Psikologi Perkembangan / Developmental Psychology (2 SKS) 3 KELAS C Hj. Cucum Novianti, MA, Sabtu, 14.15 s.d 15.30

Publikasi Unusia

Psikologi Perkembangan / Developmental Psychology (2 SKS) 3 KELAS C Hj. Cucum Novianti, MA, Sabtu, 14.15 s.d 15.30

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Kode Matakuliah x3pai5
Nama Matakuliah Psikologi Perkembangan / Developmental Psychology
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Hj. Cucum Novianti, MA
Peserta Perkuliahan 2022.1.25.1.03082 - AA FATURROHMAN,
2022.1.25.1.03085 - ABDUL HANAN,
2022.1.25.1.03087 - ABDUL MUHYI,
2022.1.25.1.03089 - ACHMAD ABDURROUF,
2022.1.25.1.03090 - ADE IRWANTO,
2022.1.25.1.03091 - AFIF MAULANA,
2022.1.25.1.03092 - AHMAD ALI,
2022.1.25.1.03093 - AHMAD ZUHAIR SYAFIQ,
2022.1.25.1.03099 - AMIN LUTHFI MARDHOTILLAH,
2022.1.25.1.03103 - ARUM RUMANATIS SA'ADAH,
2022.1.25.1.03112 - DINDA SYIFA DAHLIA,
2022.1.25.1.03116 - FAIDA KORIMAH,
2022.1.25.1.03121 - IBNU HAJAR,
2022.1.25.1.03123 - IIN MARYANAH,
2022.1.25.1.03128 - INDI MAULIDINA,
2022.1.25.1.03129 - INDRIYANI SAMBA PURWANTI,
2022.1.25.1.03133 - LUKMAN NURHAKIM,
2022.1.25.1.03134 - M.HAIKAL QOWI,
2022.1.25.1.03137 - MUH ARYAN RAJAB,
2022.1.25.1.03140 - MUHAMMAD AKILUN,
2022.1.25.1.03143 - MUHAMMAD FAIZAR KHADAFI,
2022.1.25.1.03148 - MUKHLISIN,
2022.1.25.1.03150 - NENTI AGUSTIN,
2022.1.25.1.03155 - NURUS SOBAH,
2022.1.25.1.03160 - REJA SANJAYA,
2022.1.25.1.03161 - RIFKI ARBI HANAFI,
2022.1.25.1.03170 - SITI NUR'AZIZAH,
2022.1.25.1.03172 - SITI ROFIATUDDAROJAH,
2022.1.25.1.03179 - VIKA AVNI VANIA SUHERMAN,
2022.1.25.1.03180 - VIKRIA,
2022.1.25.1.03183 - WILDAN MUBAROK,
2022.1.25.1.03186 - YUSTIASIH,
2022.1.25.1.03197 - FIRMANSYAH KHUMAEDY,
23S1PAI0083 - ALI MURTADLO

2. Deskripsi Pembelajaran

Pada mata kuliah Psikologi Perkembangan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek pada kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai meninggal, dalam materinya mahasiswa belajar tentang perkembangan psikologi manusia sebelum lahir ( pendidikan pre natal), perkembangan anak usia dini, perkembangan anak SD, Perkembangan anak SMP, bahkan perkembangan anak remaja sampai dewasa hingga perkembangan lansia

3. Capaian / Kompetensi

1. Mampu memahami dan menjelaskan pengertian tes,pengukuran,asesmendanevaluasi serta kedudukandan fungsi penilaiuan pembelajaran di PGMI
2. Mampu memahami, dan menjelaskan tentang pengembangan tes yang mampu menghasilkan pengukuran yang valid dan reliabel.
3. Manpu memahami dan menjelaskan pengembangan alat ukur non-tes, sebagai alat untuk memperoleh informasi hasil belajar siswa.
4. Mampu memahami, dan membahas tentang bagaimana cara mengolah iunformasi hasiul belajar siswa yang diperoleh dari tes dan non-tes.
5. Mampu memahami,dan menjelaskan tentangf Validitas dan reliuabilitas alat ukur
6. Mampu memahami danmenjelaskan tentang pemberian nilai dan tindak lanjut penilaian

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Perkembangan Menurut Skinner Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Materi Psikologi Perkembangan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :24 Materi Tidak ada tugas Audio Video
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Perkembangan Anak Pra Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :22 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Perkembangan Psikologi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :24 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Psikologi Perkembangan anak SD Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :21 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... TUGAS PERKEMBANGN PSIKOLOGI ANAK MASA GOLDEN AGE Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :24 Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian :1 Diskusi :19 Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 Memahami dan menyepakati kontrak kuliah dan sistem pembelajaran Kontrak kuliah, silabus, rps, tugas dan sistem pembelajaran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :20 Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 uts Mahasiswa mampu menawab soal-soal uts Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 Mampu memahami Sejarah Perkembangan Anak Penjelasan pengertian Perkembangan Anak dari mulai dari kandungan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pengertian Psikologi Perkembangan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Perkembangan Erickson dan Piaget Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Kebutuhan Dasar manusia menurut Maslow Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
14 Mampu memahami Psikologi dan Psikologi Perkembangan Menjelaskan taentang Psikologi Perkembangan adalah cabang dari ilmu Psikologi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mampu memahami, Hukum Konvergensi Dan Tempo Perkembangan Faktor-faktor yang menghambat Tempo Prekembangan Manusia Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
16 Perkembangan sigmund Freud Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .Teori Perkembangan Sigmund Freud Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
17 Mampu memahami, Masa Peka dan Kepribadian Awal Masa Peka dan Waktu yang terpenting untuk menstumulasi Masa Peka Anak Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
18 Mampu memahami, menjelaskan keunggulan dan kelemahan tesdanmampu merencanakan tes dan kisikisinya Menjelaskankeunggulandan kelemahan tes serta cara mengembangkan tes dankisi kisinya Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
19 Mampu memahami, Irama Perkembangan, betahan dan mempertahankan diri (C4,A2, ) Menjelaskan kosep dasar manusia mampu bertahan dengan solusinya Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
20 mahasiswa mampu memahami aliran-aliran perkemvbangan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan aliran-aliran perkembangan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    Berita

    Artefak perkuliahan Matakuliah: x3pai5-Psikologi Perkembangan / Developmental Psychology (2 SKS), Semester: 3 KELAS C, Dosen : Hj. Cucum Novianti, MA, Hari: Sabtu, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS