ratna Purwati,M.Pd.
Peserta Perkuliahan 2021.4.9.1.01396 - AAN PATMAWATI,
2021.4.9.1.01397 - ADE SUSANA,
2021.4.9.1.01398 - ANI ROHANI,
2021.4.9.1.01399 - ASTIKAH,
2021.4.9.1.01400 - ASTUTI,
2021.4.9.1.01401 - NUR AZIZAH,
2021.4.9.1.01402 - BHAYU INDAH LESTARI,
2021.4.9.1.01403 - CARSINI,
2021.4.9.1.01404 - CUNIASIH,
2021.4.9.1.01405 - DAIMAH,
2021.4.9.1.01406 - DESI RACHMAWATI,
2021.4.9.1.01407 - DEWI,
2021.4.9.1.01410 - ELI PUJI RAHAYU,
2021.4.9.1.01411 - ERVINA AGHNEI ALLIS,
2021.4.9.1.01412 - FAZRIYAH,
2021.4.9.1.01414 - IDA FARIDA,
2021.4.9.1.01415 - IDAH SAADAH,
2021.4.9.1.01416 - IIM FATIMAH,
2021.4.9.1.01417 - IIS SITI UMI HALIMATUSSYADIYAH,
2021.4.9.1.01418 - IPAH,
2021.4.9.1.01419 - LAELATUL MUNAWAROH,
2021.4.9.1.01420 - LINNA ROSSALINA,
2021.4.9.1.01422 - MAHBUBAH,
2021.4.9.1.01424 - MARIANI ERNAWATI,
2021.4.9.1.01425 - MUNIAH,
2021.4.9.1.01426 - NAMI,
2021.4.9.1.01428 - NANI SUWARNI,
2021.4.9.1.01429 - NINA SAKINAH,
2021.4.9.1.01430 - NOVITA DWI FRIDAYANTI,
2021.4.9.1.01433 - RAHMA DHINI,
2021.4.9.1.01434 - RATNA SUMNAR,
2021.4.9.1.01436 - RITA SUGIHARTI,
2021.4.9.1.01437 - RIZKA FAWZIYAH,
2021.4.9.1.01438 - ROHAYATI,
2021.4.9.1.01439 - SABILA KUSUMANINGRUM,
2021.4.9.1.01440 - SINTA LIYANA,
2021.4.9.1.01441 - SITI HERMAWATI,
2021.4.9.1.01443 - SITI MARHAMAH,
2021.4.9.1.01444 - SITI MARIA ULFA,
2021.4.9.1.01447 - SOLEHAH,
2021.4.9.1.01448 - SRI ASIH,
2021.4.9.1.01449 - SRI SUSILAWATI,
2021.4.9.1.01450 - SRI UTAMI DEWI,
2021.4.9.1.01451 - SURATMI,
2021.4.9.1.01452 - THOIFAH FAUZIYAH,
2021.4.9.1.01454 - WAWAT JUNIAWATI,
2021.4.9.1.01455 - WINARSIH,
2021.4.9.1.01456 - WININDA,
2021.4.9.1.01457 - YULIYANTI,
2021.4.9.1.01458 - YUNEDA J. JOHARI,
2021.4.9.1.01459 - YUYUN YUNITA SARI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar kreativitas, konteks kreativitas, karakteristik anak kreatif, asesssen kreativitas , mengembangkan kreativitas, Mengembangkan kreativitas melalui pembelajaran.

3. Capaian / Kompetensi

1. Mahasiswa dapat memahami pengertian adari kognitif anak usia dini
2. Mahasiswa dapat memahami perkembangan kreativitas anak usia dini
3. Mahasiswa dapat memahami implementasi dari perkembangan kognitif dan kreativitas dalam proses pembelajaran

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mengetahui tujuan,
lingkup perkuliahan, pendekatan dan
strategi perkuliahan, evaluasi
perkuliahan
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... urgensi kreativitas untuk anak usia dini Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
2 memahami konsep dasar kreativitas anak usia dini Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 1. konsep dasar kreativitas
2. ciri-ciri anak kreativitas
3. membentuk anak kreatif
4. karakteristik kreativitas
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 MIND MAPPING (KOnsep dasar Kre... Audio Video
3 memahami bidang pengembangan dan pendidikankreativitas anak usia dini Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 1. pengembangan kreativitas bidang moral
2. pengembangan kreativitas bidang kognitif
3. pengembangan kreativitas bidang seni
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :6 Tugas 2 Kreativitas di berbaga... Audio Video
4 memahami 21 ways for creativity Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Nurturung Creativity by Dr. YKK Kam Keong, PhD Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Keong, Kam YKK Yew. 2008. Nurturing Creativity.
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
5 Tips for Nurturing Creative and Happy
Children
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
6 Pengembangan kreativitas keterampilan berbahasa anak Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
7 8 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 PRAKTIK CREATIVITY AND ART Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... PRAKTIK KREATIVITAS DARI BOTOL PLASTIK Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Menggambar dan melukis pada Anak Usia dini Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 1. Teknik Menggambar dan melukis pada Anak Usia dini Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
10 praktik painting AUD Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 KREATIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN KERTAS LIPAT Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
12 Mengembangkan kreativitas dengan media mertas untuk Anak Usia Dini Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Praktik Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mengembangkan kreativitas permainan untuk anak usia dini Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 MENERAPKAN KREATIVITAS PERMAINAN UNTUK ANAK USIA DINI Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... KREATIVITAS PERMAINAN AUD Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Kreasi kolase, montase dan mozaik Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Kreasi mozaik, kolase dan montase Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Praktik kreatifitas Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
17 PAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... MENGERJAKAN PROYEK BUKU KREATIVITAS AUD Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak - Yeni Rachmawati - Prenada Media-2012
  2. Potret Kreativitas Anak Kreatif - Ana Widyastuti; M.Pd - Elex Media Komputindo-2021
  3. Kreativitas Anak (Arena Bermain Anak Cerdas) - Yahyono - Tangga Pustaka-2009
  4. Psikologi Perkembangan: Konsep Pengembangan Kreativitas Anak - Ampun Bantali; S.Pd.I; M.Psi - Jejak Pustaka-
  5. Pengembangan kreativitas anak - I. A. L. Tobing - -1987
  6. Melatih dan Mengembangkan Kreativitas Anak - Yahyono - Tangga Pustaka-2009
  7. Mengembangkan kreativitas anak - Amal Abdus-Salam Khalili - -2005
  8. Teknologi, Meningkatkan atau Memenjarakan Kreativitas Anak? - Omas Salaudin; Bernadetha Harbelubun Peserta Kelas Fiksi & Nonfiksi - Alineaku-2021






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x5piaud4-Pengembangan Kreativitas AUD / Development of Creativity in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 5 KELAS B, Dosen : Ratna Purwati,M.Pd., Hari: Sabtu, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS