| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | x3piaud4 |
| Nama Matakuliah | Kewirausahaan Jasa Pendidikan / Educational Services Entrepreneurship |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Qorina Widadiyah,M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 2022.4.10.1.01469 - ALISA QOTRUNNADA, 2022.4.10.1.01475 - ASMANINGSIH, 2022.4.10.1.01476 - ASROPI, 2022.4.10.1.01490 - ERNAWATI, 2022.4.10.1.01497 - HINDUN SYARIFAH, 2022.4.10.1.01508 - KOSIA, 2022.4.10.1.01513 - MARIPAH, 2022.4.10.1.01514 - MIMIN MUTHOHAROH, 2022.4.10.1.01516 - MUSPIYAWATI, 2022.4.10.1.01541 - SITI KHOTIJAH, 2022.4.10.1.01542 - SITI MARYAM, 2022.4.10.1.01548 - SRI MAESAROH, 23S1PIAUD0006 - LITA LIANTI |
Diharapkan mahasiswa melalui mata kuliah ini dapat menjadi Pelaku dan Pasar Usaha Bidang PAUD dalam pelaksanaan Praktik Penyusunan dan pelaksanaan Business Plan. (Pengembang Media, Pendampingan, konsultan, Owner, EO AUD, dan sebagainya)
Konsep Edupreneurship dan komponennya
Ragam Edupreneurship bidang Jasa dan Barang dalam PAUD
Penguatan Karakter Wirausahawan
Etika Usaha
Etika Usaha
Pelaku dan Pasar Bidang PAUD
Praktik Penyusunan dan pelaksanaan Business Plan
Pengembangan Media, Pendampingan, konsultan, Owner, EO AUD
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa memahami konsep dasar edupreneurship dalam pendidikan | Konsep dasar edupreneurship dalam pendidikan | Mahasiswa dapat membandingkan berbagai pandangan tentang edupreneurship dalam pendidikan (C-5). Mahasiswa menunjukkan sikap penghargaan atas setiap peranan edupreneurship dalam pendidikan (A-2) | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Memahami Ragam Edupreneurship dalam bidang Jasa dan Barang dalam PAUD | Ragam Edupreneurship dalam bidang Jasa dan Barang dalam PAUD | Memahami Ragam Edupreneurship dalam bidang Jasa dan Barang dalam PAUD | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi :3 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mempersiapkan diri sebagai calon guru PAUD, mengkaji Edupreneurship pada pendidikan anak usia dini | Orientasi perkuliahan | Mahasiswa memiliki wawasan, mampu menyiapkan diri dan memiliki motivasi dalam menempuh perkuliahan Edupreneurship | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Memahami penguatan karakter wirausahawan | Karakter Wirausahawan dalam edupreneurship PAUD | Mahasiswa memahami dan memiliki karakter wirausahawan | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Memahami Etika Usaha dalam pelaksanaan Edupreneurship dunia pendidikan | Etika Usaha dalam pelaksanaan Edupreneurship dunia pendidikan | Mahasiswa memahami Etika Usaha dalam pelaksanaan Edupreneurship dunia pendidikan | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi :11 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Memahami keterampilan wirausaha terkait edupreneurship dalam pendidikan anak usia dini | Keterampilan wirausaha terkait edupreneurship dalam pendidikan anak usia dini | Mahasiswa memahami keterampilan wirausaha terkait edupreneurship dalam pendidikan anak usia dini | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi :5 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Memahami inspirasi dan analisis usaha dalam konteks edupreneurship pendidikan anak usia dini | Inspirasi dan analisis usaha dalam konteks edupreneurship pendidikan anak usia dini | Mahasiswa memahami inspirasi dan analisis usaha dalam konteks edupreneurship pendidikan anak usia dini | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi :10 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Memahami pelaku dan pasar edupreneurship bidang PAUD | Pelaku dan pasar edupreneurship bidang PAUD | Mahasiswa mampu memahami pelaku dan pasar edupreneurship bidang PAUD | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | 10 : UTS | UTS | Mengerjakan soal UTS | UTS | 2 x 50 menit | UTS | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Memahami manajemen edupreneurship dalam pendidikan anak usia dini | Manajemen edupreneurship dalam pendidikan anak usia dini: 1. Stuktur Organisasi 2. Penjaminan Mutu Produk 3. Penjaminan Mutu Jasa | Mahasiswa memahami manajemen edupreneurship dalam pendidikan anak usia dini | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Memahami komponen edupreneurship dalam dunia pendidikan | Komponen edupreneurship dalam dunia pendidikan | Mahasiswa memahami Komponen edupreneurship dalam dunia pendidikan | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Memahami manajemen edupreneurship dalam pendidikan anak usia dini | Manajemen edupreneurship dalam pendidikan anak usia dini: 1. Pemasaran Edupreneurship 2. Strategi pemasaran Edupreneurship dalam pendidikan anak usia dini | Mahasiswa memahami manajemen edupreneurship dalam pendidikan anak usia dini | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Praktik Penyusunan dan pelaksanaan Business Plan Edupreneurship dalam bidang PAUD | Penyusunan dan pelaksanaan Business Plan Edupreneurship dalam bidang PAUD | Mahasiwa mampu menyusunan dan mlelaksanakan Business Plan Edupreneurship dalam bidang PAUD | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Praktik pengembangan media edupreneurship dalam PAUD | Pengembangan media edupreneurship dalam PAUD | Mahasiwa mampu melakukan pengembangan media edupreneurship dalam PAUD | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Pengembangan kemampuan sebagai seorang EO, Owner maupun Konsultan PAUD melalui pendampingan | Pengembangan kemampuan sebagai seorang EO, Owner maupun Konsultan PAUD melalui pendampinganmendikusikan .... | Mahasiswa mampu mengembangan kemampuan sebagai seorang EO, Owner maupun Konsultan PAUD melalui pendampingan | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | review perkuliahan dan pamaeran hasil karya | review perkuliahan dan pamaeran hasil karya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | review perkuliahan dan pamaeran hasil karya | review perkuliahan dan pamaeran hasil karya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | review perkuliahan dan pamaeran hasil karya | review perkuliahan dan pamaeran hasil karya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | review perkuliahan dan pamaeran hasil karya | review perkuliahan dan pamaeran hasil karya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | 20 : UAS | UAS | Mengerjakan soal UAS | Mahasiswa mampu mengimplementasikan materiyang diperoleh selama mengikuti mata kuliah Edupreneurship | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Pembelajaran Berbasis Proyek | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3piaud4-Kewirausahaan Jasa Pendidikan / Educational Services Entrepreneurship (2 SKS), Semester: 3 KELAS B, Dosen : Qorina Widadiyah,M.Pd., Hari: Sabtu, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon